Info Gaji Pramugari Kereta Api 2022: Syarat, Tugas, dan Keuntungannya -->

Kategori Berita

.

Info Gaji Pramugari Kereta Api 2022: Syarat, Tugas, dan Keuntungannya

Faisol abrori
Kamis, 29 September 2022

gaji pramugari kereta api


gaji pramugari kereta api - Pramugari tidak hanya berada di pesawat saja tetapi juga kereta api. Jadi, bagi Anda yang sering naik kereta api pasti pernah melihat pramugari yang berkeliling menawarkan camilan. Lantas inilah yang membuat banyak orang penasaran mengenai berapa penghasilan per bulannya? 


Ternyata menjadi pramugari kereta api tidak membutuhkan banyak persyaratan, selain itu gaji yang didapat juga bisa bersaing. Oleh karena itu, jika Anda tertarik menjai seorang pramugari bisa simak informasi di bawah ini. 


Baca : Ternyata Segini Gaji Data Analyst Terbaru 2022, Menggiurkan Banget!

Ternyata Segini Kisaran Gaji Tukang Parkir Pesawat, Capai Ratusan Juta Per Tahun!


Gaji Pramugari KA (Kereta Api) Setiap Bulan 


Perihal tunjangan dan penghasilan yang didapatkan oleh seorang pramugari kereta api ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 7 Tahun 2018 mengenai Rencana Induk Pengembangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Sektor Transportasi. 


Berdasarkan peraturan tersebut, seorang pramugari di kereta api bisa mendapatkan gaji sebesar 4 juta rupiah di setiap bulannya. Tentu saja gaji ini tergolong besar mengingat syaratnya juga tidak terlalu sulit. 


Gaji tersebut didapatkan sesuai dengan berapa waktu tempuh keretanya, ada kereta yang membutuhkan waktu tempuh selama 8 jam, tetapi ada juga yang membutuhkan jarak tempuh selama 16 jam. Oleh karena itu, gaji yang didapatkan tentu sepadan dengan jam kerjanya. 


Baca: Intip Kisaran Gaji Perawat Indonesia Terbaru 2022 yang Harus Kamu Ketahui


Syarat Menjadi Pramugari Kereta Api 


Semua pekerjaan tentu memiliki persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap pelamar untuk mengetahui apakah cocok atau tidak dengan pekerjaan tersebut. Begitu pula jika Anda ingin menjadi pramugari kereta api, maka ikuti persyaratan berikut ini: 


  • Membawa fotokopi kartu identitas berupa KTP
  • Curiculum Vitae dan Surat Lamaran Pekerjaan 
  • Pas foto berukuran 4x6 
  • Foto ukuran postcard seluruh badan dengan latar belakang berwarna merah dan pakaian atasan berwarna putih 
  • Fotokopi SKCK yang sudah dilegalisir 
  • Melampirkan fotokopi NEM/SKHUN yang sudah dilegalisir 
  • Fotokopi kartu keluarga 
  • Surat Keterangan Sehat lengkap dengan informasi berat dan tinggi badan
  • Berpenampilan menarik dengan tinggi badan minimal 160 cm (perempuan) dan laki-laki (170 cm) 
  • Tidak buta warna dan mampu berbahasa Inggris dengan aktif
  • Tidak memakai kacamata 



Tugas Pramugari Kereta Api 


Sebagai pramugari kereta api, tugasnya itu tidak jauh berbeda dengan pramugari di pesawat. Adapun untuk tugas utama dari pramugari kereta api adalah memberikan pelayanan secara maksimal kepada seluruh penumpang. 


Untuk tugas-tugas lainnya adalah sebagai berikut:

  • Menawarkan minuman dan makanan kepada seluruh penumpang di atas kereta api 
  • Memberikan layanan penyewaan untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang kelas eksekutif seperti bantal tidur 
  • Menjaga kebersihan gerbong kereta dan gerbong makan 
  • Mengawasi kegiatan boarding para penumpang dari jarak jauh 


Baca: 5 Tips Lolos Tes dan Wawancara Posisi Staff Accounting 2022


Keuntungan Menjadi Pramugari Kereta Api 


Walaupun tidak jarang ada pramugari yang mengalami mabuk perjalanan, tetapi profesi ini juga membawa banyak keuntungan. Seorang pramugari memang memiliki tugas yang berat akan tetapi gajinya juga tinggi. Selain gaji, masih ada keuntungan lainnya seperti: 


1. Kerja Sambil Jalan-Jalan 


Kereta api adalah salah satu transportasi umum yang banyak digunakan. Menjadi pramugari tentu saja membawa keuntungan karena Anda bisa bekerja sembari jalan-jalan ke berbagai tujuan. Ini merupakan pengalaman paling penting yang dapat Anda rasakan. Ketika berkunjung ke sebuah kota, pramugari bisa bersinggah sementara dan menikmati fasilitas yang disediakan oleh Kereta Api Indonesia. 


2. Menambah Wawasan 


Keuntungan lain adalah mendapatkan tambahan wawasan khususnya ketika merawat orang sakit yang ada di kereta api. Tidak jarang, ada penumpang yang tiba-tiba sakit, sebagai pramugari tentu saja harus sigap. 


3. Memiliki Penampilan yang Menarik 


Seorang pramugari memang diminta untuk berpenampilan menarik dengan berat dan tinggi badan yang telah diatur. Ini tentu saja membawa manfaat tersendiri, karena Anda bisa berlatih make up dan memiliki penampilan yang menarik sehingga semakin percaya diri. 


Pramugari kereta api merupakan salah satu profesi yang menjanjikan bagi Anda yang baru lulus. Apalagi jika Anda suka travelling, pasti sangat menikmati sensasi selama perjalanan ke tempat baru.