Ini Dia Usia Aki GS Hybrid yang Harus Kamu Ketahui -->

Kategori Berita

.

Ini Dia Usia Aki GS Hybrid yang Harus Kamu Ketahui

Faisol abrori
Jumat, 16 September 2022



Semua komponen yang ada di dalam kendaraan memiliki masa penggunaan termasuk aki. Aki yang digunakan kendaraan roda empat biasanya jenis aki GS hybrid. Hal itu dikarenakan perawatannya yang cukup gampang dibanding jenis aki lainnya. Namun, umur aki GS hybrid hanya bertahan selama 1 hingga 3 tahun dengan perawatan terbaik. 


Mungkin tidak banyak orang yang mengenal jenis aki hybrid. Karena memang merupakan teknologi terbaru dari penggabungan kedua sifat aki konvensional dan aki MF. Meski cara perawatannya paling mudah, tetapi aki GS hybrid masih jarang dijual di pasaran. Hanya terdapat di toko khusus saja. 


Jenis Aki Kendaraan Yang Perlu Dikenali 


Komponen terpenting dalam sebuah kendaraan yaitu aki. Pengguna perlu mengetahui jenis aki dan perbedaannya ketika akan digunakan untuk mobil, motor, sepeda listrik, atau mesin lain. Nah, langsung saja bahas 3 jenis aki yang ada di pasaran di bawah! 


1. Aki Konvensional 


Jika tidak tahu apa itu aki konvensional, maka sebut saja aki basah. Aki jenis ini juga banyak digunakan untuk mobil karena daya penyimpanannya yang tinggi serta memiliki banyak ukuran. Pengguna yang memakai aki basah harus sering melakukan pengecekan. Pasalnya aki basah melakukan penguapan lebih tinggi, sehingga harus sering diperiksa minimal sebulan sekali. Jangan sampai air tidak merendam cell yang ada di dalamnya. 


2. Aki Maintenance Free 


MF atau aki kering cocok untuk penggunaan kendaraan roda dua. Berbeda dengan aki basah yang memerlukan tambahan air aki setiap kali habis digunakan. Aki kering hanya perlu pemeriksaan fisik saja secara rutin. Bisa dilakukan minimal 4 bulan sekali. Aki akan bertahan lama dengan perawatan dan penggunaan alat kelistrikan yang standar. 


3. Aki Low Maintenance 


Aki hybrid memang jenis baru yang masih jarang ditemukan, kecuali toko khusus. Namun pengguna perlu mempertimbangkan penggunaan aki jenis ini. Ya, karena kualitasnya sangat baik. Meskipun tetap memerlukan pengisian ulang air aki, tetapi penguapan pada aki hybrid sangat rendah. Sehingga tidak perlu selalu ditambah. Cukup 3-4 bulan sekali. 


Umur Aki GS Hybrid 


Berbicara tentang umur aki GS hybrid, sebenarnya hampir sama dengan aki kering dan aki basah. Normalnya hanya bertahan 1-3 tahun saja. Hanya saja masa pakai tersebut sangat berpengaruh terhadap perawatan yang dilakukan. Bisa saja lebih lama waktu pemakaiannya. Aki yang sudah tidak layak pakai akan menampakkan tanda. Ganti segera aki tersebut sebelum mengalami kerusakan parah atau bahkan bisa mogok di tengah jalan. Periksa dengan melihat tanda berikut! 


1. Warna Aki Yang Berubah 


Umumnya air aki yang mulai mengalami kerusakan akan berubah menjadi keruh. Penyebabnya yaitu kotoran yang menumpuk terlalu lama dan ada sel aki yang mengalami pembengkokan disertai kerak putih di kepala aki. Oleh karena itu, selain rutin menambah air aki, bersihkan juga box aki. 


2. Periksa Voltase Aki 


Aki yang memiliki voltase rendah akan menyebabkan beberapa gejala pada mobil ketika dinyalakan. Salah satunya sulit melakukan starter, terjadi kerusakan pada lampu, dan sebagainya. Periksa tegangan aki dengan multimeter. 


Angka normal akan menunjukkan hasil tegangan di 12,45 volt dalam keadaan mati dan 13-14 bila mesin nyala. Kerusakan juga bisa terjadi apabila angka yang dihasilkan lebih dari seharusnya.


 Bagaimana? Tertarik menggunakan aki hybrid. Umur aki GS hybrid yang memiliki masa lebih awet dengan perawatan minim perlu dipertimbangkan untuk dicoba. Sangat cocok digunakan untuk pekerja yang sibuk, sehingga hanya perlu membuat jadwal pengecekan saja.