5 Peralatan Bengkel Sepeda MTB Wajib yang Harus Dimiliki Pemula! -->

Kategori Berita

.

5 Peralatan Bengkel Sepeda MTB Wajib yang Harus Dimiliki Pemula!

Faisol abrori
Jumat, 16 September 2022

 


Sejak pandemi melanda, semakin banyak penggemar olahraga sepeda. Tidak terkecuali dengan olahraga sepeda MTB. Olahraga sepeda satu ini termasuk ekstrim sebab memerlukan kendali yang cukup stabil untuk menempuh medan terjal pegunungan. Jika pembaca baru terjun atau ingin mulai membuka bengkel, ketahui apa saja peralatan bengkel sepeda MTB yang wajib dimiliki. 


Sepeda MTB memiliki beberapa komponen dengan spesialisasi medannya sendiri. Tidak sedikit komponen yang terdapat di sepeda jenis ini tidak bisa ditemukan di sepeda biasa. Begitu pula dengan peralatan yang diperlukan untuk memperbaikinya. Dibutuhkan peralatan bengkel sepeda MTB khusus untuk bisa memperbaiki sepeda MTB. Cari tahu apa saja peralatan tersebut berikut: 


1. Standar Perbaikan Sepeda 


Peralatan nomor satu ini sebenarnya cukup umum. Setiap bengkel sepeda termasuk dengan bengkel sepeda MTB harus memiliki standar perbaikan sepeda. Alat ini memiliki bentuk berupa kerangka yang terbuat dari besi. Kerangka besi ini berguna untuk meletakkan sepeda saat diperbaiki. Dengan demikian sepeda tidak akan menyentuh permukaan lantai. 


Dengan posisi sepeda yang mengambang, montir bisa memperbaiki komponen-komponen sepeda yang rusak dengan nyaman. Bentuk alat ini yang berupa kerangka, memungkinkan montir untuk memperbaiki atau mengganti komponen sepeda dengan nyaman dari segala arah. Detail-detail komponen pada sepeda pun juga bisa dijangkau dengan mudah jika menggunakan standar perbaikan sepeda. 


2. Kunci Pas 


Selain standar perbaikan sepeda, pembaca sebaiknya juga melengkapi peralatan bengkel sepeda MTB dengan kunci pas. Beberapa orang kesusahan untuk membedakan kunci pas, spanner, dan wrench. Kenyataannya ketiga nama tersebut ialah satu alat yang sama. Kunci pas terbuat atas material logam dengan campuran chrome vanadium. 


Pada dasarnya, kunci pas tersedia dalam berbagai jenis menurut fungsi dan ukurannya. Untuk ukuran sudutnya umumnya hanya tersedia dalam dua sudut yakni 15 dan 90 derajat. Sementara itu, ukuran kunci pas khusus untuk sepeda MTB tersedia dalam beberapa ukuran. Adapun beberapa ukuran tersebut dari 8 sampai 11 mm. 


3. Obeng 


Ketiga, untuk memperbaiki sepeda MTB juga memerlukan alat obeng seperti yang digunakan di sepeda pada umumnya. Obeng ialah peralatan mendasar yang wajib dimiliki. Sama seperti kunci pas, umumnya obeng juga tersedia dalam beberapa jenis yang dikategorikan menurut fungsi dan ukurannya. Bahkan beda negara juga bisa beda model obeng, lho. 


Model obeng yang paling lazim dijumpai ialah obeng kembang. Obeng ini juga sering disebut sebagai obeng plus. Selain itu juga ada obeng slotted atau yang disebut juga sebagai obeng minus. Khusus untuk sepeda MTB, gunakanlah obeng dengan ukuran standar yang umum digunakan. Bisa juga dengan menggunakan obeng kembang dan obeng slotted. 


4. Kunci Pedal 


Salah satu komponen yang memiliki mode berbeda-beda tergantung pada jenis sepedanya ialah kunci pedal. Biasanya pada bagian ini, terdapat mur khusus yang berbeda pada setiap jenis sepeda. Kunci pedal untuk sepeda MTB memiliki bentuk panjang dengan ketebalan yang lebih tipis dibandingkan dengan kunci pedal sepeda lainnya. 


Bentuk kunci pedal yang berbeda untuk sepeda MTB ini juga bukan karena sebab, lho. Bentuk dan ukuran peralatan bengkel sepeda MTB satu ini menyesuaikan dengan letak mur kunci pedal yang susah dijangkau. Pada sepeda MTB, kunci pedal lokasinya tersembunyi dan susah dijangkau dengan alat yang pendek dan tebal. 


5. Pembuka Rantai 


Sama dengan kunci pedal, pembuka rantai untuk sepeda MTB juga berbeda dari pembuka rantai sepeda umumnya. Gunakan pembuka rantai khusus untuk sepeda MTB. Pembuka rantai tersedia dalam beberapa ukuran. Akan merepotkan jika pembaca menggunakan ukuran yang berbeda dari ukuran rantai pada sepeda MTB. 


Itulah daftar peralatan bengkel sepeda MTB yang wajib pembaca memiliki jika pembaca merupakan pemula atau sedang ingin membuka bengkel sepeda MTB. Dengan peralatan di atas setidaknya pembaca sudah mengantongi bekal yang cukup untuk memperbaiki kerusakan ringan pada sepeda MTB.