Daftar Gaji Dokter di Indonesia: Umum, Spesialis, Gigi Terbaru 2022 -->

Kategori Berita

.

Daftar Gaji Dokter di Indonesia: Umum, Spesialis, Gigi Terbaru 2022

Faisol abrori
Senin, 26 September 2022

 


Dokter adalah salah satu profesi yang diidamkan anak-anak, ketika ditanya ingin menjadi apa saat dewasa nanti, kebanyakan anak-anak akan menjawab dokter. Memang, sampai saat ini dokter adalah salah satu profesi yang dipandang terhormat oleh masyarakat. 


Hal ini tidak mengherankan karena banyak dari mereka yang berfikir bahwa gaji seorang dokter itu tidak sedikit. Inilah mengapa banyak anak yang mengidamkan profesi dokter, namun benarkah menjadi dokter itu bisa bikin kaya? Simak penjelasannya berikut ini. 


Berapa Gaji yang Didapatkan Dokter? 


Setiap dokter, baik dokter umum, dokter gigi maupun dokter spesialis memiliki pendapatan yang berbeda-beda. Belajar ilmu kedokteran itu lama sekali, tetapi apakah benar bahwa gaji yang didapatkan bisa membuat kaya? 


1. Gaji Dokter Umum 


Gaji dokter umum itu sebenarnya sudah diatur oleh Ikatan Dokter Indonesia yaitu minimal 12.5 juta per bulannya. Akan tetapi fakta di lapangan tidak demikian, masih banyak dokter umum yang mendapatkan gaji kurang dari 3 juta rupiah. Biasanya hal ini sering kali terjadi di daerah-daerah yang jauh dari kota besar. 


Sebuah survei yang dilakukan oleh Kesejahteraan Dokter Umum mengatakan bahwa jumlah dokter yang mendapatkan gaji di bawah 3 juta itu 26.24%. Kendati demikian, ada juga sekitar 5.53% dokter yang bisa menghasilkan gaji sebanyak 12 jutaan per bulan. Biasanya, dokter yang mendapat gaji kurang dari 3 juta itu bukan bekerja sebagai dokter tetap, hanya dokter pengganti saja. 


Selain itu, gaji untuk dokter yang bekerja di puskesmas juga kurang dari 3 juta. Mengetahui fakta ini berarti belum tentu dokter bisa menjadikan seseorang kaya raya. Bahkan terkadang ada dokter yang membuka praktek untuk penghasilan tambahan. 


2. Gaji Dokter Spesialis 


Tidak hanya dokter umum saja, dokter spesialis juga profesi yang banyak diincar oleh mahasiswa kedokteran. Pendapatan dokter spesialis ini tentunya berbeda-beda, tergantung spesialisasi apa yang diambil oleh dokter tersebut. 


Dokter Spesialis Anak 


Dokter spesialis anak ini tugasnya adalah memberikan perawatan pada bayi, anak dan remaja. Bisa memberikan diagnosa untuk penyakit menular, luka ringan atau penyakit umum yang dialami oleh anak. Gajinya juga bervariasi, mulai dari Rp10 – Rp50 juta per bulannya. 


Dokter Spesialis Kandungan


Berbeda dengan dokter anak, dokter kandungan ini bertugas untuk memastika dan menjaga ibu hamil serta anaknya agar tetap sehat. Mengingat tugasnya yang besar, gajinya juga tinggi yaitu Rp25 juta sampai Rp100 juta. 


Dokter Spesialis Jantung 


Tugas dokter jantung adalah untuk mengobati dan memberikan perawatan pada penyakit jantung. Mengingat tugasnya yang tidak mudah, jangan kaget dengan gajinya yang mencapai miliaran rupiah. 


Dokter Bedah 


Spesialisasi dokter lainnya adalah dokter bedah yang bertugas di ruang operasi untuk mengatasi masalah darurat lainnya. Adapun untuk gaji yang dihasilkan setiap bulannya juga bervariasi yaitu Rp20 sampai Rp45 juta per bulan. 


Dokter Spesialis Kejiwaan 


Dokter spesialis kejiwaan atau yang biasa dikenal dengan psikiater ini memiliki tugas untuk membantu pasien yang mengalami masalah kejiwaan. Psikiater memberikan penanganan dengan bantuan obat-obatan. Adapun untuk gaji yang didapatkannya juga cukup bervariasi, tergantung pada kebijakan di tempatnya berpraktek. Gaji yang didapatkan per bulannya mulai dari Rp8 juta sampai Rp12 juta rupiah. Tidak jarang, Anda mungkin pernah melihat seorang psikiater juga aktif menulis buku atau blog guna membagikan ilmu tentang kesehatan jiwa. 


3. Gaji Dokter Gigi 


Salah satu jurusan yang juga banyak diincar oleh calon mahasiswa adalah dokter gigi. Gaji dokter gigi juga bervariasi, tergantung tempat prakteknya. Jika dokter gigi yang bekerja di puskesmas maka gajinya mulai dari Rp4 juta sampai Rp7 juta. Jika membuka klinik sendiri, upahnya bergantung pada jumlah pasien yang dihasilkan setiap harinya. Semakin terkenal klinik tersebut, semakin besar pula upah yang didapatkan setiap bulannya. 


Gaji yang didapatkan oleh seorang dokter memang terbilang besar, akan tetapi tanggung jawabnya juga besar. Para dokter tersebut harus menempuh proses pembelajaran yang panjang hingga menjadi dokter hebat.