Intip Kisaran Gaji Perawat Indonesia Terbaru 2022 yang Harus Kamu Ketahui -->

Kategori Berita

.

Intip Kisaran Gaji Perawat Indonesia Terbaru 2022 yang Harus Kamu Ketahui

Faisol abrori
Rabu, 28 September 2022


Gaji Perawat - Sebagai calon mahasiswa, penting untuk memilih jurusan yang terbaik bagi masa depan Anda. Salah satu jurusan yang paling banyak peminatnya ada di bidang kesehatan seperti perawat. Lalu apa saja tugas dari perawat tersebut dan berapa gaji yang didapatkannya?


Baca : Daftar Gaji Dokter di Indonesia: Umum, Spesialis, Gigi Terbaru 2022


Perawat merupakan orang yang juga berkontribusi dalam merawat pasien di rumah sakit. Tentunya perawat memiliki tanggung jawab dan tugasnya masing-masing. Simak penjelasan berikut mengenai penghasilan perawat beserta tugasnya. 


Tugas Perawat dalam Merawat Pasien


Tugas perawat yang utama itu adalah mendukung dan memberikan perawatan terhadap semua pasien di rumah sakit. Tetnu saja ada tanggung jawab lain yang harus diemban seperti mencatat riwayat medis pasien, advokasi kesehatan dan tugas-tugas lainnya berikut ini. 


Baca : Ternyata Segini Kisaran Gaji Tukang Parkir Pesawat, Capai Ratusan Juta Per Tahun!


1. Perencanaan Perawatan


Tugas pertama dari seorang perawat adalah untuk membuat perencanaan perawatan. Siapa bilang kalau perawat hanya mengurus orang sakit saja? Ternyata perawat juga turut dalam pengambilan keputusan atas pasien, tentunya bersama dokter. 


Apabila pasien dalam keadaan yang kritis atau mulai muncul-muncul tanda adanya masalah, perawat bisa berfikir cepat dan tepat untuk melakukan tindakan. Perawat juga bertugas untuk memberikan informasi mengenai kondisi pasien sebelum dokter meresepkan sebuah obat. 


Perawat merupakan orang yang lebih akrab atau sering bertemu dengan pasien dibanding dokternya, karena mereka sering memantau kondisi pasien. Perawat juga bekerjasama dengan tim medis lainnya untuk mempromosikan hasil kesehatan pasien.


2. Advokasi Pasien


Selain membuat perencanaan perawatan, seorang perawat juga bertugas untuk memberikan advokasi pasien. Artinya, seorang perawat akan melakukan tindakan dan memberikan informasi atas nama pasien. 


Selain itu, seorang perawat juga bertindak sebagai mediator dan pelindung bagi semua pasiennya. Hal ini sangat penting karena misalnya ada seorang pasien yang tidak memahami situasi medisnya, perawat bisa memberikan penanganan terbaik. 


3. Memberikan Dukungan dan Edukasi Kepada Pasien


Tugas terakhir adalah memberikan edukasi beserta dukungan kepada setiap pasien yang dirawat. Perawat bertanggung jawab atas kondisi kesehatan pasien seperti penyakit, pengobatan dan perawatannya. 


Jadi, seorang perawat harus mau meluangkan waktunya untuk memberikan informasi kepada keluarga atau pasien mengenai kondisi kesehatannya. Tugas perawat juga harus memberikan dukungan kepada pasien.


Berapa Gaji Seorang Perawat?


Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 1992 mengatur tentang prosedur dan wewenang seorang perawat. Gaji seorang perawat itu berbeda-beda, tergantung di mana tempat prakteknya. Berikut ini kisaran gaji yang didapatkan setiap perawat per bulannya. 


1. Gaji Perawat di Puskesmas 


Setiap puskesmas yang berada di berbagai daerah tentunya memiliki kebijakannya masing-masing. Adapun penghasilan seorang perawat berdasarkan hasil kajian dari Insentif Tenaga Kesahatan di Puskesmas dan Self Assessment Tim Nusantara Sehat adalah 2 jutaan lebih. 


Gaji yang didapat tersebut sebenarnya masih belum termasuk insentif dan tunjangan lainnya. Selain itu, gaji yang didapatkan juga berbeda tergantung perawat tersebut honorer atau seorang PNS. 


2. Gaji Perawat di Rumah Sakit


Hampir sama dengan gaji perawat di puskesmas, gaji perawat di rumah sakit tergantung dari statusnya apakah PNS atau bukan. Selain itu, seorang perawat baik lulusan D3 atau S1 juga sebaiknya memiliki Surat Tanda Registrasi (STR).


Surat ini merupakan tanda pendidikan dari seorang perawat yang telah lulus, selain itu perawat juga bisa melanjutkan mengambil spesialis keperawatan di S2. Adapun untuk gajinya juga beragam mulai dari 4 juta sampai dengan 7 juta rupiah. 


3. Gaji Perawat Homecare


Selain di puskesmas dan rumah sakit, seorang perawat juga bisa bekerja di sebuah instansi untuk merawat bayi, lansia atau anak kecil. Perawat yang bekerja di homecare ini mendapatkan gaji dari 2.5 juta sampai 7 juta rupiah. 


Melihat rentang gaji yang didapatkan, sepertinya perawat adalah salah satu profesi yang tepat untuk masa depan Anda. Tentu saja jika ingin mendapatkan gaji yang lebih tinggi, Anda harus menambah jam terbang.