Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Pengaruh Adanya Kamera CCTV terhadap Proses Belajar Mengajar di Sekolah

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Selasa, 26 Juli 2022

 


https://www.freepik.com/free-photo/school-classroom-with-books-backpack_4924259.htm#query=room%20class&position=15&from_view=search


Kamera CCTV menjadi salah satu bahan penting yang dipasang di beberapa tempat. Baik di ruang publik, tempat usaha, perusahaan atau perkantoran bahkan lingkungan perumahan. Kamera pengintai ini juga perlu dipasang di lingkungan sekolah. Lantas seberapa pentingkah pemasangan kamera CCTV di lingkungan sekolah ini? Mari cari tahu bersama-sama pada ulasan berikut! 


Saat ini kamera CCTV atau kamera pengintai sudah sangat bertebaran dimana-mana. Melihat begitu banyak fungsinya, tidak heran jika sekelas pusat pendidikan juga menerapkan kamera pengintai. Hingga beberapa sekolah sudah sadar dengan begitu pentingnya fungsi alat elektronik ini. 


Sekolah menjadi suatu wadah untuk mendidik dan memberikan pengarahan kepada calon generasi muda. 


Jadi, untuk mewujudkan seorang penerus bangsa yang berkualitas perlu pengawasan ketat. Itulah salah satu tujuan dari kamera pengintai ini yakni untuk mengawasi lebih detail dan mendalam mengenai tingkah laku para siswa agar lebih disiplin. 


Manfaat Adanya Kamera CCTV di Lingkungan Sekolah 



https://www.freepik.com/free-photo/kid-writes-book-classroom_2245194.htm#query=room%20class&position=48&from_view=search 


Faktanya dalam beberapa situasi seorang guru atau pengajar tidak mampu mengawasi secara optimal lingkungan sekolah. Bahkan anggota keamanan sekolah belum cukup memberikan pengawasan yang maksimal. 


Itulah sebabnya, mengapa sekolah perlu untuk memasang sebuah kamera pengintai. Pada ulasan kali ini, akan coba menjabarkan beberapa fungsi serta pengaruh besar dalam memakai sistem pengawasan CCTV di lingkungan sekolah. berikut ulasannya: 


Sebagai Sistem Keamanan Sekolah 


Tidak hanya di perusahaan atau kantor-kantor besar, CCTV juga mampu mencegah dan membantu mengidentifikasi orang-orang jahat atau orang asing yang masuk ke lingkungan sekolah. Seperti yang diketahui, pihak keamanan sekolah tidak cukup mampu untuk memantau atau mengawasi seluruh situasi yang terjadi pada lingkungan sekolah. 


Itulah sebabnya penggunaan kamera pengintai ini dapat dimanfaatkan untuk melihat setiap orang yang keluar masuk sekolah. Sehingga tidak jarang pemasangannya dilakukan di gerbang sekolah. Selain di depan pintu masuk sekolah, biasanya CCTV juga dipasang di beberapa sudut kelas yang berfungsi sebagai alat pengamatan atau mengidentifikasi secara keseluruhan. 


Sistem keamanan yang diberikan oleh alat elektronik satu ini, mampu menciptakan satu langkah lebih maju untuk melindungi keamanan dan kenyamanan di sekolah. 


Berfungsi untuk Memantau Sikap dan Metodologi Para Pengajar 


Seorang guru tentu dituntut untuk memberikan sikap dan contoh yang baik bagi para siswa didiknya. Namun sayangnya beberapa oknum guru yang memiliki sikap kurang terpuji. 


Menggunakan kamera pengintai, kamera CCTV ini dapat membantu melacak sikap serta metodologi guru dalam proses pembelajaran di kelas. Sehingga tidak jarang peralatan ini dipasang berapa sudut kelas 


Melacak serta Membantu Siswa guna Mencegah Intimidasi di Kalangan Siswa 


Istilah bullying sudah sangat sering kita dengar, bahkan sampai saat ini perilaku yang tidak terpuji ini terus dilakukan di beberapa sekolah. Pihak sekolah dan guru pengajar tidak mengetahui itu karena keterbatasan pengawasan. 


Oleh karena, melalui kamera pengintai, guru dapat membantu memantau serta mencegah kemungkinan intimidasi di kalangan siswa. Hal ini juga mampu memastikan bahwa tidak ada hal-hal yang berlainan dengan fungsi dan tujuan sekolah itu sendiri. 


Kamera Pengintai Sebagai Bahan Evaluasi 


Pihak sekolah dapat melihat baik tidaknya proses belajar mengajar dalam lingkungan sekolah yang dikelola hanya dengan melihat hasil rekaman CCTV. Sehingga melalui rekaman tersebut, dapat menjadi bahan media evaluasi guna memaksimalkan proses belajar mengajar. 


Selain itu, juga sebagai bahan pemberian informasi guru kepada siswa. Bahkan pihak sekolah juga bisa mengevaluasi serta membedakan siswa atau guru yang disiplin dan pemalas. 


Paket CCTV Terbaik Menggunakan ColorVu dari Hikvision


Serangkaian ulasan di atas cukup memberikan gambaran bahwa CCTV memang sangat diperlukan. Beberapa merek yang ada di pasaran menawarkan keunggulan, namun tidak salah jika Anda memilih untuk menggunakan kamera CCTV Hikvision ColorVu. Ada beberapa alasan yang bisa Anda pertimbangkan untuk memastikan kelebihan pemasangan Berikut ulasan selengkapnya: 


Hikvision ColorVu Menampilkan Warna Sesungguhnya 


Yang pertama yang bisa Anda dapatkan ialah informasi warna yang terlihat lebih nyata. Warna tersebut sesuai dengan warna sesungguhnya. Begitupun dengan detail objek yang lebih akurat. Poin ini penting mengingat informasi rekaman CCTV bisa menjadi bahan evaluasi menyeluruh. 


Bantuan teknologi canggih dari CCTV ini sangat luar biasa. Bahkan mampu mengidentifikasi warna objek dengan baik meskipun menggunakan pencahayaan rendah. 


Warna Lebih Banyak 


Pengguna pasti menginginkan tampilan gambar yang terlihat jelas. Hikvision ColorVu, mampu memberi warna yang lebih banyak. Hal ini karena teknologi canggih, guna memberikan detail yang lebih sehingga tidak terkesan hitam putih. 


Memberikan Pengalaman Visual Lebih Baik 


Sempat disinggung di atas bahwa camera Hikvision ColorVu mampu bekerja secara optimal meskipun dengan pencahayaan rendah. Hal ini memberikan hasil lebih baik kepada pengguna. 


Beberapa fitur canggih memungkinkan untuk memberikan kecerahan seimbang. Begitupun juga dengan Aperture F1.0 dengan sensor lanjutan yang mampu menjamin perenderan lebih realistis. 


Satu poin lagi yang mungkin akan memantapkan langkah Anda, adalah adanya teknologi canggih perangkat keras dengan lensa serta sensor berkinerja tinggi. Ini merupakan perpaduan dua terobosan baru untuk menampilkan warna dan detail lebih spesifik. 


Memilih perangkat teknologi perlu mempertmbangkan beberapa hal. Pada dasarnya, fungsi dari kamera CCTV tidak jauh berbeda. Adapun perbedaannya terletak pada kualitas gambar atau rekaman yang dihasilkan. Sehingga mampu memberikan kesan memuaskan bagi pelanggan. ColorVu dari Hikvision hadir guna menjawab keraguan para pengguna.

>