5 Rekomendasi Film Hukum dan Keadilan Terbaik Sepanjang Tahun 2022 -->

Kategori Berita

.

5 Rekomendasi Film Hukum dan Keadilan Terbaik Sepanjang Tahun 2022

Faisol abrori
Rabu, 17 Agustus 2022

film tentang hukum dan keadilan


Film Tentang Hukum - Belajar mengenai keadilan dari sebuah film memang tidak kalah seru. Film dengan alur yang menegangkan dan penuh intrik memang menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk menontonnya. Rekomendasi film hukum dan keadilan tebaik menjadi playlist yang wajib Kamu saksikan.


Kenapa Menonton Film Bertema Hukum Itu Bagus Untuk Edukasi? 


Pernahkah Kamu bertanya kenapa pembelajaran bisa dilakukan melalui sebuah film? Alasannya karena pesan yang dibawa dari alur ceritannya bisa memperkaya penalaran seseorang. Ketika pembelajaran melalui film berlangsung, alasan-alasan seperti bosan dan malas bisa dihindari, hal inilah yang menjadi alasan kenapa menonton film bisa menjadi sarana edukasi yang baik.

 

Film akan mengajarkan seseorang untuk selalu berfikif kreatif. Terlebih lagi jika film yang disaksikan merupakan film bertemakan hukum dan keadilan. Penonton drama tersebut pasti akan dipaksa berfikir mengenai masalah yang tengah dialami tokoh dalam alur cerita. Dari sinilah awal mula kreatifitas tersebut terbentuk dan menjadi sara belajar yang baik, khususnya bagi mahasiswa.


Sebuah penelitian pada tahun 2016 menunjukan bahwa film memberikan dampak yang baik bagi tubuh. Contohnya saja saat seseorang tertawa bahkan menangis, respon tubuh dan kinerja hormonya menjadi dua kali lebih aktif. Fakta tersebut juga didukung dengan sebuah study di tahun 2020 yang menyatakan bahwa kinerja hormon yang aktif tersebut bisa menumbuhkan hobby-hobby baru yang ada dalam diri sesorang.


5 Rekomendasi Film Hukum dan Keadilan Terbaik, Penuh Nilai Moral


Mengingat film bisa menjadi sarana edukasi, ada baiknya selektif dalam memilihnya. Jika gemar terhadap hukum dan keadilan, maka pilihlah genre kriminal atau misteri untuk ditonton. Kedua genre tersebut akan menunjukanf adegan film yang menantang dengan alur menarik. Jika masih kebingungan harus meninton film apa, maka Kamu bisa mempertimbangkan beberapa rekomendasi berikut ini:


1. Just Mercy



Film Just Mercy disutradarai oleh Daniel Cretton, dirilis pada 2019 dan menuai ranting yang baik. Cerita yang disajikan dalam film ini adalah kisah nyata seorang pengacara dari kampus terbaik yang berjuang melawan keadilan. Film ini mengangkat tema sosial, dimana difokuskan pada perjuangan menegakan keadilan bagi warga kulit hitam.


Deskriminasi terhadap warga kulit hitam di Amerika Serikat tersebut masih tinggi, pasalnya tanpa sebab dan pasal yang jelas warga kulit hitam bebas dijatuhi hukuman mati. Dalam perjalanannya, nanti Kamu akan merasakan bagaimana sulitnya menjadi seorang pengacara, utamanya dalam mengatasi permasalahan suku dan deskriminasi.


2. On The Basis Of Sex



Berlatar belakang tahun 1956 film dengan tema kesetaraan gender ini cocok untuk menjadi rekomendasi film hukum dan keadilan berikutnya. Dalam film ini Kamu akan dibawa menuju tahun sembilan puluhan, dimana pada masa tersebut wanita masih dipandang rendah. Tokoh utama dalam film ini nantinya akan mengambil jalan yang melawan takdir, yakni dengan mengambil pendidikan setara dengan pria.


Ruth memutuskan untuk mengikuti sang suami, dengan melanjutkan study sebagai mahasiswa hukum di Universitas Harvard. Film yang dirilis pada 2018 ini menyajikan perjalanan panjang Ruth dalam mendapatkan pengakuan kesamaan drajat dari orang disekitarnya.


3. Loving



Loving sendiri merupakan film hukum dan keadilan yang berbau romance, dalam film ini menceritakan kisah asmara terlarang pria kulit putih dan wanita kulit hitam. Film garapan Jeff Nichols ini mengangkat kisah lama yang terjadi karena aturan negara. Selain baik sebagai sarana edukasi, film ini akan cocok bagi Kamu yang tidak berani menonton film pembunuhan.


Disajikan dengan alur yang penuh intrik, film ini sukses membuat penonton merasakan kisah pilu yang ditampilkan. Pada puncak cerita nantinya, kedua tokoh bisa menikah tetapi pada akhirnya ditangkap dan dimasukkan ke Penjara Virginia. Berbicara mengenai ending, maka ada baiknya menonton filmnya langsung.


4. The Client



Rekomendasi film hukum dan keadilan dari Korea yang bisa Kamu saksikan adalah the Client. Film ini dirilis pada 2011, meskipun begitu secara visual tidak kalah dengan film-film keluaran terbaru. Film ini disutradarai oleh Young Sung Sohn yang menceritakan mengenai pembunuhan sadis.


Selain mengangkat tema pembunuhan, cerita dalam film ini juga menyajikan sebuah misteri mengenai insiden pembunuhan tersebut. Singkat cerita, Han Chul Min bersama istrinya akan mengadakan perayaan ulang tahun pernikahan, tetapi kacau karena ada peristiwa berdarah. Polisi menangkap Han Chul Min dengan dugaan pembunuhan dengan berlandaskan bukti di apartemennya.


5. Into The Abyss



Masih dirilis pada 2011, film selanjutnya yang bisa disaksikan untuk menambah wawasan mengenai hukum dan keadilan adalah Into The Abyss. Film ini bisa dikategorikan dalam film dokumenter yang menyuguhkan kisah panjang Michael Perry yang menerima keadilan atas tindakannya.


Di akhir kisah, Michael Perry akan dieksekusi. Hukuman yang dia terima ini sesuai dengan tindakannya yang sudah melakukan pembunuhan berantai. Secara tidak langsung, Kamu akan belajar mengenai pengambilan keputusan sebagai hakim yang bijak.


Berdasarkan film-film tadi gener apa yang Kamu suka? Tentunya Kamu bisa menyesuaikan agar bisa menikmati film. Rekomendasi film hukum dan keadilan ini merupakan sebagian kecil dari film-film bertemakan keadilan yang bisa Kamu tonton. Tetapi, ingat saat menonton pastikan film tersebut merupakan film asli non bajakan.