Fungsi Dan Cara Pasang Relay Klakson Mobil Yang Benar -->

Kategori Berita

.

Fungsi Dan Cara Pasang Relay Klakson Mobil Yang Benar

Faisol abrori
Jumat, 16 September 2022



Dalam sebuah kendaraan klakson sangat diperlukan keberadaannya. Pasalnya klakson dapat memberikan instruksi kepada pengendara lain. Baik saat akan mendahului, menyapa, meminta laju kendaraan dipercepat, dan sebagainya. Nah, bagaimana cara pasang relay klakson mobil? 


Kenapa harus pasang relay? Karena klakson yang memiliki volume rendah tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan tambahan relay, suara yang dihasilkan jadi lebih nyaring. Fungsi lainnya akan dibahas di bawah: 


Fungsi Relay Pada Klakson 


Sebelum masuk ke penjelasan cara pasang relay klakson mobil, sebaiknya untuk mengetahui fungsi relay klakson. Tentu agar dapat mempertimbangkan apakah harus dipasang atau tidak. Penjelasan berikut akan membantu. 


1. Memperpanjang Umur Saklar 


Relay yang dipasang pada saklar mobil akan membantu memutus beban yang terlalu besar pada saklar. Dengan begitu, kabel saklar tidak perlu berukuran besar. Hal itu menjadikan saklar tidak cepat rusak, cepat panas dan terjadi korsleting aliran listrik. 


2. Menyalurkan Arus Listrik Tanpa Hambatan 


Sebagai penghubung saklar, relay yang dipasang akan memperpendek rangkaian dan mencegah hambatan yang terjadi pada arus listrik. Menjadikan arus tidak berkurang, sehingga komponen yang membutuhkan listrik dapat bekerja dengan baik. Seperti, klakson, lampu, dan bagian yang membutuhkan energi listrik lain. 


3. Membuat Lampu Menjadi Lebih Terang 


Tambahan relay pada kendaraan akan memperkuat arus listrik dan mencegah terjadinya hambatan. Sehingga semua komponen yang membutuhkan listrik bisa mendapatkan energi untuk bekerja dengan optimal. Salah satunya lampu pada mobil. 


4. Pengunci Mobil 


Selain berperan sebagai penghubung, relay juga dapat memutus aliran listrik secara otomatis. Relay yang dijadikan pengunci tambahan akan membuat alir bekerja dengan baik, sehingga mobil lebih aman. Arus yang lancar dapat mencegah terjadinya konsleting. 


5. Melindungi Saklar 


Saklar kombinasi yang dipakai dalam mobil tidak akan cepat panas dengan adanya relay tambahan. Nah, perlindungan tersebut akan membuat lampu tidak akan meleleh disebabkan panas dari saklar. 


6. Saklar Switch Elektromagnetik 


Saklar dapat mengendalikan magnet pada listrik, sedangkan kumparan relay yang dilewati listrik akan menghasilkan gaya magnet. Gaya magnet tersebut dapat menghubungkan terminal 30 dan 87 dengan otomatis. Itu terjadi karena kumparan relay yang menghasilkan gaya magnet membuat tarikan ke kontak poin. 


Cara Memasang Relay Klakson 


Nah, setelah mengetahui fungsi relay klakson. Langsung saja ke pembahasan cara pasang relay klakson mobil sebagai tambahan saklar penghubung. Ada 2 cara yang bisa dipilih. Yuk simak! 


1. Pemasangan Dengan Sistem Tegangan Negatif 


Cara pertama yang bisa dipilih yaitu dengan sistem tegangan negatif. Supaya lebih jelas langkah pemasangan. Simak urutan di bawah! 


  • Pasang kaki relay 30 ke bagian positif aki. 
  • Gunakan kabel yang tebal. 
  • Pastikan sambungan langsung bersumber dari aki. 
  • Lalu, pasang kaki relay 87 ke positif klakson. 
  • Sedangkan, kaki nomor 85 dan 86 bebas diletakkan di mana saja. Yang penting ke kabel sambungan klakson. 


2. Pemasangan Dengan Sistem Tegangan Positif 


Cara kedua yaitu kebalikannya. Jika negatif, maka ada positif. Sebenarnya tidak jauh berbeda cara pasang dari sistem tegangan negatif dan positif. Hanya kaki yang disambungkan diubah ke positif semua, yakni, 


  • Sambungkan kaki relay 30 ke kaki positif aki. 
  • Lalu, kaki 87 ke positif klakson. 
  • Langkah terakhir, pilih salah satu kaki 85 dan 86 ke sambungan kabel klakson. 


Sudah tahu kan cara pasang relay klakson mobil? Namun perlu dipahami, bahwa pemasangan kaki relay berbeda. Semua tergantung jenis relay yang digunakan. Perhatikan juga nomor kaki saat pemasangan supaya tidak menyebabkan arus terhambat.