Mengenal Manfaat Gurah Mesin Mobil, Pengeluaran Auto Irit! -->

Kategori Berita

.

Mengenal Manfaat Gurah Mesin Mobil, Pengeluaran Auto Irit!

Faisol abrori
Kamis, 15 September 2022


Gurah pada mesin mobil biasanya dilakukan untuk mengembalikan performa mesin pada kendaraan. Tentu saja terdapat berbagai manfaat gurah mesin mobil, terutama bagi mobil keluaran lama. Tidak hanya itu, mobil yang sering dipakai juga harus di gurah bagian mesinnya agar semua kotoran keluar.


Gurah mesin mobil bisa dilakukan di rumah maupun di bengkel melalui bantuan montir. Dibanding dengan metode lainnya, gurah mesin pada mobil tentu hanya memerlukan sedikit uang. Berikut merupakan berbagai manfaat yang didapatkan apabila melakukan gurah pada mesin mobil:


Baca : Simak Cara Ganti Oli Mobil yang Benar dan Bisa Anda Coba


Baca : 5 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas, dari Radiator Hingga Oli


Kenali Arti Gurah Mesin Mobil


Gurah mesin mobil memiliki arti sebagai proses untuk membersihkan kerak berupa karbon yang terdapat pada mobil. Kerak tersebut berupa kotoran yang mengendap pada bagian ruang bakar mesin mobil. Tentu hanya mobil yang berbahan bakar bensin saja yang bisa dilakukan proses gurah mesin.


Melakukan gurah pada mesin mobil menjadi pilihan yang tepat apabila mesin dalam keadaan performa yang cukup rendah. Untuk melakukan gurah mesin, dibutuhkan cairan kimia yang khusus digunakan untuk membersihkan kerak yang menempel. Selain itu, pembersih karbon juga diperlukan dalam proses gurah mesin.


Gurah mesin mobil tersedia pada bengkel umum manapun. Bahkan terdapat jasa gurah mesin mobil yang bisa dipanggil ke rumah. Pada bengkel resmi, opsi gurah mesin tidak bisa dilakukan kapanpun, kecuali jika gurah mesin merupakan jalan terakhir satu-satunya. Sebab gurah mesin juga bisa mempengaruhi kinerja pada mesin mobil, meskipun banyak sekali manfaat gurah mesin mobil.


Apa Saja Manfaat Gurah Pada Mesin Mobil?


Ketika mesin pada mobil memiliki performa yang cukup rendah, biasanya pemilik mobil akan memilih untuk melakukan tune up pada mesin mobil. Memang, tune up merupakan salah satu solusi yang bisa diandalkan. Pembersihan pada bagian karburator dan juga mengganti busi dilakukan pada saat melakukan tune up. Tentu hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan pada mesin mobil.


Namun ketika melakukan tune up pada mobil, para montir mobil tidak sampai melakukan gurah pada bagian ruang bakar mesin. Padahal bagian ruang bakar juga berperan penting agar mesin mobil selalu dalam kondisi baik.


Terdapat berbagai manfaat gurah mesin mobil. Diantaranya seperti mengembalikan mesin agar kembali seperti baru, mengurangi polusi pada gas buang sehingga bisa melakukan menjaga alam, efek knocking pada mesin mobil hilang, hemat dalam perawatan mesin mobil, hingga penghematan pada bahan bakar mobil.


Resiko Melakukan Gurah Mesin


Meskipun memiliki banyak manfaat, namun apabila gurah pada mesin mobil sering dilakukan akan menimbulkan resiko yang dapat merusak mesin mobil. Berikut merupakan beberapa resiko yang dialami ketika terlalu sering melakukan gurah pada mesin:


  • Korosi pada mesin. Pada kasus ini, penyebabnya yaitu pembersihan pada mesin tidak dilakukan dengan sempurna. Sehingga banyak kotoran yang masih menempel.
  • Dapat mengganggu laju alami pada mobil. Saat melakukan gurah, pastikan mobil sudah menempuh jarak minimal 2 ribu kilometer. Apabila kurang dari itu, jangan lakukan gurah mesin terlebih dahulu.
  • Mesin rusak. Biasanya hal ini terjadi akibat pemilihan cairan kimia yang kurang tepat untuk melakukan gurah mesin. Maka dari itu, periksa cairan kimia yang akan digunakan untuk melakukan gurah pada mesin.
  • Berbahaya jika tidak hati-hati. Cairan kimia dan karbon akan membuat kulit terasa terbakar bahkan gatal jika terkena kulit. Maka dari itu, dibutuhkan ketelitian dalam melakukan gurah mesin.


Meskipun manfaat gurah mesin mobil cukup banyak, namun tentu terdapat resiko yang akan didapatkan apabila gurah mesin dilakukan secara sering. Maka dari itu, perhatikan minimal jarak yang harus ditempuh apabila ingin melakukan gurah mesin agar mesin mobil tidak rusak.