Apakah Saldo Google Play Bisa Di Transfer? Simak Penjelasannya! -->

Kategori Berita

.

Apakah Saldo Google Play Bisa Di Transfer? Simak Penjelasannya!

Faisol abrori
Sabtu, 17 September 2022

 


Meskipun banyak aplikasi di Google Play yang ingin di unduh tersedia dengan gratis. Akan tetapi, banyak pula aplikasi premium versi berbayarnya. Namun  Jawabannya sudah tentu saja bisa.


Google Play menyediakan fitur transfer dengan berbagai metode yang dapat dilakukan dengan mudah. Seperti transfer ke OVO, Dana, Bank, serta lainnya. Hanya saja, belanja produk di Play Store bisa juga menggunakan kartu kredit atau debit dengan layanan VISA. Sehingga tidak perlu menyisakan dana.


Akan tetapi, tidak semua orang memiliki kartu VISA. Untuk kemudahan pengguna, oleh karenanya Google memberikan layanan seperti dompet digital. Bahkan saldonya dapat diisi tanpa bank, yaitu hanya dengan pulsa. Adapun cara mentransfer saldo ke rekening adalah sebagai berikut: 


1. Masuk Ke Aplikasi Google Play


Sebetulnya Google Play termasuk sebuah aplikasi, tetapi memang sudah secara otomatis terpasang di perangkat ponsel. Apabila pengguna ingin menarik dana yang ada didalamnya, proses yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan penarikan di aplikasi lain. Jadi silahkan masuk ke aplikasi terlebih dulu.


2. Memilih Menu Pembayaran


Apakah saldo Google Play bisa di transfer? Proses penarikan saldo ke rekening bisa diakses melalui menu pembayaran yang ada di halaman aplikasi. Pengguna cukup menekan gambar profil di pojok atas kanan untuk menemukannya. Besaran penarikan biasanya minimal 10 ribu atau sesuai kebutuhan.


Transfer dana dari Google tidak dikenakan biaya dan penyimpanan tanpa admin. Sehingga mengisi saldo di Google Play bisa menjadi sebuah tabungan. Pengguna bisa mengambil untuk keperluan mendesak saja.


3. Memeriksa Jumlah Saldo


Pada menu pembayaran, pengguna juga bisa melihat jumlah saldo yang ada. Pasalnya ada minimal transfer yang sudah ditentukan oleh pihak aplikasi. Jika tidak memenuhi syarat, maka secara otomatis pasti akan gagal. Jika sudah melihat isi saldo dan menentukan jumlah transfer yang diinginkan, silahkan ikuti langkah setelahnya.


4. Masukkan Jumlah Transfer Yang Diinginkan


Sama seperti aplikasi lain di menu selanjutnya, pengguna bisa memasukkan jumlah penarikan di bar yang sudah disediakan. Pastikan untuk tidak salah menuliskan angka. Tidak kurang dari saldo atau lebih sesuai kebutuhan. Walaupun sebenarnya bisa juga mentransfer seluruhnya.


5. Menentukan Pilihan Metode Pembayaran


Jika sudah dipastikan berapa jumlah saldo yang ingin ditransfer. Silahkan untuk memilih metode pembayaran. Terdapat banyak sekali pilihan saat ini untuk mengurangi dana di Google Play. Tentu ini merupakan cara Google memberikan kemudahan pada penggunanya.


Mulai dari kemudahan pengisian saldo. Padahal dulunya pembayaran pembelian produk aplikasi dalam Play Store hanya tersedia dengan metode kartu kredit atau debit layanan VISA. Sekarang bahkan bisa melalui bank lokal.


6. Memeriksa Hasil Transaksi


Setelah memastikan metode pilihan transfer dan memasukkan seluruh data. Misal  nomor rekening jika untuk transfer bank atau kode virtual account untuk dompet digital. Seperti OVO, DANA, Gopay, dan sebagainya.


Kemudian periksa di aplikasi dompet online atau E-Banking apakah dana tersebut sudah masuk. Jika belum, tunggu beberapa saat dan cek kembali setelahnya. Namun apabila sudah lebih dari 24 jam, pengguna bisa meminta bantuan pihak Customer Service Google Play.


Menunya ada di pengaturan halaman aplikasi. Dengan langkah menekan gambar profil akun Google, lalu pilih ‘bantuan dan masukan’. Baca artikel populer tentang masalah serupa atau ajukan pertanyaan. Bisa juga dengan menghubungi langsung pihak Google.


Jika pengguna bertanya apakah saldo Google Play bisa di transfer? Seperti yang sudah dijelaskan di atas. Pengguna dapat melakukannya dengan mengikuti langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya.