Berapa Gaji Presiden Beserta Tunjangannya? -->

Kategori Berita

.

Berapa Gaji Presiden Beserta Tunjangannya?

Faisol abrori
Minggu, 25 September 2022



Presiden merupakan orang nomor satu di Indonesia yang memiliki peran penting dalam kemajuan negaranya. Posisi, tanggung jawab serta tugasnya tentu sangat besar, oleh karena itu gaji dan tunjangannya juga besar. Presiden itu gajinya dibiayai langsung oleh negara. 


Padahal faktanya memiliki jabatan yang tinggi di sebuah negara belum tentu gajinya juga fantastis dibanding negara lain. Lalu berapa gaji yang didapatkan dengan menjabat sebagai seorang presiden? Simak informasinya pada uraian di bawah ini. 


Gaji Presiden dan Tunjangannya


Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Zippia, Joko Widodo merupakan salah seorang presiden yang masuk ke 10 kepala negara dengan gaji tertinggi. Gaji Joko Widodo masuk ke urutan nomor 123 di dunia.


Adapun untuk jumlah penghasilan yang didapatkan adalah Rp61.000.000 setiap bulannya. Masalah gaji ini juga sudah diatur dalam peraturan pemerintah. Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978 menjelaskan mengenai gaji Presiden dan Wakil Presidennya.


Presiden mendapatkan gaji yang besarnya 6x dari pejabat negara lainnya, adapun untuk Wakil Presiden gajinya 4x lebih banyak dari pejabat negara. Jadi jika gaji pejabat negara adalah Rp5.040.000 maka gaji Presidennya bisa mencapai 30 juta lebih. 


Akan tetapi itu hanya gaji pokoknya saja, belum dengan tunjangan yang diberikan. Presiden mendapatkan tunjangan sebesar Rp32.500.000 per bulannya, sedangkan untuk Wakil Presiden tunjangannya mencapai 22 juta. 


Berbeda dengan Gaji Presiden Negara Tetangga


Gaji dan tunjangan di atas hanya untuk kepala negara Indonesia saja, negara tetangga tentunya memiliki kebijakan yang berbeda. Singapura sebagai salah satu negara maju menggaji kepala negaranya sebesar 19.8 miliar, sedangkan Malaysia sebesar 3.7 miliar rupiah per bulannya.


Beralih ke Brunei Darussalam yang dipimpin oleh seorang sultan, gaji kepala negaranya mencapai 28.3 triliun rupiah. Brunei Darussalam merupakan salah satu negara di ASEAN nomor tiga dengan gaji kepala negara tertinggi. 


Adapun untuk pemimpin Thailand seperti Maha Vajiralongkorn juga mendapatkan gaji tinggi yaitu 1.1 triliun rupiah. Maha Vajiralongkorn merupakan pemimpin Thailand sejak 13 Oktoboer 2016 silam. 


Siapa yang Menggaji Presiden?


Ketika bertanya kepada anak-anak tentang cita-cita mereka, ada yang menjawab ingin menjadi seorang Presiden. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah siapa yang menggaji Presiden dan para pejabat negara lainnya?


Gaji untuk Presiden, Wakil Presiden dan pejabat negara seperti Ketua MPR dan Ketua DPR itu mendapatkan gaji dari pungutan pajak masyarakat Indonesia. Selain itu, Presiden juga mendapatkan tambahan berupa tunjangan jabatan serta fasilitas lainnya.


Fasilitas tersebut berupa tempat kediaman, kendaraan dan segala perlengkapan pengemudi. Semua fasilitas tersebut dibiayai oleh negara termasuk biaya untuk melakukan perawatan. Tidak hanya itu, setelah Presiden pensiun juga akan mendapatkan 100% dari gaji pokok terakhir.


Kemudian, negara juga akan menyediakan rumah untuk tempat tinggal Presiden selama masa pensiun. Jadi, jika Anda mendengar istilah ‘pejabat digaji rakyat’ itu memang benar adanya, akan tetapi konsepnya tidak sesederhana itu. 


Rata-rata para PNS mendapatkan gaji yang telah ditentukan oleh tax ratio milik sebuah negara. Artinya gaji yang didapatkan itu tergantung pada berapa jumlah penerimaan pajak dari produk domestik bruto yang sesuai dengan harga pasar. 


Jadi, jika angka tax rationya itu tinggi, maka kemungkinan besar PNS dan pejabat-pejabat negara bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi juga. 


Apa Saja Tugas Presiden


Setelah membahas gaji Presiden yang ternyata tinggi itu, kini Anda harus tahu bahwa ada tugas dan tanggung jawab yang besar di balik gaji tinggi. Sebagai kepala negara, tentunya seorang Presiden harus siap dalam mengemban amanah. 


1. Tugas Presiden Selaku Kepala Negara


  • Membeli tanda jasa, gelar atau tanda kehormatan lainnya yang telah diatur dalam Undang-Undang
  • Memberikan abolisi serta amnesti sesuai dengan pertimbangan DPR
  • Memberikan rehabilitasi dan grasi sesuai dengan pertimbangan MPR
  • Menerima penempatan duta negara lain dengan memperhatikan pertimbangan DPR
  • Mengangkat duta dan konsul dengan memperhatikan pertimbangan DPR
  • Menyatakan keadaan bahaya
  • Menyatakan perang serta melakukan perjanjian dan perdamaian dengan negara lain berdasarkan persetujuan DPR
  • Memegang kekuasaan tertinggi pada AD, AL dan AU

2. Wewenang dan Tugas Presiden Sebagai Kepala Pemerintahan

  • Presiden memegang kekuasaan pemerintahan menurut UUD
  • Menetapkan Peraturan Pemerintah untuk menjalankan UU sebagaimana mestinya
  • Mengangkat dan memberhentikan para menteri
  • Mengesahkan rancangan UU yang telah disetujui bersama untuk menjadi undang-undang
  • RAPBN diajukan oleh Presiden kemudian dibahas bersama dengan DPR dengan pertimbangan DPD
  • Meresmikan anggota BPK yang dipilih dan dipertimbangkan oleh DPR
  • Calon Hakim Agung yang diusulkan dari KY mendapat persetujuan dari DPR kemudian ditetapkan sebagai Hakim Agung oleh Presiden
  • Mengangkat dan Memberhentikan anggota KY atas persetujuan DPR
  • MK memiliki 9 orang untuk hakim konstitusi yang akan ditetapkan oleh Presiden. Masing-masing berasal dari 3 oleh MA, 3 dari Presiden dan 3 dari DPR

Itu tadi ulasan mengenai berapa jumlah gaji yang didapatkan oleh Presiden, Wakil Presiden dan pejabat negara lainnya. Setiap negara memiliki kebijakannya masing-masing untuk gaji kepala negaranya.