Tips Belajar Mengendarai Mobil yang Aman Bagi Pemula -->

Kategori Berita

.

Tips Belajar Mengendarai Mobil yang Aman Bagi Pemula

Faisol abrori
Kamis, 15 September 2022



Bagi sebagian orang, belajar menyetir mobil adalah hal yang sulit. Apalagi jika mobil yang digunakan adalah jenis manual. Mobil ini terkenal sulit karena perlu adanya sinkronisasi antara kita kopling dengan gigi yang dimasukkan. Jika salah, mesin mobil bisa tiba2 mati atau bahkan membahayakan pengendara. 


Berkendara tanpa mempelajari secara benar tentu bisa membawa celaka untuk diri sendiri serta pengendara atau orang lainnya. Untuk menghindari kemungkinan tersebut, berikut adalah beberapa tips untuk belajar menyetir mobil: 


1. Memahami Seluruh Fungsi dari Fitur Mobil


Sebelum mengendarai mobil lebih jauh, sebaiknya pengendara pemula mengetahui segala fungsi dari fitur mobil yang akan dikendarai. Hal ini menjadi tips belajar mengendarai mobil yang pertama agar cepat mahir serta aman. Fitur pertama yang perlu dipahami adalah fungsi kopling gas, gigi, dan rem. 4 fitur ini adalah fitur utama agar mobil bisa berjalan. 


Selain 4 fitur utama tersebut, terdapat fitur mobil lainnya yang tidak kalah pentingnya. Seperti setir mobil, rem tangan, lampu sein, klakson dan masih banyak lagi. Jika sudah memahami semua fungsinya, tentu mengendarai mobil menjadi lebih mudah. Dan juga dapat mengurangi rasa grogi saat berkendara untuk pertama kalinya. 


Baca : Inilah Arti dari Lampu Indikator Radiator Mobil, Simak Penjelasannya!


2. Memilih Mobil yang Tepat


Dalam cara kerja nya, mobil terbagi menjadi 2, yaitu bekerja secara manual dan otomatis. Ada yang berpendapat bahwa sebaiknya menggunakan mobil manual saat pertama kali belajar mobil. Karena jika bisa mengendarai mobil manual secara otomatis bisa mengendarai mobil matic. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh fitur mobil manual yang lebih beragam dibanding matic. 


Belajar mobil manual dapat melatih pemula untuk lebih memahami fungsi dari masing-masing fitur dan komponen mobil. Jika sudah terlatih, pengendara tidak perlu bingung lagi jika mengendarai mobil jenis apapun. Karena sudah otomatis mampu untuk mengendarainya secara baik dan benar. 


Baca : Ingin Beli Mobil Dengan Harga Terbaik? Lakukan Tips Ini


3. Mengendarai dengan Perlahan


Tips selanjutnya untuk pemula yang ingin belajar berkendara adalah dengan mengendarainya secara perlahan. Hal ini untuk menghindari resiko celaka karena pemula belum memiliki feeling sebanyak apa perlu menginjak gas agar mobil berjalan. Jika tidak dilakukan perlahan, dikhawatirkan akan menimbulkan celaka baik pengendara maupun orang disekitarnya. 


Selain itu, berkendara dengan perlahan bisa melatih fokus dan konsentrasi pemula. Selain itu, ketenangan juga mempengaruhi hasil berkendara nantinya. Dengan sikap tenang, pemula bisa menggunakan fungsi fitur yang ada seperti waktu untuk memindahkan gigi, waktu mengerem, serta fungsi lainnya dengan baik dan juga aman. 


Baca : 5 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas, dari Radiator Hingga Oli


4. Memposisikan Diri dengan Nyaman


Agar ilmu berkendara bisa diimplementasikan dengan baik, pengendara perlu menyamankan dirinya di dalam mobil tersebut. Rasa tenang dan rileks akibat posisi yang nyaman membuat pengendara bisa lebih fokus dalam berkendara. Jika posisinya tidak nyaman, pengendara tentu akan kesulitan untuk mengendarai mobil tersebut.


Contohnya seperti posisi duduk yang terlalu dekat dengan setir mobil atau posisi kaki terlalu jauh dari pedal. Hak tersebut tentu bisa mempengaruhi kualitas berkendara. Posisi yang tidak nyaman bisa mengganggu fokus yang dapat berakibat pada keselamatan pengendara ataupun orang lain yang ada di sekitar mobil. 


Baca : 6 Cara Merawat Radiator Mobil yang Benar


5. Berlatih secara Terus Menerus dan Tekun


Dan tips yang dalam mengendarai mobil bagi pemula adalah berlatih secara terus menerus dan tekun. Ketika mempelajari hal yang baru tentu perlu berlatih berkali-kali, konsisten, dan tekun agar bisa cepat menguasainya. Begitu pula ketika baru mempelajari cara mengendarai mobil. Selain tekun, sabar juga menjadi kunci agar bisa berkendara dengan mahir dan juga aman serta nyaman. 


Itulah tips-tips belajar menyetir mobil bagi pemula yang wajib diperhatikan. Sebelum berkendara, seseorang perlu mempelajari dan memahami segala aspek yang terdapat pada mobil serta peraturan yang ada di jalan. Agar saat berkendara tidak membahayakan serta nyaman bagi orang lain maupun diri sendiri.