Contoh Bisnis Model Canvas, Berikut Daftar Rekomendasinya! -->

Kategori Berita

.

Contoh Bisnis Model Canvas, Berikut Daftar Rekomendasinya!

Faisol abrori
Jumat, 01 Juli 2022


Contoh bisnis model canvas atau BMC lebih banyak dicari karena memberikan pandangan baru mengenai usaha yang akan dirintis. Sebuah usaha dapat berjalan sesuai dengan keinginan kamu apabila memperhatikan aspek-aspek tertentu.


Dalam bisnis model canvas aspek-aspek tersebut sudah dipertimbangkan dengan baik. Alasannya selain lebih menarik pembeli, evaluasi terhadap bisnis akan lebih dilakukan apabila sudah tertuang dalam kertas.


Seberapa Penting Menyusun Ide Bisnis Dalam Canvas? 


Tidak jarang para pelaku usaha sering bertanya apakah contoh bisnis model canvas bisa menjadi pertimbangan saat membangun usaha? Atau justru hanya sekedar bacaan saja. Maka jawabanya ide bisnis dalam canvas sangatlah berpengaruh. 


Contohnya saja ketika kamu berkeinginan mewujudkan bisnis ibu rumah tangga seperti membuka kedai ayam, bisnisnya pasti bisa jadi sama dengan yang lain. Akan tetapi kendala-kendala yang ada dalam bisnis bisa diantisipasi dengan adanya canvas yang memetakan permasalahan bisnis.


Fungsi canvas dalam bisnis sebagai penyelesaian masalah yang memetakan permasalahan kecil sampai dengan permasalahan besar. Gambaran singkatnya permasalahan mengenai pelanggan jenis produk yang ditawarkan, strategi marketing, pemasaran dan lain sebagainya.


Melihat bahwa bisnis yang tertuang dalam canvas ini lebih terpetakan dan lebih terencana maka pengaruhnya bisa dikatakan sangatlah besar. Apabila kamu berhasil menyusun rencana bisnis dengan baik dan menuangkannya dalam bentuk canvas, maka akan lebih mudah untuk merealisasikan bisnis tersebut dalam kehidupan sehari-hari.


5 Contoh Bisnis Dalam Canvas Kekinian


Apabila dilihat bisnis dalam canvas memanglah mudah untuk di contoh. Akan tetapi perlu diingat bahwa setiap eksekusi yang kamu lakukan akan berbeda dengan orang lain, maka dari itu meskipun ide bisnisnya sama bukan berarti hasilnya akan sama.


Pada akhirnya jalan sukses yang kamu miliki dengan orang lain akan berbeda namun prosesnya bisa jadi seirama. Jika kamu masih bingung dengan penyusunan ide bisnis terutama dalam bentuk canvas maka kamu bisa mempertimbangkan contoh bisnis dalam canvas berikut ini;


1. Bisnis Transportasi



Gambaran singkatnya bisnis transportasi merupakan bisnis digital yang mudah dijalankan bagi anak muda. Sebagai target utamanya kebanyakan merupakan generasi muda yang malas untuk menggunakan kendaraan umum. 


Dengan menawarkan layanan fasilitas yang lebih terjamin seperti jenis kendaraan, tingkat pelayanan, keramahtamahan, kebersihan maka bisnis transportasi ini bisa mengalahkan bisnis-bisnis yang sudah ada.


Jika berbicara mengenai value maka yang bisa kamu tawarkan merupakan kecepatan dan kemudahan ketika menggunakan aplikasi ataupun jasa yang sedang kamu jalankan. Sedangkan untuk ke resource kamu bisa menggunakan kendaraan, selain itu juga memanfaatkan fasilitas parkir dan aplikasi untuk mendukung kinerja dari bisnis.


2. Bisnis Di Bidang Fashion


Berbicara mengenai fashion sepertinya tidak pernah ada matinya. Selalu ada pembaharuan-pembaharuan yang membuat kaum hawa khususnya terpincut. Apabila dipetakan kamu bisa menjadikan semua kalangan sebagai customer segment.


Bagian-bagian penting lainnya seperti aktivitas kamu bisa memusatkan pada aktivitas penjualan serta desain dari busana yang kamu jual. Pilihlah jenis busana kekinian agar mempermudah dalam promosi dan penjualan. Sehingga kamu tidak akan kesulitan mendapatkan hasil atau laba.


3. Contoh Bisnis Model Canvas Makanan




Contoh bisnis yang populer di kalangan masyarakat adalah bisnis McD. Sekilas jika memperhatikan bagaimana proses bisnis itu berjalan, kamu akan menyadari bahwa McD hanya menawarkan ketersediaan makanan secara instan dan harga yang murah.


Jika kamu membayangkan bahwa ayam yang diambil tersebut merupakan ayam asli dan berasal dari Indonesia. Akan tetapi, karena sudah berlebaran McD maka penjualan ayam tersebut jauh lebih memikat jika dibandingkan dengan ayam goreng secara umum. 


Melalui Hal inilah kamu seharusnya menyadari bahwa value positionnya ditawarkan McD adalah kecepatan dan harga yang terjangkau. Makanya kamu harus mulai mencoba berbisnis seperti ini.


4. Bisnis Canva di Bidang Penginapan


Apabila kamu berada di daerah yang memiliki rekomendasi wisata yang cukup menarik ada baiknya memanfaatkan hal tersebut. Contohnya saja dengan memiliki bisnis di bidang penginapan. Untuk marketingnya kamu bisa menargetkan para traveler yang sengaja mencari penginapan murah.


Secara tidak langsung kamu bisa menjadikan aplikasi seperti Traveloka, redoks sebagai channel untuk mendapatkan pelanggan. Mengenai bagian-bagian lainnya yang juga penting kamu bisa memanfaatkan teknologi seperti sosial media untuk menunjang keberhasilan dalam promosi


5. Bisnis Canvas Di Bidang Rental Kamera


Kebutuhan akan kamera sekarang ini memang semakin bertambah, terlebih lagi banyak orang yang sering bermain media sosial. Dengan memanfaatkan peluang ini kamu bisa membuka bisnis di bidang rental kamera.


Target marketingnya sebenarnya kamu bisa mengatakan semua kalangan baik itu kalangan anak sekolah, sampai dengan kakek nenek yang mau mengadakan foto keluarga. Dengan berlandaskan harga sewa terjangkau kamu bisa mendapatkan pelanggan tetap dalam waktu yang singkat, tetapi ingat harus selalu konsisten.


Membangun bisnis sebenarnya tidaklah sulit yang tersulit adalah ketika merealisasikan contoh bisnis canvas tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun berat cobalah untuk merealisasikan agar kamu bisa mewujudkan keinginannya. Jangan lupa untuk mencari tambahan ilmu pengetahuan agar bisnis kamu semakin berkembang.