Cara Setting DNS Wifi Tercepat Untuk Game Online Pada Laptop Maupun Smartphone -->

Kategori Berita

.

Cara Setting DNS Wifi Tercepat Untuk Game Online Pada Laptop Maupun Smartphone

Faisol abrori
Jumat, 08 Juli 2022




Sinyal atau jaringan Internet menjadi satu hal yang paling diperlukan untuk mengakses situs internet. Bahkan berbagai provider juga sudah tersedia. Namun kadang ada kendala seperti ngelag karena WiFi ngadat saat bermain game. Kali ini akan disebutkan bagaimana cara setting dns tercepat wifi untuk game online agar sinyal kembali lancar.

Sekilas Tentang DNS

Sebelum pada pembahasan bagaimana cara setting DNS tersebut, maka akan dibahas terlebih dahulu sekilas mengenai DNS. Dns merupakan akronim dari kata domain name system, DNS sendiri merupakan sebuah domain yang bisa membantu mempermudah manusia dalam mengakses internet. Juga berupa teknologi yang berfungsi untuk menyimpan berbagai informasi mengenai nama domain atau host.

Manfaat dari domain name system juga sangat beragam salah satunya adalah mengganti alamat IP menjadi alamat url yang lebih mudah dipahami. Seperti contohnya, jika sebelumnya untuk mengakses suatu situs internet seperti google, maka harus menggunakan IP address terlebih dahulu. Tentunya itu akan sangat menyulitkan, sebab pengguna harus hafal alamat IP.

Dengan adanya DNS memudahkan setiap penggunaannya jadi lebih gampang saat akan menjangkau suatu situs. Jika sebelumnya harus menyertakan alamat IP address nya maka Sekar tinggal menyertakan www.google.com. Maka situs akan langsung bisa di akses dengan mudah. Selain itu, jika digunakan pada WiFi maka bisa membuat sinyal lancar.

Cara Pasang DNS Untuk WiFi

Setelahnya tahu apa yang dinamakan dengan DNS dan apa saja fungsinya maka kali ini akan disebutkan bagaimana cara memasangnya. Cara memasang dns tercepat wifi untuk game online juga tidak terlalu sulit, DNS juga bisa digunakan pada laptop maupun ponsel. Untuk tahu lebih lanjut bagaimana cara settingnya, mari simak langkah-langkahnya berikut:

1. Cara Setting DNS WiFi Menggunakan Laptop

Kali ini akan disebutkan terlebih dahulu bagaimana cara pasang atau setting DNS pada laptop atau PC. Caranya juga tidak terlalu sulit, hanya perlu persiapkan terlebih dahulu DNSnya. Untuk tahu langkah caranya seperti apa, mari simak uraian sebagai berikut:

     Pertama pengguna bisa buka menu control panel menggunakan PC maupun laptop. Selanjutnya bisa klik menu network & sharing center jika sudah maka pengguna bisa langsung klik menu selanjutnya yakni local area connection untuk melanjutkan proses selanjutnya.

     Kemudian klik menu properties jika sudah bisa dilanjutkan dengan klik menu setting internet protocol version 4. Atau TCP/Ipv4. Bila sudah klik menu tersebut maka selanjutnya akan bisa melihat beberapa menu di dalamnya. Kemudian di bagian use the following DNS server address pengguna bisa memasukkan DNS terpilih.

     Masukkan DNS yang sudah dipilih, pastikan juga DNS tersebut bagus, agar hasilnya semakin baik. Atau bisa juga gunakan DNS dari google, DNS dari Comodo secure atau dengan DNS lain yang menurut pengguna bagus. Tinggal simpan dan selesai.

2. Cara Setting DNS Menggunakan Ponsel

Jika sebelumnya sudah diuraikan bagaimana langkah caranya menyetting DNS pada laptop maka kali ini akan diuraikan bagaimana setting DNS pada ponsel. Dengan menggunakan ponsel juga prosesnya lebih mudah. Yakni pengguna hanya perlu buka pengaturan, lalu klik menu WiFi.

Jika sudah maka bisa langsung klik nama WiFi atau ssid yang hendak digunakan. Kemudian isi DNS yang sudah dipilih pada kolom DNS satu dan juga DNS dua. Untuk DNS nya sendiri bisa mencari di situs internet atau menggunakan DNS Google yang sudah disebutkan tadi.

Itulah tadi sekilas mengenai DNS dan juga fungsi dari DNS tersebut. Juga sudah dijelaskan bagaimana cara setting dns tercepat wifi untuk game online yang bisa pengguna praktikkan. Namun sebelum menggunakan DNS alangkah baiknya pastikan terlebih dahulu DNS tersebut dari penyedia terpercaya.