Segini Gaji Guru Penggerak 2022 yang Harus Kamu Ketahui! -->

Kategori Berita

.

Segini Gaji Guru Penggerak 2022 yang Harus Kamu Ketahui!

Faisol abrori
Kamis, 22 September 2022

 

gaji guru penggerak 2022

Program pemerintah saat ini tidak hanya diperuntukan mahasiswa saja, melainkan juga guru penggerak. Pernahkah kamu mendengar istilah guru penggerak? Pastinya sudah pernah, di samping tersebar di penjuru negeri, gaji guru penggerak 2022 terbilang cukup menjanjikan. 


Pada penjelasan kali ini, selain akan berbicara masalah honor yang diberikan ketika menjadi guru penggerak, akan membahas juga mengenai job desk yang perlu dilakukan. Harapannya dengan begini kamu bisa menentukan apakah tepat untuk bergabung sekarang, atau pada gelombang berikutnya. 


Apa Itu Program Guru Penggerak 



Guru penggerak merupakan sebuah program yang diusung oleh kementerian pendidikan Republik Indonesia, guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Selain guru penegak, dalam rangka memberikan pelayanan pendidikan terbaik kementerian juga merekrut organisasi penggerak dan sekolah penggerak. 


Guru penggerak ini terbagi menjadi 4 golongan yaitu guru penggerak angkatan 8-10, pengajar praktik angkatan 8-10, fasilitator angkatan 10 dan instruktur angkatan 3. Setiap bagian tersebut memiliki tugas masing-masing. Sehingga perlu dipertimbangkan ulang mengenai bagian yang akan dipilih ketika melamar sebagai guru penggerak. 


Syarat utama untuk menjadi guru penggerak adalah lulus tahapan seleksi serta mengikuti program pendidikan guru penggerak. Program tersebut sudah dirancang secara khusus bagi para guru yang akan mengabdi kepada negeri dalam kegiatan guru penggerak. Tentunya dengan adanya pelatihan khusus ini diharapkan seorang guru penggerak memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut: 


  • Mandiri serta dapat mengembangkan diri dengan maksimal. 
  • Kematangan emosinya tidak hanya secara moral, emosi melainkan juga secara spiritual dan bertindak berdasarkan kode etik. 
  • Mampu merencanakan kemudian menjalankan dan mengevaluasi pembelajaran yang diberikan kepada anak didik. 
  • Bekerja dengan prinsip berkolaborasi dengan orang tua dan komunitas.
  • Mengembangkan serta memimpin dalam upaya realisasi visi sekolah. 


Tahapan Seseorang Saat Mendaftar Sebagai Guru Penggerak 



Sebagai seorang guru, mengajar merupakan suatu pekerjaan yang mulia. Menggerakkan komunitas belajar merupakan tugas utama dari guru penggerak berdasarkan pembagian job desk oleh Kemendikbud. Apabila kamu mendaftar sebagai pengajar praktik, maka sasarannya adalah guru lain yang akan sama-sama belajar mengenai cara pengembangan metode belajar di sekolah. 


Tentunya seorang guru penggerak diharapkan mampu mendorong peningkatan kepemimpinan murid yang berada di sekolah. Secara tidak langsung hal ini nanti akan membuka ruang diskusi yang bernilai positif dan kolaborasi antara guru serta siswa sehingga pembelajaran menjadi lebih berkualitas. Perlu diketahui bahwa misi guru penggerak ini terbilang cukup berat. Seseorang harus benar-benar dipersiapkan sedari dini, setidaknya berikut ini merupakan tahapan apabila kamu ingin menjadi guru;

 

  • Melakukan seleksi calon guru penggerak melalui laman resmi Kemendikbud
  • Berpartisipasi dalam program pendidikan guru penggerak meliputi pelatihan daring, lokaria, konveksi dan pendampingan selama kurang lebih 9 bulan. 
  • Mulai mengimplementasikan ilmu yang sudah didapatkan dan menjadi guru penggerak. 


Gaji Guru Penggerak 2022 



Pada dasarnya guru penggerak merupakan kegiatan dari Kemendikbud yang diselenggarakan di seluruh wilayah Indonesia. Cakupannya sudah menjurus dari Sabang sampai Merauke, hal ini merupakan sebuah peluang besar untuk bisa berkarya di provinsi lain. 


Lalu untuk diketahui gaji guru penggerak 2022 tidak dipublikasikan oleh Kemendikbud. Hal ini tentu menjadi spekulasi baru yang menimbulkan pertanyaan mengenai besarnya nominal yang diberikan kepada guru penggerak. 


Ada yang berpendapat bahwa guru penggerak mendapatkan uang lebih banyak daripada guru honorer biasa.Berdasarkan informasi yang terdapat di website resmi Kemendikbud fasilitas yang didapatkan selama menjadi guru penggerak tidak hanya mencakup biaya transportasi saja, melainkan juga konsumsi, serta akomodasi. 


Selain bisa menambah pengetahuan kamu mengenai Indonesia, program guru penggerak ini cenderung memikat karena ruang lingkupnya yang tidak hanya kawasan Jawa saja melainkan seluruh Indonesia. Seseorang yang sudah jatuh cinta terhadap profesinya tidak akan memandang rendah gaji guru penggerak 2022. 


Sebaliknya justru dengan adanya program ini seseorang dan motivasi tinggi sebagai seorang guru pasti tidak akan melewatkannya begitu saja. Hal ini tentulah hal yang baik karena di samping bisa mendapatkan ilmu juga ada pengamalannya yang langsung terlihat.