Cara Membuat Slip Gaji yang Mudah 2022 -->

Kategori Berita

.

Cara Membuat Slip Gaji yang Mudah 2022

Faisol abrori
Sabtu, 24 September 2022

  


Jaman sekarang bila mendaftarkan diri ke pinjaman online atau mendaftarkan ke program beasiswa membutuhkan slip gaji. Sebetulnya slip gaji tidak perlu dibuat sendiri, karena sudah pasti dibuatkan perusahaan. Cara membuat slip gaji yang mudah 2022 perlu dikuasai agar saat membutuhkannya bisa lebih cepat. 


Perlu diketahui bahwa pembuatan slip gaji ini harus disesuaikan dengan sop. Meskipun disini slip gaji yang dibuat hanyalah hasil duplikat, tetap saja harus sama persis dengan yang dikeluarkan kantor. Berikut ini tips menyusun slip gaji yang mudah untuk dilakukan: 


Baca Juga : Cara Membuat Slip Gaji Online Otomatis, Mudah Banget!


1. Menggunakan Microsoft Excel 


Saat membuat slip gaji yang perlu dipersiapkan adalah perangkat aplikasinya. Secara besic orang menggunakan Microsoft Excel yang bisa diakses secara umum di komputer. Keunggulan dari Microsoft Excel ini adalah perangkatnya yang mudah dioperasikan. 


Penggunaan aplikasi ini tidak ribet, karena menu-menu yang ada di tampilan Microsoft Excel itu terbilang sederhana. Perlu diketahui perbedaan Microsoft Excel dengan software lainnya adalah lembar kerjanya yang fleksibel bisa disesuaikan dengan kebutuhan saat menyusun slip gaji. 


Baca Juga : Ternyata Segini Gaji Data Analyst Terbaru 2022, Menggiurkan Banget!


2. Buatlah Rencana Tabel 


Bagian terpenting lainnya yang tidak boleh dilewatkan dari pembuatan slip gaji adalah pada fase perencanaan tabel. Sejujurnya tahapan ini tidak terlalu sulit, namun harus menjadi perhatian khusus mengingat dokumen yang dibuat bukanlah dokumen sembarangan. Dalam menciptakan tabel ini lihatlah terlebih dahulu aspek-aspek yang dibutuhkan. Sebagai pertimbangan utama mengenai apa yang perlu dimasukkan bisa melihat database yang terlihat pada data perusahaan. Tanpa disadari, jika menyesuaikan antara database yang terdapat pada perusahaan dengan teks yang dituliskan akan terjadi sinkronisasi. 


Bila sudah mencapai fase ini bisa disimpulkan bahwa proses pembuatan slip gasi ini sudah berhasil dilakukan. Perlu dimengerti, setiap perusahaan memiliki database yang berbeda-beda, apalagi jika berkaitan dengan perusahaan. Pada dasarnya ini bukan sebuah masalah, namun harus disadari bahwa pembuatan tabel tidak serta merta harus sama seperti contoh yang ada di masyarakat. 


Sesekali cobalah untuk membuat tabel berdasarkan data yang benar-benar ada di kantor. Bila menginginkan  ingin memiliki slip gaji yang persis seperti buatan kantor bisa dengan menduplikatnya. Syarat agar duplikat ini berhasil adalah merancang desain yang sama persis. 


Baca Juga : Segini Gaji Shopee Food Driver Terbaru 2022, Menggiurkan!


3. Mulailah Mengarang Nominal 


Tidak sedikit orang yang terlalu berlebihan dalam mengarang slip gaji. Meskipun jatuhnya sub gaji yang dibuat ini bebas, cobalah menggunakan logika saat menentukan nominalnya. Beberapa orang seringkali berlebihan sehingga menimbulkan permasalahan yang tidak terduga di kemudian hari. 


Nominal yang dituliskan pada dasarnya akan jadi tolak ukur seseorang dalam mencairkan pinjaman. Sederhananya jika gajinya besar, maka pinjamannya akan bernominal tinggi. Pada hal yang demikian ini akan berlaku juga sebaliknya, sehingga perlu dipertimbangkan baik-baik. 


4. Periksa Ulang Data Yang Dimasukan 


Cara membuat slip gaji yang mudah 2022 selanjutnya adalah dengan memeriksa jenis data yang sudah dimasukkan. Sebenarnya tidak menuntut kemungkinan data yang dimasukkan ini belum tepat, makannya harus diperiksa kembali. Data yang masuk dan sudah terjamin akan menguntungkan resiko human error. Disamping itu data yang masuk akal akan menambah keakuratan dari slip gaji yang dicetak. Pastinya hal ini akan menjadi pertimbangan utama ketika mau mendapatkan pinjaman. 


5. Print Slip Gaji Yang Baru 


Langkah terakhir yang harus dilakukan, ketika semua tahapan tersebut selesai adalah mencetak slip gaji yang baru. Langkah mencetak slip gaji yang batu ini mudah karena sudah ada menu khusus di Excel yang akan bertindak sebagai tombol perintah. Berbicara masalah pencetakan dokumen, perlu diketahui bahwa tidak ada kriteria khususnya, melainkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan saat mencetak dokumen. Tombol kombinasi yang bisa digunakan untuk mengeprint pun juga sudah tersedia, yaitu dengan menekan tombol control dan tombol huruf "P" secara bersamaan. 


Setelah diselidiki lebih jauh ternyata cara membuat slip gaji yang mudah 2022 terbilang mudah. Asalkan Anda konsisten dalam menjalankan prosedur ini dari awal sampai akhir, maka untuk menciptakan slip gaji terbaru bukanlah sesuatu yang sulit. Pada intinya, gunakanlah Microsoft Excel untuk pembuatan slip gaji jika kesulitan gunakan alternatif software lainnya yang bisa mempermudah pembuatan slip gaji.