Ternyata Segini Kisaran Gaji Tukang Parkir Pesawat, Capai Ratusan Juta Per Tahun! -->

Kategori Berita

.

Ternyata Segini Kisaran Gaji Tukang Parkir Pesawat, Capai Ratusan Juta Per Tahun!

Faisol abrori
Sabtu, 24 September 2022

  


Gaji Tukang Parkir Pesawat - Siapa bilang tukang parkir tidak bisa menjadi kaya raya? Anda harus tahu bahwa walaupun berprofesi sebagai tukang parkir pesawat, gajinya besar lho! Profesi yang juga dikenal dengan marshaller akhir-akhir ini sedang ramai diperbincangkan. 


Masih ada beberapa orang yang tidak tahu berapa gaji dari seorang marshaller. Walaupun ada kata ‘tukang parkir’, pekerjaan ini tidak bisa dianggap enteng. Berbeda dengan tukang parkir motor atau mobil, tukang parkir pesawat memiliki tanggung jawab yang lebih besar. 


Baca Juga : Gaji Magang Bakti BCA Terbaru 2022, Segini Nominalnya!


Tugas Utama Tukang Parkir Pesawat 


Setiap bandara tentunya membutuhkan tukang parkir pesawat untuk memandu pesawat yang akan tiba. Tentunya ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang marshaller yaitu memberikan arahan yang tepat. 


1. Memandu Pilot 


Tugas utama dari seorang tukang parkir pesawat adalah memandu pilot. Sama seperti tukang parkir mobil atau motor, seorang marshaller harus bisa memandu pilot untuk memarkirkan pesawat di tempat yang aman dan tepat. 


Caranya memandu adalah dengan menggunakan gerakan badan, tetapi gerakannya khusus yang bisa dimengerti oleh pilot. Selain itu, marshaller harus memastikan bahwa tempat parkir aman dari benda apa pun. 


Hal yang paling unik adalah, ketika cuaca sedang tidak mendukung seperti adanya badai atau hujan, tukang parkir pesawat harus tetap menjalankan kewajibannya. 


Baca juga : Ternyata Segini Gaji Data Analyst Terbaru 2022, Menggiurkan Banget!


2. Menjaga Jalur Koordinasi 


Tidak hanya memandu pilot saja, seorang marshaller juga harus bisa memastikan jalur koordinasi untuk lepas landas dan pendaratan pesawat aman. Sebelum melakukan pendaratan, biasanya pilot akan berkomunikasi dengan tenaga teknis perawatan. 


Setelah itu, pihak tenaga teknis perawatan nantinya akan langsung menghubungi marshaller agar bisa bersiap-siap untuk memarkirkan pesawat yang datang. Adapun untuk jam kerjanya adalah 13 jam setiap hari dan hanya boleh memarkirkan maksimal 5 pesawat saja. 


Gaji Tukang Parkir Pesawat 


Umumnya, setiap daerah memberikan gaji yang berbeda-beda kepada marshaller dan besarannya sesuai dengan UMR daerah itu. Adapun kisaran gaji per tahunnya mulai dari Rp500 juta sampai dengan Rp1 miliar. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 


1. Gaji Tergantung Pihak Maskapai 


Tidak semua marshaller mendapatkan gaji yang sama karena tergantung dari pihak maskapainya. Gajinya bisa bervariasi di setiap maskapai, karena setiap maskapai memiliki kebijakan yang berbeda-beda. 


2. Sesuai dengan Kapasitas Negara 


Selain dipengaruhi oleh kebijakan di setiap maskapai, gaji marshaller juga dipengaruhi dari kapasitas sebuah negara. Negara tentunya sudah memiliki peraturan terkait gaji yang akan diterima oleh setiap marshaller. Beberapa negara tetangga mungkin bisa memberikan gaji fantastis kepada pegawainya, akan tetapi situasi di Indonesia bisa berbeda. 


3. Jam Terbang dan Pengalaman 


Hal terakhir ini juga sangat berpengaruh pada gaji yang akan diterima seorang marshaller. Marshaller yang baru bekerja dan belum punya pengalaman akan mendapatkan jumlah gaji yang berbeda dengan marshaller senior. Jadi, jika ingin mendapatkan gaji yang tinggi sebagai marshaller, kumpulkan terus pengalaman dan jam terbang karena keahlian merupakan kuncinya. 


Baca juga : Segini Gaji Guru Penggerak 2022 yang Harus Kamu Ketahui!


Syarat Menjadi Marshaller 


Bagi Anda yang memang tertarik untuk melamar menjadi tukang parkir pesawat bisa memenuhi persyaratan di bawah ini: 


  • Usia minimal 18 tahun dan maksimalnya 25 tahun 
  • Tinggi badan pria 165-170 cm, sedangkan wanita 158-160 cm
  • Sehat jasmani dan rohani 
  • Memiliki berat badan ideal sesuai dengan body mass index (BMI) 
  • Pendidikan terakhir SMA sederajat 
  • Mengikuti pelatihan khusus untuk membaca sinyal
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik 
  • Jika memiliki mata minus yang tidak parah, diperkenankan untuk melamar 


Sama seperti profesi lainnya, semakin tinggi jam terbangnya semakin besar juga gaji yang didapat sebagai marshaller. Sepertinya marshaller adalah salah satu pekerjaan yang menjanjikan untuk masa depan.