Inilah Jawaban Gerakan Tari Yang Menggunakan Keindahan Disebut Gerak -->

Kategori Berita

.

Inilah Jawaban Gerakan Tari Yang Menggunakan Keindahan Disebut Gerak

Faisol abrori
Senin, 19 September 2022

 


Gerakan tari yang menggunakan keindahan disebut gerak? Pertanyaan seperti ini sering dilontarkan ketika mata pelajaran seni budaya berlangsung. Pasalnya, dalam mata pelajaran tersebut tidak hanya belajar mengenai musik saja, tetapi juga mengenai tarian. Tarian tersebut merupakan wujud implementasi dari pengembangan kreativitas. 


Dalam dunia seni gerak tari yang menggunakan keindahan ini dikenal dengan gerak elastis. Sebagaimana dijelaskan oleh bapak atau ibu guru, gerak ini berfungsi sangat penting terhadap kelihayan seseorang dalam menari. Berikut ini adalah pengertian dari gerak elastis. 


Pengertian Gerak Elastis 


Secara garis besar tarian diartikan menjadi suatu gerakan tubuh yang memiliki irama dan diselenggarakan di suatu tempat dan dalam waktu yang ditentukan. Melihat dari segi unsur-unsurnya gerak merupakan salah satu bagian dari elemen seni tari. Sehingga dapat disimpulkan antara seni tari dan gerak keduanya tidak bisa saling dipisahkan. 


Pengertian gerak elastis sendiri merupakan suatu gerakan keindahan yang dilakukan dalam memunculkan sebuah nilai seni, di mana dalam gerakan tersebut menimbulkan suatu bentuk-bentuk hubungan antara nurani dan penari. Sehingga tercipta suatu bentuk gerakan yang indah berdasarkan insting atau cipta rasa penari. 


5 Cara Sederhana Melatih Gerak Elastis 


Dapat diambil kesimpulan bahwa dalam melakukan sebuah gerakan di kegiatan menari tidaklah sama dengan baris berbaris. Perbedaan yang sangat jauh ini bisa dijumpai pada ragam gerakan yang digunakan saat menari. Disamping gerakannya harus luwes, penari juga wajib memiliki ciri khas yang membedakan tarian tersebut tanpa menghilangkan gerakan tari yang menggunakan keindahan gerak disebut gerak elastis ini. Pada dasarnya seni adalah wujud dari jiwa seseorang. 


Maknanya disini setiap gerakan menari yang dilakukan akan mewakili jiwa penari. Menlihat hal ini penting, dapat diartikan bahwa cara-cara sederhana dalam melatih gerak ini diperlukan untuk seseorang yang mendalami seni tari. Berikut ini adalah cara sederhana yang bisa digunakan untuk melakukan gerak elastis: 


1. Memahami Cerita Dibalik Tarian Yang Dibawakan 


Sering kali para penari abai terhadap kisah dalam tarian yang mereka bawakan. Padahal jika memahami nilai cerita yang dibawa, bisa jadi ini akan membuat tarian yang dibawakan semakin menarik. Tidak hanya menarik saja, bahkan bisa sampai membius para penonton karena penguasaan karakternya bisa dilakukan dengan baik. Perlu diketahui karakter yang baik ini biasanya akan memberi kesan gerakan yang dilakykan menjadi elastis. 


2. Mencoba Menyatu Dengan Partner Menari 


Berikutnya, mencobalah menyatu dengan rekan menari Kamu. Dalam hal ini sebenarnya tidak hanya berkaitan dengan gerak elastis saja, melainkan juga kolaborasi dan penguasaan tari kelompok. Bayangkan saja dalam satu waktu dua orang menari bersama tapi tidak ada kepaduan diantara mereka berdua, Sudah bisa dilihat jika keduanya tidak akan sukses membawakan tarian tersebut. Justru menghancurkan penampilan karena tidak bisa menyatu dengan rekan menari.

3. Memperbanyak Latihan 


Latihan juga diperlukan guna menunjang keberhasilan dalam menguasai gerak elastis. Konsep gerakan menari ini sebetulnya tidak kurang dengan karet gelang. Bila seseorang menarik gelang tersebut berulang-ulang maka sudah bisa dipastikan akan lentur. Dalam menari gerakan yang diulang-ulang sampai lentur inilah yang akan menciptakan penampilan luar biasa. 


4. Menguasai Lagu Atau Alunan Yang Dimainkan 


Wiraga, Wirama, Wirasa pada dasarnya musik akan menjadi pengendali utama faktor-faktor keberhasilan dalam menari. Seorang penari yang berkeinginan gerakannya elastis maka harus menguasai musik yang dimainkan penabuh. Jangan sampai geraknya apa dan musiknya apa, sehingga parpaduan antara gerak dan lagi tersebut gagal. 


5. Menggerakan Badan Mengalir Mengikuti Musik 


Jika musik dan gerakan sudah menatu dalam satu alunan, sudah bisa dipastikan baha tarian tersebut memiliki uansur gerak elastis. Dimana rasa dari penari yang mau disampaikan kepada penonton berhasil didukung dengan lambaian tangan, hentakan kaki dan musik yang mendukung. 


Pada intinya gerakan tari yang menggunakan keindahan gerak disebut gerak elastis ini bukanlah hal sederhana yang akan langsung dikuasai dalam satu waktu. Orang harus benar-benar mau belajar dulu dalam hal dasar seni tari baru bisa melakukan gerakan-gerakan yang indah.