Fungsi Yang Digunakan Untuk Menghitung Rata Rata Data Angka -->

Kategori Berita

.

Fungsi Yang Digunakan Untuk Menghitung Rata Rata Data Angka

Faisol abrori
Jumat, 16 September 2022

 


Fungsi adalah perhitungan yang dilakukan pada suatu bilangan di Microsoft Excel. Sebuah fungsi bisa dimanfaatkan dalam menghitung berbagai hal. Fungsi yang digunakan untuk menghitung rata-rata data angka, menjumlahkan, mengurangi dan masih banyak lagi. Setiap fungsi ini masing-masing akan berfungsi saat melakukan pengolahan data di Microsoft Excel. 


Sebenarnya dalam menggunakan fungsi di Microsoft Excel tidak harus ketika saat mau menghitung rata-rata saja, melainkan juga dilakukan ketika mau mempercepat pengerjaan soal. Berikut ini adalah pembahasan mengenai fungsi yang bisa digunakan untuk melakukan perhitungan rata-rata angka. 


Mengenal Fungsi Average Secara Umum 


Perhitungan mengenai masalah rata-rata di Microsoft Excel sebenarnya bukanlah sesuatu hal yang sulit. Dengan menggunakan tombol average secara otomatis perhitungan tersebut dapat diselesaikan dengan mudah. Lebih simple, tidak memerlukan waktu lama dan bisa diproses dengan hasil yang akurat itulah fungsi average secara umum jika dioperasikan dalam Microsoft Excel. 


Average sebenarnya tidak hanya terdapat pada perhitungan Microsoft Excel saja. Pada persoalan aritmatika, average dikenal dengan hasil akhir dari perhitungan mean. Pada intinya average ini akan membantu proses pengolahan data di Microsoft Excel karena mempermudah perhitungan mean. 


Pengolahan data yang biasanya membutuhkan rumus ini bisa dikatakan bervariatif. Mulai dari pengolahan data masyarakat umum, pengolahan data di Rumah sakit umum pengolahan data di toko, rata-rata menggunakan fungsi ini. Di samping hasilnya lebih akurat, sudah pasti lebih praktis daripada melakukan perhitungan manual. 


Macam-Macam Perhitungan Rata-Rata Data Di Microsoft Excel 


Bila dicari tahu lebih dalam, ternyata untuk melakukan perhitungan rata-rata data angka ini tidak hanya bisa melalui average aja. Dalam melakukan perhitungan rata-rata ini bisa dengan melalui beberapa cara. Dapat disesuaikan dengan kategori data yang ingin dihasilkan ketika menggunakan fungsi di Microsoft Excel. 


Rumus fungsi yang digunakan ini akan mempengaruhi hasil dari pengolahan data yang dilakukan. Hasil pengolahan yang tepat biasanya dipengaruhi oleh jenis fungsi yang digunakan. Dalam hal ini bisa dipelajari bahwa semakin tepat penggunaan rumusnya maka data yang akan dihasilkan pun juga akan semakin akurat. 


Mengingat fungsi ini lebih banyak dipakai, ada baiknya mengenal lebih dalam karena fungsi ini tidak hanya satu jenis. Sebagai gambaran sederhana, berikut ini adalah fungsi-fungsi yang biasanya digunakan dalam perhitungan rata-rata data di Microsoft Excel; 


  • Average : fungsi yang bisa digunakan untuk melakukan perhitungan rata-rata atau mean pada sebuah range. Bisa dikatakan fungsi ini yang paling mendominasi dan banyak dipilih saat melakukan pengolahan data. 
  • Averagea : pada umumnya fungsi ini digunakan dalam perhitungan mean data numerik dan nonmerik. Selain itu, juga bisa digunakan dalam perhitungan data teks yang nilainya sama dengan nol, atau bisa jadi data boolean atau yang bersifat true dengan nilai 1, atau false dengan nilai 0. 
  • Averageif : fungsi yang digunakan untuk menghitung rata-rata data angka berikut memungkinkan anda untuk melakukan perhitungan dengan menentukan suatu kriteria khusus. 
  • Averageifs : fungsinya bisa dibilang sama seperti averageif, yakni untuk melakukan sebuah perhitungan dengan kriteria khusus. Namun yang menjadi pembeda di sini adalah kriteria khususnya bisa mencakup lebih dari dua kriteria. 


Setelah sedikit belajar mengenai fungsi yang digunakan untuk menghitung rata-rata data angka, sekarang menjadi tenang bukan? Pekerjaan yang membutuhkan perhitungan secara sungguh-sungguh bisa diselesaikan dengan mudah melalui rumus Microsoft Excel. Di samping itu, tidak perlu lagi untuk mengganti aplikasi lain karena sudah tersedia dalam alat kerja.