Cara Membuat Slip Gaji Online Otomatis, Mudah Banget! -->

Kategori Berita

.

Cara Membuat Slip Gaji Online Otomatis, Mudah Banget!

Faisol abrori
Jumat, 23 September 2022

 


Cara membuat slip gaji online otomatis, mudah banget, perlu dicoba mengingat slip gaji sekarang menjadi dokumen yang sangat penting. Dalam kegiatan ekonomi dan dunia pendidikan slip gaji memiliki peran yang belum bisa digantikan begitu saja. Maka dari itu sangatlah penting belajar mengenai cara pembuatan slip gaji. 


Slip gaji adalah dokumen penting yang berguna transaksi perbankan. Sebagai contoh jika seseorang mau mengajukan pinjaman, maka sebagai pertimbangan yang digunakan adalah slip gaji. Selain itu, slip gaji bisa digunakan dalam proses pengajuan beasiswa, jadi bisa disimpulkan bahwa dokumen ini penting. 


Daftar Rekomendasi Beasiswa Pemerintah Terbaru

Baca: 7 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Persyaratan Untuk Ajukan KTA kilat yang Mudah Disetujui Bank


Langkah-Langkah Membuat Slip Gaji Online 


Bisa dikatakan bahwa slip gaji ini sekarang tidak hanya diciptakan melalui Microsoft Excel saja. Metode online mulai digunakan untuk membantu mempermudah dalam menciptakan slip gaji online. Sehingga dapat diketahui bahwa pembuatan slip gaji ini semakin modern dan tidak membutuhkan Microsoft Excel lagi. 


Meskipun sudah terbilang mudah, namun bagi sebagian orang membuat slip gaji ini masihlah sulit. Cara membuat slip gaji online yang mudah bisa dengan mengikuti panduan yang sudah terdapat pada penjelasan berikut ini; 


1. Mencari Aplikasi Yang Tepat 



Temukan terlebih dahulu aplikasi slip gaji online yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Aplikasi subjek online ini sudah terdapat banyak di berbagai platform seperti Google Play, Apple Store serta aplikasi pengunduh lainnya yang tidak kalah menarik. 


Cobalah melihat basic pengembang atau perusahaan yang menjadi background utama dari aplikasi tersebut. Hal ini bertujuan untuk mencari aplikasi yang aman sehingga tidak menimbulkan permasalahan yang signifikan di kemudian hari. Contohnya saja seperti masalah data yang bocor, akses yang dipersulit dan database yang rusak. 


Sebagai contoh aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat slip gaji online adalah sebagai berikut: 

  • GajiQ 
  • GajiGesa 
  • Mahir PPh21 
  • E-SLIP HRDPintar
  • BukuGaji 
  • GajiTim
  • Fingerspot
  • Talenta.co
  • Sleekr.co 


2. Melihat Data Perusahaan 


Berikutnya apabila sudah menemukan aplikasi yang sesuai, lakukanlah registrasi terhadap aplikasi tersebut. Dalam tahapan ini beberapa aplikasi menggunakan sistem premium, sehingga ada pembayaran yang dibebankan kepada kamu. Tidaklah masalah memilih aplikasi premium atau non premium yang terpenting bisa segera mengakses aplikasi tersebut. 


Apabila sudah terdapat akses untuk masuk dalam aplikasi tersebut. Cobalah persiapkan terlebih dahulu data perusahaan yang akan digunakan untuk menginput gaji karyawan. Data ini merupakan data dasar yang menjadi acuan utama dalam pemberian gaji, sehingga setiap perusahaan pastilah memilikinya. 


3. Memasukan Data Sesuai Tabel 


Berikutnya, apabila gaji yang berupa data tersebut sudah tersedia, lakukanlah pengisian data pada aplikasi sesuai dengan fakta yang terdapat pada dokumen dasar perusahaan. Bila menemukan bagian yang ambigu dalam menginputkan data, cobalah untuk memastikan terlebih dahulu bagian yang harus diisi tersebut. 


Apabila kebingungan terhadap menu yang harus diisikan, boleh menggunakan menu layanan pelanggan dan bertanya mengenai maksud dari perintah yang muncul dalam aplikasi. Jangan dibuat pusing mengenai tata cara pemasukan data, karena meskipun namanya berbeda pada umumnya data yang dimasukkan sama saja. 


4. Memeriksa Data Yang Dimasukan 


Apabila hampir semua bagian yang terdapat dalam aplikasi sudah terisi, langkah berikutnya lakukanlah pemeriksaan ulang mengenai data yang dimasukkan. Human error yang sering terjadi pada saat proses pengolahan data bisa diminimalisir dengan pemeriksaan ulang data yang sudah dimasukkan. 


Slip gaji yang dibuat pada akhirnya akan menghasilkan data gaji sebenarnya yang diterima oleh karyawan. Tidak ada lagi pemalsuan data apalagi korupsi dalam hal gaji. Sehingga bisa dikatakan lebih efektif dan tidak akan bermasalah di kemudian hari. 


5. Mencetak Slip Gaji 


Apabila data yang salah sudah dibenarkan pada tahap sebelumnya maka tahap berikutnya adalah mencetak slip gaji. Pada umumnya pencetakan slip gaji ini dapat dilakukan secara langsung tidak perlu melakukan tahapan editing lagi. 


Perlu diketahui, pada beberapa aplikasi memang mengharuskan para penggunanya melakukan edit menggunakan Microsoft Excel. Tetapi langkah ini tidak akan memakan waktu lama, mengingat data yang dimasukkan sudah dibuatkan secara khusus bentuk tabel dan kolomnya. 


Setelah belajar mengenai cara membuat slip gaji online otomatis yang mudah banget, sekarang menjadi mengetahui kan? Kalau slip gaji ini sekarang tidak harus dibuat melalui Microsoft Excel. Selain bisa digunakan Melalui aplikasi online yang jauh lebih praktis, juga tidak memakan waktu lama pada proses pembuatannya.