Pengertian Humerus, Fungsi, dan Strukturnya -->

Kategori Berita

.

Pengertian Humerus, Fungsi, dan Strukturnya

Faisol abrori
Jumat, 16 September 2022

 


Tubuh manusia terdiri dari berbagai rangka tulang. Setiap bagian tulangnya memiliki peran dan fungsi masing-masing yang membuat manusia bisa bergerak. Sebagai contoh adalah humerus atau yang lebih dikenal dengan tulang lengan atas. Kali ini kita akan mengenal humerus, fungsi, dan strukturnya.


Dalam berbagai tingkatan pembelajaran mengenai tulang selalu diberikan, baik itu tingkat menengah atas ataupun di bangku perguruan tinggi. Mengingat pembelajaran mengenai tulang ini penting dan biasanya memiliki bobot yang besar ada baiknya mulai memperhatikan mengenai struktur humerus dan informasi lengkapnya. 


Pengertian Humerus Berdasarkan Bahasa Latin 


Secara Bahasa Latin Humerus atau yang dikenal dengan Umerus memiliki persamaan kata Omos. Dari persamaan kata tersebut dapat diartikan bahwa bagian tersebut adalah lengan atas. Pengertian humerus adalah tulang yang memanjang pada bagian lengan yang terletak dari bahu sampai dengan siku. 


Dilihat dari strukturnya, tulang humerus berdekatan dengan tulang belikat serta tulang pengumpil atau tulang hasta. Bagian kepala humerus memiliki peran yang penting dalam rangka gerak manusia. Pada bagian tersebut terdapat sebuah sendi yang disebut dengan sendi putar yang keberadaannya mampu membuat lengan manusia bergerak bebas. 


Anatomi Humerus Secara Kedokteran 


Berkaitan dengan anatomi humerus, tulang ini merupakan tulang yang terletak pada bagian lengan atas. Terdapat istilah-istilah penting yang perlu digaris bawahi saat belajar mengenai homerus. Berikut ini contoh istilah yang perlu diketahui; 

  • Proksimal : bagian yang terletak pada bagian atas mendekati bahu. 
  • Tubuh : merupakan merupakan bagian yang memanjang dari humerus.
  • Distal : bagian humerus yang mendekati siku. 


Mengenal Fungsi Humerus Secara Umum 


Mengingat setiap alat gerak manusia memiliki fungsi tersendiri, maka sudah bisa dipastikan bahwa humerus juga memiliki fungsi yang tidak bisa digantikan dengan tulang lain. Memahami fungsi humerus akan berguna saat mempelajari fungsi-fungsi bagian tubuh lebih jauh. 


Perlu diketahui jika bagian bahu ini menyatu dengan sebuah sendi. Dimana sendi tersebut berperan penting terhadap kinerja tangan. Sendi dan tulang yang bekerja sama akan memungkinkan tubuh melakukan sebuah gerakan. Berikut ini fungsi umumnya yang wajib untuk diketahui; 


  • Melakukan rotasi pada bahu. 
  • Mengangkat lengang mendekat ke tubuh. 
  • Menurunkan lengan menjauh dari bagian tubuh. 
  • Mengangkat beban. 
  • Memutarkan tangan ke segala arah. 


Penyakit Yang Menyerang Humerus 


Sama seperti bagian tubuh lainnya, Humerus juga rentan terhadap penyakit. Perlu diketahui, penyakit yang menyerang bagian ini bisa dikatakan berbahaya jika penanganannya tidak tepat. Sekedar informasi berikut ini akan dijelaskan mengenai penyakit yang umumnya menyerang humerus; 


  • Tendinitis atau yang dikenal sebagai peradangan pada bagian lengan atas. Peradangan ini biasanya tidak hanya dipengaruhi oleh faktor penyakit bawaan saja, melainkan bisa dipengaruhi oleh cedera. 
  • Frozen Shoulder secara umum dikenal sebagai pelebaran pada bidang kapsul bahu. Akibat orang yang mengalami penyakit ini akan kesulitan dalam mengerjakan tulang lengannya. 
  • Osteoarthritis atau penyakit yang menyerang bagian kepala sendi. Penyakit ini pada umumnya menyerang mereka yang sudah lanjut usia. Namun tidak menuntut kemungkinan bisa menyerang remaja dan anak-anak. 


Setelah mengenal humerus, fungsi, dan strukturnya secara mendalam, bisa diambil kesimpulan bahwa lengan atas memegang kendali penting. Selain itu, bagian tersebut memiliki fungsi utama dalam mengatur kinerja tulang Bisep dan Trisep. Sekedar informasi bahwa bagian tersebut rentan terhadap patah tulang dan penyakit lainnya, makannya perlu dijaga dengan baik.