Simak! 5 Cara Menghubungkan Game ke Google Play di Android -->

Kategori Berita

.

Simak! 5 Cara Menghubungkan Game ke Google Play di Android

Faisol abrori
Kamis, 28 Juli 2022


Permainan yang ada di android dan terhubung ke Google Play dapat diatur dan dikelola dari aplikasi Google Play Game. Aplikasi ini dapat mencatat skor pemain dan progres pada game yang tertaut di perangkat. Karena itu, pemain bisa memantau beberapa game dari 1 aplikasi. Cara menghubungkan game ke Google Play akan dijelaskan di bawah ini: 


CARA MENGHUBUNGKAN GAME KE GOOGLE PLAY DENGAN MUDAH


1. Siapkan Alamat Email Google 


Sebelum memulai cara lainnya, pertama-tama pengguna harus menyiapkan satu alamat email aktif. Alamat email ini nantinya akan digunakan sebagai syarat pendaftaran dan masuk aplikasi di perangkat pengguna. Email yang digunakan tentunya alamat email dari Google alias Gmail yang dapat dibuat secara gratis dan bebas melalui situs resminya. 


Pastikan membuat alamat email yang mudah untuk diingat. Hindari menggunakan nama yang berlebihan, membosankan, dan susah dihafal. Hal ini berfungsi agar pengguna tidak cepat merubah alamat email yang telah dibuat. Dengan begitu, alamat email tersebut bisa digunakan untuk login berbagai aplikasi dan game dalam waktu yang lama. 


2. Login Perangkat dengan Email 


Setiap HP Android tentunya membutuhkan akun Google yang aktif untuk dioperasikan. Akun Google tersebut akan melakukan sinkronisasi, menyimpan, bahkan dapat memulihkan berbagai file dan aplikasi dalam perangkat. Pastikan menggunakan akun Google dengan alamat email yang sudah dibuat dan disiapkan sebelumnya diatas. 


Masuk ke bagian pengaturan pada perangkat di ponsel Android pengguna. Kemudian pilih pengaturan akun. Selanjutnya pilih tambahkan akun untuk menambahkan akun Google. Masukkan alamat email yang sudah dibuat lalu masukkan kata sandi. Setelah itu, ikuti instruksi dari Google hingga akun Google tersebut aktif pada perangkat. 


3. Login Game dengan Email 


Setelah login perangkat dengan email, cara menghubungkan game ke Google Play selanjutnya adalah login game dengan email yang telah dibuat juga. Sebelum itu, tentunya pengguna memerlukan game yang terpasang di perangkat untuk bisa login. Jadi lakukan pengunduhan game terlebih dahulu dari PlayStore dengan akun yang sudah terdaftar. 


Karena di langkah kedua pengguna telah masuk di akun Google, maka secara otomatis PlayStore akan login dengan menggunakan akun Google yang terdaftar dan aktif sebelumnya. Selanjutnya setelah game selesai diunduh, masuk dengan mendaftar pada akun game tersebut. Pastikan juga mendaftar akun game dengan alamat email yang sama. 


4. Lakukan Penyegaran pada Game 


Masuk ke masing-masing game yang sudah diunduh sebelumnya dan terdaftar di Google Play Game. Selanjutnya lakukan penyegaran atau refresh pada game tersebut. Hal ini bertujuan agar game benar-benar menyimpan data akun Google yang sudah dimasukkan sebelumnya ketika login. 


Jika sewaktu-waktu terdapat pembaruan versi pada game yang terhubung dengan Google Play, maka lakukan pembaharuan seperti biasa. Kemudian setelahnya masuk kembali ke akun Google yang sama jika game logout otomatis. Dengan demikian, game akan otomatis terhubung kembali ke Google Play dengan versi yang lebih baru. 


5. Buka Google Play Game dan Segarkan 


Setelah selesai dengan semua langkah diatas, pengguna bisa pindah ke pengaturan Google Play Game. Jika cara diatas sudah berhasil, maka pengguna tidak perlu lagi melakukan login. Hal ini dikarenakan Google Play Game akan masuk secara otomatis dengan akun Google yang terdaftar di perangkat.


Demikianlah 5 cara menghubungkan game ke Google Play yang harus pemain lakukan agar dapat mengelola game dari 1 aplikasi. Dengan alamat email yang sama, akun Google, perangkat, akun game, dan aplikasi Google Play Game dapat saling terhubung. Google Play Game akan mencatat aktivitas permainan saat game dimainkan.