7 Cara Menghilangkan Batuk Yang Mengganggu -->

Kategori Berita

.

7 Cara Menghilangkan Batuk Yang Mengganggu

Faisol abrori
Selasa, 11 Oktober 2022


Batuk yang terus menerus tentunya sangat mengganggu penderitanya. Namun tahukah anda bahwa ada Cara Menghilangkan Batuk yang Mengganggu dengan cepat dan tepat? Simak informasi dibawah ini untuk mengetahui bagaimana caranya :


1. Memperbanyak Minum Air Putih Hangat


Pertama, anda harus memperbanyak minum air terutama air putih dengan suhu yang hangat. Ketika sedang batuk terutama batuk berdahak tentunya anda akan kesulitan bernafas dan terasa sesak.


Jika anda sedang batuk berdahak bisa jadi disebabkan oleh dahak yang ada di hidung kemudian mengalir ke bagian belakang tenggorokan. Dengan mengkonsumsi air putih hangat bisa membantu mengencerkan lendir tersebut sehingga dapat keluar dengan mudah.


2. Berendam Di Air Hangat


Sebagian besar orang berpikir bahwa ketika sedang batuk tidak boleh mandi meskipun menggunakan air hangat. Padahal pendapat ini tidaklah sepenuhnya benar, karena sebenarnya mandi dengan air hangat dapat membantu menghilangkan batuk yang membantu.


Hal ini karena uap air yang berasal dari air hangat bisa membantu melegakan saluran pernafasan. Ini artinya dapat membantu melonggarkan sekresi lendir yang ada di hidung, hal ini bisa membantu batuk menjadi berkurang.


3. Menjaga Kelembaban Udara


Udara yang kering dan kotor bisa menjadi pemicu terjadinya alergi rhinitis yang menyebabkan gejala batuk. Oleh karenanya, cobalah menggunakan humidifier untuk membuat udara ruangan menjadi tetap lembab sehingga alergi rhinitis tidak mendera anda. Selain menggunakan alat tersebut anda bisa membersihkan lingkungan dan memastikan sirkulasi udara baik sehingga penyebab batuk tidak muncul.


4. Mengkonsumsi Jahe


Jahe dikenal untuk menghangatkan badan selain itu jahe dikenal sebagai anti inflamasi yang bisa meredakan batuk. Ketika anda batuk maka cara menghilangkan batuk yang mengganggu

 

Adalah dengan mengkonsumsi air seduhan jahe.  Senyawa inflamasi didalamnya membantu melonggarkan selaput di saluran udara sehingga mengurangi intensitas ketika batuk.


5. Memperbanyak Istirahat


Bias jadi serangan batuk sebagai signal bahwa badan anda sedang tidak baik-baik saja atau lelah. Oleh karenanya pastikan anda sudah istirahat dengan cukup agar tidak terserang batuk. Ketika Batuk terlanjur melanda maka istirahatkan lah badan dan kurangi kegiatan yang melelahkan. Istirahat disini yaitu benar-benar tidak melakukan hal-hal yang berat juga tidak bergadang.


6. Berkumur Dengan Air Garam


Selain bisa membantu meredakan ketika sakit gigi, air garam juga bisa membantu menghilangkan batuk secara alami. Caranya adalah dengan memasukan garam kedalam larutan air kemudian gunakan untuk berkumur. Hal ini akan membantu mengencerkan dahak yang menggumpal dan membersihkan zat alergen yang ada di dalam mulut sehingga batuk reda.


7. Perasan Jeruk Nipis


Jeruk nipis sangat dikenal dalam membantu meredakan batuk baik berdahak ataupun kering. Cara penggunaan jeruk nipis untuk obat batuk adalah dengan memeras sedikit jeruk nipis kemudian campurkan ke dalam air dan dikonsumsi. 


Cairan ini bisa bekerja dengan maksimal jika anda juga menghindari penyebab–penyebab batuk seperti debu dan kotoran. Oleh karenanya gunakanlah masker ketika bepergian di luar rumah.


Itulah beberapa cara menghilangkan batuk yang mengganggu yang bisa dilakukan. Jika batuk semakin parah dan tidak reda maka tidak ada salahnya untuk pergi menemui dokter terdekat agar segera mendapatkan pertolongan.


Bisa jadi batuk yangs edang dialami adalah pertanya adanya sakit lainnya yang tidak terlihat. Oleh karenanya segeralah atasi dengan tepat dan cepat sehingga tidak mengganggu pekerjaan.