Contoh-contoh Bentuk Pelanggaran HAM Ringan -->

Kategori Berita

.

Contoh-contoh Bentuk Pelanggaran HAM Ringan

Faisol abrori
Rabu, 21 September 2022

bentuk-bentuk pelanggaran ham ringan


Salah Satu Bentuk Pelanggaran Ham Ringan Adalah? Yuk Belajar Dasar Pendidikan Kewarganegaraan


Hak dasar yang menjadi anugrah Tuhan Yang Maha Esa, dikenal dengan HAM ternyata terbagi kedalam dua golongan. Sebagai contoh, pelanggaran berat dan pelanggaran ringan. Salah satu bentuk pelanggaran ham ringan adalah tindakan yang tidak mencerminkan jika Pancasila seseorang. Tindakan ini bukan lagi mengenai kenapa ada penindasan, melainkan berhubungan dengan nilai moral yang terdapat pada diri seseorang. 


Sekilas mengenai pelajaran PKN, hal ini sudah diajarkan sedari SD. Maknanya, pemahamannya seharusnya lebih mendalam jika dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Faktanya, pemahaman mengenai pelanggaran HAM ringan saja sekarang banyak yang lupa. Baiklah, untuk mengingat kembali pelajaran di masa lalu, mari belajar lagi mengenai bentuk-bentuk pelanggaran HAM ringan. 


Pelajaran Mengenai Pentingnya HAM Dalam Kehidupan Sehari-hari 


HAM atau yang dikenalkan sebagai hak dasar merupakan sesuatu yang wajib dimiliki manusia. Konteksnya disini, entah itu orang gila, anak-anak atau bahkan orang dewasa, sama-sama memiliki hak atas dirinya sendiri. Ketetapan mengenai HAM sudah diatur dalam undang-undang, bahkan pemerintah bisa memberikan kurungan kepada para pelaku pelanggaran HAM. Membicarakan masalah hukuman, di Indonesia sendiri hukuman mengenai HAM dibagi berdasarkan jenis pelanggarannya. 


Pelanggaran HAM ringan biasanya dikenakan denda atau kecaman dari masyarakat saja. Sedangkan hukuman untuk pelanggaran HAM berat bisa dijatuhkan hukuman seumur hidup, bila perlu hukuman mati. Bergantung pada jenis pelanggaran yang dilakukan terhadap pelaku. 


Contoh Pelanggaran-Pelanggaran HAM Ringan 


Pelanggaran terhadap HAM wajib untuk dihindari, meskipun belum sepenuhnya berhasil asalkan ada toleransi maka hal tersebut akan menjadi mudah untuk dilakukan. HAM ringan contohnya, dengan menghindarinya secara otomatis kehidupan bermasyarakat akan menjadi lebih nyaman dan damai. Berikut ini bagian dari bentuk pelanggaran HAM ringan yang sering terjadi di masyarakat: 


1. Penganiayaan 


Salah satu bentuk pelanggaran ham ringan adalah penganiayaan, dimana hal ini terjadi tidak hanya orang dewasa saja melainkan juga sering terjadi di kalangan remaja. Mengingat penganiayaan ini tidak hanya berdampak secara psikis saja melainkan secara mental, maka penting untuk menghindari terjadinya tindakan penganiayaan tersebut. 


2. Menghujat 


Sebetulnya menghujat secara langsung atau digital termasuk kedalam jenis pelanggaran HAM ringan. Perbedaanya hujatan yang ditujukan kepada seseorang secara langsung bisa dikategorikan sebagai tindakan yang tidak menyenangkan. Sedangkan untuk hujatan yang dilontarkan melalui internet d 


3. Pencemaran Nama Baik 


Berbicara masalah pelanggaran HAM sederhana yang sering terjadi di masyarakat, pencemaran nama baik merupakan salah satu contohnya. Masyarakat menganggap hal ini sepele dan terkadang tidak menganggapnya sebagai masalah, karena itulah ketika di laporan menjadi pelanggaran HAM masyarakat justru menilai bahwa hal tersebut hanya kasus yang diada-ada. 


4. Pencemaran Lingkungan 


Berlanjut pada salah satu contoh pelanggaran HAM ringan adalah melakukan pencemaran lingkungan. Pelanggaran HAM ini seringkali terjadi di masyarakat, tidak hanya di masyarakat perkotaan saja melainkan juga di pedesaan. Buktinya nyata dari pelanggaran HAM ini adalah maraknya sampah berserakan di area-area yang tidak semestinya. Mengingat efeknya masyarakat secara umum, penegakan hukum terhadap pelanggaran HAM berupa pencemaran lingkungan ini sekarang sudah lebih diperjelas lagi. Sekarang tidak hanya undang-undangnya saja yang nyata, melainkan juga hukuman atas tindakan tersebut. 


5. Tidak Menghargai Kebebasan Berpendapat 


Tanpa disadari berpendapat adalah bagian dari HAM. Dalam artian luas, seseorang yang melarang orang lain berbicara berarti sudah melakukan pelanggaran HAM ringan. Meskipun cara mengutarakan pendapatnya beraneka ragam, pastikan saja ketika ada orang yang berusaha menyampaikan aspirasinya Anda tidak mengganggunya. Sehingga tidak terjerat pelanggaran HAM ringan. 


Mencoba untuk memahami berbagai jenis pelanggaran HAM adalah tindakan sederhana untuk meaplikasikan HAM di lingkungan sekitar. Jika tidak dimulai dari diri sendiri, maka akan sangat sulit untuk menerapkan HAM. Mulai dari sekarang sebisa mungkin menghindari bentuk-bentuk pelanggaran HAM agar bisa memberikan kebebasan hidup kepada orang lain.