3 Cara Memperbaiki Injektor Motor yang Rusak, Lakukan Hal Ini! -->

Kategori Berita

.

3 Cara Memperbaiki Injektor Motor yang Rusak, Lakukan Hal Ini!

Faisol abrori
Kamis, 15 September 2022

 


Saat ini, perkembangan industri otomotif sepeda motor mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bagaimana tidak, ada berbagai teknologi canggih yang ditawarkan untuk mendukung performanya, salah satunya adalah injektor pada mesin motor. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwasanya injektor terkadang mengalami kerusakan. Untuk itu, pengguna mesti mengetahui cara memperbaiki injektor motor yang rusak


Memang, injektor adalah komponen yang mempunyai peran yang paling penting dalam sebuah motor. Dimana dapat mengkonsumsi bahan bakar lebih irit. Maka dari itu, pengguna mesti merawatnya dengan baik, dengan cara melakukan service secara teratur. Sebab, jika injektor mengalami kerusakan tentu akan berakibat fatal bagi penyemprotan dan pengabutan BBM ke ruang pembakaran. 


Baca : Mengenal Manfaat Gurah Mesin Mobil, Pengeluaran Auto Irit!


Penyebab Rusaknya Injektor Motor


Memang, motor masa kini telah dilengkapi dengan teknologi canggih yakni injektor pada mesin motor. Namun, terkadang injektor motor mengalami berbagai masalah seperti injektor tidak optimal dalam melakukan pengabutan bahan bakar. Lantas, apakah yang menyebabkan injektor pada mesin motor mengalami kerusakan? Jika penasaran dengan penyebabnya, simaklah informasinya berikut ini. 


1. Bahan Bakar yang Digunakan Beroktan Rendah


Salah satu penyebab injektor pada mesin motor mengalami kerusakan adalah bahan bakar yang digunakan beroktan rendah. Maka, apabila memiliki motor dengan bahan bakar sistem injeksi d'rasio, mestinya kompresi yang dibuat diatas 9:1. Dimana bensin yang dipakai memiliki oktan tinggi seperti pertalite. Tentu, hal ini bermanfaat supaya motor menjadi lebih irit bahan bakar.


2. Injektor Kotor


Tentu, injektor motor adalah komponen terpenting dalam sebuah motor, sebab mempunyai fungsi menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar. Namun, jika injektor motor yang sudah kotor, mestinya pengguna membersihkannya agar tidak menimbulkan masalah. Sebab, membiarkan injektor kotor pastinya akan membuat motor mati mendadak. Tentu, membuat pengguna merasa tidak nyaman ketika menggunakannya. 


Cara Memperbaiki Injektor Motor yang Rusak


Jika injektor mesin motor menimbulkan berbagai masalah seperti motor mati mendadak di tengah jalan. Maka, tak perlu panik atau bahkan membawanya langsung ke bengkel resmi. Sebab, permasalahan tersebut masih bisa diatasi dengan berbagai cara yang bisa dilakukan dengan mudah. Untuk itu, simaklah penjelasannya berikut ini.


1. Menggunakan Injector Cleaner 


Cara pertama untuk memperbaiki injektor motor adalah menggunakan injector cleaner. Memang, cara ini cenderung sulit untuk dilakukan, karena mesti melakukan pembongkaran injektor terlebih dahulu kemudian memasukkan alat injector cleaner. Pada saat memasukkan alat cleaner, tentu pengguna bisa mengetahui tingkat debet penekanan pada injektor. Apabila injektor kotor maka perlu dibersihkan dengan cairan khusus.


2. Menggunakan Infus


Jika cara yang sebelumnya gagal, maka bisa mencoba cara lain yakni menggunakan infus. Memperbaiki injektor dengan infus, tentu perlu mencabut selang bahan bakar kemudian menyambungnya dengan tabung khusus yang telah diberi carbon cleaner. Setelah itu, tabung akan diisi udara dengan penekanan dari kompresor, supaya carbon cleaner dapat masuk ke dalam ruang pembakaran.


3. Menggunakan Fuel Filter


Fuel Filter adalah elemen pada motor yang kerap disebut sebagai saringan bahan bakar. Maka, elemen ini mesti dalam keadaan bersih agar injektor motor dapat bekerja secara maksimal. Caranya, buka klem pada saluran bahan bakar, kemudian bersihkan filter bahan bakar lalu memasukkan selang ke ruang paling dalamnya dan menyemprot filter dengan cairan khusus.


Itulah beberapa cara memperbaiki injektor motor yang rusak dengan mudah. Jadi, bagi para pengguna tidak perlu panik lagi jika injektor mesin motor mengalami kerusakan. Sebab, bisa mengikuti cara tersebut untuk memperbaikinya dan tidak mesti membawanya ke bengkel resmi.

hkk