Jenis-jenis Alat Pengangkat Mobil yang Harus Kamu Ketahui beserta Fungsinya -->

Kategori Berita

.

Jenis-jenis Alat Pengangkat Mobil yang Harus Kamu Ketahui beserta Fungsinya

Faisol abrori
Kamis, 15 September 2022

 


Alat yang dapat membantu mengangkat kendaraan tentunya sangat membantu para mekanik dalam memperbaiki mobil. Alat pengangkat kendaraan ini biasanya disebut dongkrak. Dongkrak memiliki jenis yang bermacam-macam. Fungsinya tentu saja untuk membantu saat pengecekan atau perbaikan pada mobil bagian bawah. Berikut ini jenis-jenis alat pengangkat mobil beserta pengertian dan fungsinya :


1. Dongkrak Hidrolik


Dongkrak Hidrolik

Dongkrak hidrolik adalah alat pengangkat yang berbentuk seperti sebuah botol. Karena itu, tak heran kebanyakan orang menyebutnya dengan sebutan dongkrak botol. Para pengendara mobil sering memilih dongkrak ini sebagai alat penting yang harus ada di dalam keadaan darurat. Umumnya, dongkrak jenis ini adalah jenis dongkrak untuk tipe SUV atau MPV.


Alat pengangkat kendaraan dongkrak hidrolik memanfaatkan sistem hidrolis untuk mengangkat beban berat. Dengan demikian jika ingin mengangkat mobil dengan memakai dongkrak hidrolik, pengguna harus memompanya dengan tuas. Sedangkan cara untuk menurunkannya kembali, cukup dengan mengendorkan katupnya saja. Kekuatan alat ini bervariasi mulai dari 2 ton sampai dengan 1000 ton.


2. Dongkrak Mekanik



Jenis selanjutnya adalah dongkrak mekanik atau disebut juga dongkrak manual. Dongkrak mekanik ini adalah alat dengan sistem kerja mekanikal. Ini artinya sistem kerja dari dongkrak ini menyandarkan pada  batang dan roda gigi yang diputar dan akhirnya menghasilkan gaya angkat. Kebanyakan kendaraan dengan bobot yang ringan lebih direkomendasikan menggunakan dongkrak mekanik ini.


Penggunaan dongkrak mekanik dapat dibilang cukup mudah. Pengguna cukup memutar porosnya searah dengan jarum jam untuk memakainya. Sedangkan untuk menurunkannya, pengguna cukup memutar poros berlawanan dengan arah jarum jam. Dongkrak mekanik terbilang lebih berat dibandingkan dengan dongkrak hidrolik. Namun dongkrak mekanik lebih mudah dibawa dan disimpan di bagasi mobil.


3. Jack Stand



Kemudian jenis alat pengangkat mobil berikutnya adalah jack stand atau rigid rack. Jack stand adalah tools pengganjal mobil yang berfungsi untuk menjaga mobil agar tetap stabil dan aman serta tidak terjatuh karena pemakaian alat bantu dongkrak. Berbeda dengan alat pengangkat kendaraan dongkrak, jack stand lebih sering dipakai setelah dongkrak digunakan.


Jack stand berfungsi untuk menopang atau menahan beban mobil yang sudah di dongkrak saat melakukan perbaikan. Jadi, mobil harus diangkat terlebih dahulu dengan memakai dongkrak, setelah itu barulah ditahan dengan jack stand. Menyangga mobil dengan menggunakan jack stand dinilai jauh lebih aman dibandingkan dengan menggunakan batu, kayu atau alat yang lainnya.


4. Car Lift



Alat pengangkat berikut ini memiliki fungsi yang berbeda dengan dongkrak yang hanya mengangkat bagian tertentu dari mobil saja. Car lift dapat mengangkat mobil secara keseluruhan. Selain itu, car lift biasanya hanya dimiliki oleh bengkel-bengkel besar saja. Harganya pun cukup mahal dan tentunya memerlukan area yang cukup luas untuk menempatkannya.


Keuntungan menggunakan alat ini yaitu mekanik dapat memperbaiki komponen yang berada di bagian bawah mobil dengan sangat mudah karena mobil terangkat seluruhnya. Karena itulah mekanik dapat menemukan kerusakan lebih cepat. Kemudian selanjutnya memperbaikinya dengan cepat pula. Car lift hanya tersedia untuk kendaraan passenger seperti MPV, SUV, sedan dan lain sebagainya.


Nah, Demikianlah jenis-jenis alat pengangkat mobil yang harus pengguna ketahui lengkap beserta pengertian dan fungsinya. Satu dari peralatan diatas wajib pengguna sediakan di mobil untuk berjaga jika terjadi keadaan darurat. Pasalnya jika ban mobil pengguna bermasalah, maka akan mudah untuk mengganti ban mobil dengan alat bantu pengangkat mobil tersebut.