Cara Mengatasi "Device Not Support" PUBG Mobile -->

Kategori Berita

.

Cara Mengatasi "Device Not Support" PUBG Mobile

Faisol abrori
Kamis, 28 Juli 2022

cara mengatasi device not support pada pubg mobile


Belakangan ini, PUBG Mobile semakin terkenal dan semakin ramai jumlah pemain serta pengunduhnya. Namun, tidak semua orang dapat memainkan PUBG Mobile dengan lancar, sebab ada beberapa yang mengalami masalah. Salah satu masalahnya adalah perangkat tidak mendukung. 


Lalu bagaimana jika ini terjadi? Berikut ini cara mengatasi device not support PUBG Mobile yang harus dicoba: 


1. Perbaharui Versi OS Android 


Cara pertama yang dapat pengguna lakukan, adalah dengan mengupgrade sistem operasi Android. PUBG memiliki standar minimum spesifikasi Android 5.1.1 atau dikenal dengan Android Lollipop. Jika versi Android pengguna di bawah itu, maka bisa dipastikan unduhan dari PlayStore tidak akan support untuk dimainkan. 


Pembaharuan Android bisa dilakukan melalui OTA di ponsel atau bisa melalui software di PC/Laptop. Pada jenis HP tertentu, menu pilihan Software Update pada setting atau OTA bisa membantu untuk memperbarui versi Android. Jika tidak ada menu software update di OTA, maka sebaiknya upgrade melalui PC menggunakan software resmi HP. 


2. Root dan Ubah Versi di Build.prop 


Perangkat Android Melakukan root juga bisa dicoba agar PUBG bisa dimainkan di HP Android. Root merupakan proses yang dilakukan supaya ponsel Android lebih mudah dikontrol dalam menjalankan suatu aplikasi atau bahkan sistem. 


Dengan melakukan root, ponsel Android pengguna akan dipaksa untuk menjalankan aplikasi yang sebelumnya tidak bisa dijalankan. Proses root biasanya dilakukan oleh orang yang sudah benar-benar paham saja. Pasalnya hal ini tidak mudah dilakukan. 


Jika terjadi kesalahan, maka HP Android pengguna malah akan menjadi rusak. Untuk memasang sesuatu dengan root, pengguna dapat menggunakan build.prop untuk mengubah atau menaikkan versi Android. 


3. Unduh PUBG Melalui Web Resminya 


Jika muncul notifikasi device tidak support, maka cara efektif lainnya adalah dengan mengunduh PUBG melalui web resminya. Aplikasi PUBG Mobile yang ada di web resmi, tidak akan menampilkan notifikasi device tidak support. Akan tetapi hal ini juga bergantung pada spesifikasi HP Android pengguna apakah cukup dengan kebutuhan PUBG atau tidak. 


Cara mengatasi device not support PUBG mobile ini dapat dilakukan dengan mudah. Pengguna cukup mendownload di web resmi PUBG Mobile. Kemudian install aplikasi seperti biasa. Aplikasi yang diunduh, memiliki ukuran yang kecil hanya 600 mb saja. Akan tetapi, saat masuk ke game PUBG tersebut, pengguna harus mengunduh data-data lainnya. 


4. Beralih ke PUBG Versi China 


Alternatif selanjutnya, yang dapat dilakukan adalah menggunakan PUBG versi China. PUBG versi China atau yang biasa disebut sebagai Game for Peace ini dapat berjalan di sistem operasi Android yang lebih lama yaitu Android 4.4 atau Kitkat. Dengan demikian, pengguna tetap dapat memainkan PUBG di HP Android tanpa melakukan upgrade. 


PUBG versi China ini dinilai lebih ringan. Pengguna bisa mengunduh atau mendownloadnya melalui Jalan Tikus ataupun App Store ketiga lainnya. Hanya saja kekurangan dari PUBG versi China adalah tidak terdapat pilihan bahasa lain. Jadi pengguna akan sedikit merasa kesulitan karena bahasa yang digunakan adalah bahasa mandarin. 


5. Gunakan PUBG Lite 


Jika pengguna tidak ingin pusing dengan bahasa mandarin, maka pengguna dapat mengunduh dan menggunakan PUBG Lite. PUBG Lite ini lebih ringan dan bisa menjadi solusi bagi HP Android dengan spesifikasi rendah. Dengan PUBG Lite, pengguna akan merasakan sensasi permainan yang sama seperti bermain PUBG global. 


PUBG Lite membutuhkan sistem operasi Android 4.0.3 lebih ringan dibanding PUBG global. Akan tetapi untuk mengunduh PUBG Lite, pengguna harus menggunakan bantuan dari aplikasi lain yaitu APKPure. Selain itu, untuk membuka dan memainkannya, pengguna harus mengaktifkan VPN dengan aplikasi VPN atau Metro VPN. 


Demikianlah beberapa cara mengatasi device not support PUBG mobile yang harus pengguna ketahui agar dapat bermain PUBG dengan lancar. Jika cara-cara diatas masih juga tidak berhasil, pengguna bisa menggantinya dan memainkan games battle royale yang sejenis. Contohnya seperti Free Fire, Fortnite, Knives Out dan lain sebagainya.