Ternyata Segini Gaji Data Analyst Terbaru 2022, Menggiurkan Banget! -->

Kategori Berita

.

Ternyata Segini Gaji Data Analyst Terbaru 2022, Menggiurkan Banget!

Faisol abrori
Jumat, 23 September 2022

 

gaji data analyst

Gaji Data Analyst - Pekerjaan yang menggiurkan bagi fresh graduate adalah data analyst. Data analyst merupakan salah satu jenis pekerjaan yang saat ini banyak lowongannya. Lalu pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah berapa gaji data analyst? Namun, sebelum kalian membaca artikel ini, berikut ada beberapa artikel seputar job yang harus kalian baca:


Baca: Persiapan Sebelum Interview Kerja, Siapkan 7 Hal Ini!

7 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar


Secara umum, data analyst ini adalah orang yang bertugas untuk menafsirkan sebuah data ke dalam informasi. Informasi tersebut nantinya digunakan untuk perusahaan sebagai pengembang produk yang akan dibuat. 


Mengenal Pengertian Data Analyst 



Data analyst merupakan profesi yang menggiurkan untuk sekarang, karena data merupakan salah satu kunci dari perkembangan sebuah perusahaan. Data yang didapatkan oleh data researcher ini tidak bisa langsung digunakan jadi perlu melakukan analisa terlebih dahulu. 


Selain itu, banyak juga orang yang mengira apakah data scientist itu sama dengan data analyst. Perbedaannya terdapat pada data yang didapatkan, jika seorang data scientist itu mencari data tanpa bantuan dari tools untuk menyimpulkan data. 


Berbeda dengan data analyst yang menggunakan bantuan tools untuk melakukan pencarian data. Data analyst juga biasanya menggunakan bahasa pemrograman seprti PHP, Tableau atau R. Selain itu, pekerjaan dari data scientist juga lebih kompleks dari data analyst. 


5 Manfaat Penting Sertifikasi Adobe Illustrator Untuk Kerja

10 Tips Optimasi Linkedin untuk Pemula, Catat Poin Pentingnya!


Jenis Data yang Dikerjakan Oleh Seorang Data Analyst 


Sebelum membahas tentang berapa gaji data analyst penting untuk mengetahui beberapa jenis data yang akan dianalisis. Jenis data ini nantinya akan digunakan untuk menganalisis data-data agar mendapatkan informasi yang akurat. Keempat data tersebut adalah sebagai berikut: 


1. Analisis Prediktif 


Analisis prediktif merupakan jenis metode yang digunakan oleh data analisis untuk kelanjutan dari data diagnostik dan deskriptif. Contohnya seperti data menunjukkan bahwa pada tahun 2020, pengunjung sebuah situs cenderung memilih produk B, dan produk A kurang diminati. 


Kemudian, seorang data analis akan melakukan analisa mengenai hal tersebut lalu memberikan datanya kepada bagian pemasaran. Nantinya bagian pemasaran akan melakukan cara agar produk A banyak pembelinya. 


2. Analisis Preskriptif 


Ada lagi yang namanya analisis preskriptif, merupakan analisis lanjutan dari analisis sebelumnya yaitu prediktif. Berdasarkan analisa menggunakan jenis metode ini, seorang data analyst akan memberikan beberapa rekomendasi untuk dilakukan oleh divisi pemasaran. 


3. Analisis Diagnostik 


Berikutnya adalah analisis diagnostik yang merupakan sebuah metode untuk mengetahui alasan mengapa data tersebut muncul. Contohnya adalah ketika ada seorang konsumen lebih suka berkunjung ke situs tertentu, berarti situs tersebut lebih menarik dari situs lainnya. 


4. Analisis Deskriptif 


Terakhir adalah analisis deskriptif merupakan sebuah metode yang dilakukan oleh seorang data analisis dalam kurun waktu tertentu. Misalnya adalah, seorang data analis melakukan analisa terhadap pengunjung sebuah situs di tahun 2020. 


Data deskriptif tersebut nantinya akan menghasilkan kesukaan konsumen, kebutuhan konsumen dan alasan mengapa situs sulit dioperasikan. Setelah selesai mendapatkan data tersebut, data analis akan memberikan hasilnya ke divisi tertentu. 


Berapa Gaji Data Analyst Terbaru 2022


Seorang data analyst ini memiliki beberapa tingkatan dan gajinya juga berbeda-beda. Tingkatan ini tergantung dari berapa lama pengalaman mereka menjadi seorang data analis. Berikut ini daftar gaji data analyst


1. Pemula 


Kategori pemula ini khusus untuk seorang data analis yang pengalamannya kurang dari 4 tahun atau seorang fresh graduate. Walaupun masih seorang pemula, Anda bisa mendapatkan gaji mulai dari 3.5 juta sampai 7 juta rupiah. 


2.  Junior 


Kategori junior ini merupakan data analis yang sudah bekerja selama 5 sampai 8 tahun. Kategori junior ini tentu sudah memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan. Adapun gajinya adalah 9 sampai 15 juta. 


3. Senior 


Sesuai dengan kategorinya, kategori senior ini khusus untuk seorang data analis yang sudah bekerja selama lebih dari 10 tahun. Semakin tinggi jabatannya, semakin besar pula tugasnya, selain itu gajinya juga bisa mencapai 30 juta. 


Menggiurkan sekali bukan setelah melihat gaji data analyst 2022? Bagi Anda yang tertarik menjadi seorang data analis tentu ada skill yang harus dibutuhkan seperti statistika, visualisasi data, mengoperasikan SQL dan sebagainya.