Cara Cek Penerima BSU BPJS Ketenagakerjaan -->

Kategori Berita

.

Cara Cek Penerima BSU BPJS Ketenagakerjaan

Faisol abrori
Selasa, 20 September 2022



BSU merupakan kepanjangan dari bantuan subsidi upah yang merupakan sebuah dana yang diturunkan oleh kementerian ketenagakerjaan. Berdasarkan informasi pegas sebelumnya bsu ini sudah mulai dicairkan. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui cara cek penerima bsu BPJS ketenagakerjaan.


Para penerima BSU atau BLT bersubsidi Ini kebanyakan merupakan para pekerja pabrik atau buruh. Mengingat hal ini sangatlah penting, maka mencari tahu lebih dalam mengenai detail cara ceknya. Berikut ini merupakan informasi cara cek yang bisa menjadi acuan untuk melihat informasi di BSU BPJS ketenagakerjaan; 


1. Akses Halaman Resmi BPJS 


Mengingat klaim BPJS merupakan suatu hal yang penting maka harus dilakukan melalui website resmi. Apabila dilakukan di website sembarangan, maka hal ini akan berdampak pada data yang tidak berhasil ditemukan. Sekedar informasi, halaman resmi BPJS ini tersedia dalam satu web saja. 


Hal ini bisa disimpulkan bahwa selain halaman web resminya maka sudah pasti itu pasti. Banyak terjadi kasus penipuan mengatasnamakan BPJS, maka dari itu perlu untuk berhati-hati. Selain bisa diperiksa langsung dengan mengunjungi https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/ seseorang juga dapat melakukan pemeriksaan melalui https://bsu.kemnaker.go.id/. Sebetulnya kedua web tersebut sama, jadi bisa fleksibel dalam menggunakannya. 


2. Pilihlah Menu Cek BSU 


Tahapan selanjutnya dari cara cek penerima BSU BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan menekan menu BSU. Dalam website BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya terdapat satu menu saja, melainkan lebih dari tiga menu. Mulai dari tanya BSU, mengajukan klaim dan masih banyak lagi. 


Ketika mengakses informasi menggunakan website BPJS Ketenagakerjaan langsung saja pergi pada menu Cek BSU. Sebaliknya, jika mengaksesnya langsung melalui portal BSU dari kementrian tidak perlu melakukannya. Terpenting jangan sampai salah menekan menu yang tersedia dalam halaman tersebut. 


3. Input Data Diri Berupa Nomor KTP 


Pegangan utama dalam melakukan memeriksa BSU adalah data diri. Bentuk data yang diperlukan dalam mencari peserta yang terdaftar ini tak lain adalah nomor KTP. Nomor induk penduduk yang terdapat pada bagian atas kartu identitas adalah angka khusus yang bisa dimanfaatkan mencari informasi BSU. 


Secara tidak langsung sebelum melakukan pemeriksaan BSU, wajib untuk mengetahui dua belas digit angka di kartu identitas. Kasus yang sering terjadi adalah nomor KP salah dimasukan, hal ini membuat pencarian penerima BSU menjadi gagal. 


4. Tekan Opsi Lanjutan 



Tidak semua data akan langsung dimuat dalam waktu yang bersamaan. Kata lainnya, pencarian data penerima BSU benar-benar harus dilakukan dengan jeni. Kegagalan dalam pencarian memang wajar terjadi, namun tidak wajar bila belum menyelesaikan pencarian datanya, tetapi sudah berputus asa. 


Opsi lanjutan bisa digunakan untuk mencari tahu apakah nomor KTP yang dimasukan dalam pencarian terdaftar atau tidak. Bila sudah terdaftar biasa nya akan langsung mendapatkan notifikasi khusus yang berisikan kata selamat. Namun, belum berarti notifikasi ini akan muncul pada semua orang. Mengingat hal tersebut ada baiknya mencari tahu menggunakan opsi lanjutan. 


5. Lakukan Pencarian Data 


Jika sudah mencapai tahap melakukan penelusuran melalui opsi lanjutan sudah pasti langsung bisa mencari data. Tinggal cocokan saja nama dan NIk Kamu maka jika terdaftar scara otomastis akan muncul di sistem. Pencarian idealnya dilakukan dengan jeli agar bisa menghasilkan data yang seseuai kinginan. Jangan lupa setelah cek penerima BSU BPJS Ketenagakerjaan dilakukan, pastikan NIK tidak bocor sehingga tidak akan berbahaya kedepannya.