5 Lukisan Paling Menyeramkan dari Pelukis Terkenal Dunia -->

Kategori Berita

.

5 Lukisan Paling Menyeramkan dari Pelukis Terkenal Dunia

Faisol abrori
Sabtu, 15 Oktober 2022


Lukisan Paling Menyeramkan di Dunia - Lukisan adalah bentuk ekspresi apa yang dipikirkan oleh seorang pelukis. Bisa jadi jika suasana hatinya sedang tidak baik-baik saja, seorang pelukis menuangkannya ke dalam canva dan menghasilkan lukisan yang menyeramkan. Energi seram lukisan ini bisa dirasakan oleh semua penikmat karyanya. Lantas apa saja lukisan paling menyeramkan yang pernah dibuat oleh pelukis terkenal?


1. The Scream 1893


source: penstring.com


Lukisan buatan seniman Edvard Munch ini berjudul the Scream atau teriakan. Pada lukisan tersebut digambarkan seseorang sedang berteriak sambil memegangi kepalanya. Terlihat jelas sosok tersebut sangat ketakutan akan sesuatu. Pemilihan warna yang mencolok pada lukisan ini membuatnya menjadi lebih menarik.


2. Lukisan Tanpa Judul 1975


source: twitter


Seniman asal Polandia bernama Zdzislaw Beksinski dijuluki sebagai seniman mimpi buruk. Hal ini tidak terlepas dari kebiasaan dalam membuat lukisan-lukisan horor. Biasanya dirinya membuat lukisan dengan pemandangan bumi dilanda bencana hebat dan menyebabkannya porak-poranda.


Salah satu lukisannya yang terkenal pada tahun 1975 adalah lukisan tanpa judul. Dirinya memang memiliki kebiasaan tidak memberikan judul pada hasil lukisannya hal ini agar setiap penikmat lukisannya bisa memberikan makna tersendiri dari lukisan yang dilihat.


Lukisan satu ini, menggambarkan seseorang dengan badan hitam dan kepala ditutupi oleh perban putih. Sosok itu sedang merangkak ke depan dengan background menyeramkan. Semua orang yang melihat lukisan ini akan merasa merinding sekaligus takjub.


3. Head of Medusa 1618


source: wikipedia.org


Medusa merupakan sosok mitologi Yunani Kuno. Dulunya dirinya digambarkan sebagai seorang wanita cantik, namun karena kesuciannya di nodai oleh Poseidon sehingga medusa dikutuk oleh Athena sebagai sosok berambut ular.


Karena menjadi sosok yang sangat khas sehingga banyak seniman yang tertarik untuk membuat karya seni tentang sosok Medusa. Salah satunya adalah peter Paul Rubens, pada tahun 1618 dirinya membuat lukisan yang menampilkan kepala Medusa terpisah dari tubuh dan tatapan tajam penuh dengan ular di kepalanya. Karya seni ini akan memberikan kesan ngeri pada orang yang melihatnya.


4. Lucifer 1891


source: arthistoryproject.com


Lucifer merupakan nama yang berteman dekat dengan iblis dan setan. Hal ini membuat Lucifer penuh dengan citra negatif dan cenderung digambarkan sebagai sosok yang sesat. Salah satu karya seni tentang Lucifer dibuat oleh Franz Von Stuck.


Dalam karya satu ini, Lucifer digambarkan sebagai sosok yang penuh dengan rasa amarah dan kebencian. Jika anda melihat sosok ini maka anda akan merasa seolah-olah diri anda sedang menjadi sasaran amarah Lucifer.


5. Mad Kate 1806


source: pinterest.cl


Seniman heinrich Fussli pada tahun 1806 membuat lukisan dengan judul Mad Kate. Lukisan ini menggambarkan seorang wanita berbaju putih dengan background hitam. Sosok ini terlihat sedang melihat ke arah penonton.


Secara kasat mata lukisan ini sangatlah indah dan sosok kare sangat cantik. Namun jika diamati lebih dalam anda akan tahu bahwa sosok dalam lukisan ini terlihat aneh dan tidak normal. Misalnya saja di bagian mata dari sosok Kate, terlihat berbeda dan tidak melihat ke arah yang sama.


Itulah beberapa karya seni paling menyeramkan dari para seniman terkenal yang pernah dibuat. Meskipun tampak menyeramkan namun banyak sekali pesan yang tidak tersirat di dalamnya yang harus dilihat oleh penonton. Semua karya seni tadi menggambarkan isi hati dan isi kepala dari seniman yang membuatnya. Faktor lingkungan juga mempengaruhi seorang seniman dalam berkarya.