Inilah Tanda Aki Mobil Soak Beserta Cara Mencegahnya -->

Kategori Berita

.

Inilah Tanda Aki Mobil Soak Beserta Cara Mencegahnya

Faisol abrori
Jumat, 16 September 2022

 


Tidak bisa dipungkiri, aki merupakan komponen yang penting pada berbagai kendaraan termasuk mobil. Komponen ini adalah sumber daya listrik utama pada mobil. Jika bagian ini rusak, tentu fungsi kelistrikkan mobil tidak bisa berjalan dengan normal. Untuk mencegah kerusakan yang parah, ketahuilah apa saja tanda aki mobil soak dan cara mencegahnya. 


Umumnya, aki memang memerlukan perawatan dan penggantian secara rutin. Setiap aki memiliki usia masa pakainya masing-masing. Jika aki sudah mencapai batas usia pemakaian ini tentu kinerjanya tidak akan sebagus aki dalam kondisi baru. Ada beberapa tanda aki mobil soak yang bisa membantu pembaca mengenali akinya sudah rusak. Simak ulasannya berikut: 


Tanda Aki Soak 


Fungsinya yang menjadi sumber energi kelistrikkan membuat aki lebih mudah dikenali jika sudah soak. Aki soak akan memberikan dampak pada komponen-komponen lain yang memerlukan daya listrik. Tanda-tanda aki sudah soak bisa dikenali dari fungsi komponen lain ini. Kira-kira apa saja tanda aki soak pada mobil? Ketahuilah dari ulasan di bawah ini: 


Mobil susah di starter 


Tanda yang paling jelas ialah mesin yang susah dihidupkan. Bagian starter mobil merupakan salah satu komponen dengan fungsi kelistrikan untuk menyalakan perapian agar mesin hidup. Jika aki sudah soak, biasanya pengendara harus men-starter mobil berkali-kali untuk menyalakan mesin mobil. 


Lampu mobil redup


Aki memberikan energi kelistrikkan pada bagian lampu mobil. Apabila aki sudah soak maka lampu tidak bisa menyala seterang biasanya. Nyalanya terbilang lebih redup dan bahkan terkadang menyebabkan lampu mobil mati. 


Mesin bau


Aki yang sudah soak akan menimbulkan bau mesin saat mobil dinyalakan. Bau ini berasal dari sel yang terdapat dalam aki yang mulai rusak. Jika ini terjadi pada mobil pembaca semestinya pembaca langsung melakukan ganti aki. 


Klakson lemah


Selain lampu, komponen lainnya yang memerlukan energi listrik dari aki ialah klakson. Saat kondisi aki sudah soak, klakson biasanya akan berbunyi lemah atau tidak nyaring. Bahkan dalam kasus yang lebih parah juga memungkinkan untuk membuat klakson tidak bisa dibunyikan. 


Indikator aki berada di warna merah


Sebelum berpergian tentunya harus dilakukan pengecekkan semua bagian mesin. Apabila saat mengecek indikator aki dan jarumnya berhenti pada tanda merah, ini berarti aki sudah mencapai batas usia penggunaannya. 


Cara Mencegah Aki Soak 


Tentu semua pengendara mobil tidak ingin menjumpai tanda aki mobil soak di atas, bukan? Aki soak bukan hanya disebabkan usia pemakaian yang sudah habis. Ada faktor lain seperti kurangnya perawatan yang menyebabkan aki soak. Untuk mencegah hal ini terjadi pada mobil pembaca, simak cara mencegah aki soak di bawah ini: 


1. Panaskan Mobil Setiap Hari 


Meskipun pembaca tidak pergi kemana-mana dengan mobilnya, usahakan untuk tetap memanaskan mesin mobil setiap hari. Cara memanaskan mobil ini cukup sederhana yakni dengan menyalakan mesin dan membiarkannya menyala selama sepuluh menit. Mobil yang mesinnya tidak pernah dinyalakan akan membuat aki menjadi cepat soak. 


2. Bersihkan Aki Rutin 


Pastikan untuk membersihkan bagian aki secara rutin. Biasanya bagian terminal aki rawan tertutup oleh kotoran dan debu. Jika sudah tertutup tebal dengan kotoran, hantaran listrik akan terhambat. Ini akan membuat komponen yang memerlukan listrik tidak bisa berfungsi dengan semestinya. 


3. Perhatikan Beban Pemakaian Aki 


Ketahuilah bagian apa saja pada mobil yang memerlukan energi listrik dari aki. Dengan demikian pembaca bisa mengetahui beban pemakaian aki. Alhasil, pemakaian aki tetap terkendali dan tidak terlalu berat. 


Itulah informasi mengenai tanda aki mobil soak dan cara mencegahnya. Periksa seluruh bagian mobil secara berkala untuk mencegah kerusakan pada komponen-komponen mobil.