Bukan Main! Ga Nyangka Karya Kreatif Ini Ternyata Terbuat dari Kayu -->

Kategori Berita

.

Bukan Main! Ga Nyangka Karya Kreatif Ini Ternyata Terbuat dari Kayu

Faisol abrori
Senin, 17 Oktober 2022


Sejak dahulu kala, kayu sudah dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam benda. Seperti perabotan rumah, patung dan lainnya. Sayangnya, seiring perkembangan Zaman penggunaan kayu mulai tersisihkan dengan benda lain seperti plastic dan logam yang dinilai lebih awet digunakan.


Meskipun mulai tersisihkan, tidak membuat penggunaan Kayu terhenti begitu saja. Masih ada banyak orang yang memilih kayu untuk membuat benda yang unik dan menarik. Berikut ini beberapa hasil karya kreatif dari bahan kayu yang bisa disaksikan:


1. Buku Dari Kayu


pinterest


Buku yang selama ini digunakan memang berasal dari kayu yang diolah menjadi kertas yang disatukan. Karena jika tidak ada kayu maka berarti tidak ada buku didunia ini. Buku satu ini juga berasal dari bahan kayu, namun berbeda dengan buku Codex Silenda ini.


Buku satu ini berbeda dengan buku pada umumnya. Kayu yang digunakan sebagai bahan membuat buku bukanlah kayu yang sudah diolah namun kayu yang masih berwujud balok triplek. Sangat menarik bukan?


Pemilik ide buku ini adalah Bardy Whitney. Dirinya pada awalnya menggalang dana untuk mendukung terciptanya buku ini. Buku Codex Silenda memiliki macam-macam teka-teki yang bisa dimainkan sehingga tidak akan membuat bosan penggunaannya.


2. Torpedo Kayu


Brilio


Torpedo merupakan misil yang bergerak sendiri, senjata ini sering digunakan dalam perang di laut. Ketika torpedo mengenai kapal sasaran maka akan meledak dan menenggelamkan kapal sasarannya itu. Senjata satu ini memang biasa ada di kapal selam.


Biasanya torpedo terbuat dari logam karena lebih berat dibandingkan dengan air. Namun pada perang dunia kedua, miler inggris memiliki ide dengan membuat torpedo dari bahan kayu. Meskipun demikian pembuatan torpedo ini bukan ditujukan untuk digunakan dalam peperangan melainkan untuk keperluan uji coba dalam latihan perang.


Dalam percobaan tersebut, sebuah pesawat terbang di dekat laut kemudian menjatuhkan torpedo. Selanjutnya, pihak angkatan laut akan menganalisa apakah taktik ini efektif dalam peperangan atau tidak. Perlu diketahui karena torpedo kayu ini hanya digunakan untuk uji coba sehingga tidak dilengkapi dengan bahan peledak.


3. Gedung Pencakar Langit


Source : archdaily


Gedung pencakar langit umum didapatkan di kota-kota besar. Hadirnya gedung pencakar langit untuk mengatasi permasalahan keterbatasan lahan. Maka jangan heran bila gedung pencakar langit bisa mencapai ratusan meter tingginya.


Agar gedung tersebut tidak mudah runtuh biasanya gedung pencakar langit didirikan dari bahan beton yang kokoh. Namun berbeda dengan gedung satu ini, gedung bernama T3 yang terbuat dari bahan kayu sebagai bahan penyusunnya.


Letaknya berada di Minneapolis Amerika Serikat. Memiliki 7 lantas dan diberi nama T3 yang merupakan singkatan dari Timber, Technology and Transit.


4. Pakaian Kayu


dailymail.co.uk


Hasil karya kreatif dari kayu yang terakhir adalah pakaian. Karya satu ini dibuat oleh Fraser Smith yang merupakan pemahat kayu profesional asal Amerika Serikat. Dirinya dikenal sebagai pencipta hasil pahatan yang sangat mirip dengan benda aslinya.


Salah satu hasil karya Fraser yang sangat terkenal adalah American Jacket. Benda satu ini merupakan pahatan yang terlihat seperti jaket asli dengan motif bendera Amerika Serikat. Banyak orang yang terkecoh dengan hasil karya ini, karena mereka mengira bahwa ini adalah jaket asli.


Itulah beberapa hasil karya kreatif yang terbuat dari kayu. Ide-ide ini muncul dari orang-orang yang kreatif dalam merealisasikan idenya. Anda tertarik membuat salah satu ide unik diatas?