Cara Memilih Bahan Bakar yang Tepat untuk Mobil Suzuki Anda -->

Kategori Berita

.

Cara Memilih Bahan Bakar yang Tepat untuk Mobil Suzuki Anda

Faisol abrori
Minggu, 09 Oktober 2022

memilih bahan bakar untuk mobil suzuki


Bahan bakar yang beredar di Indonesia seperti Premium, Pertalite dan Pertamax  memiliki varian yang berbeda-beda. Perbedaan pada setiap jenis atau varian bahan bakar ditentukan oleh nilai oktan, atau sering biasa disebut RON. Istilah RON sendiri merupakan singkatan dari  Research Octane Number. Singkatnya RON adalah hasil mengukur kinerja bahan bakar bensin, yaitu seberapa banyak kompresi bahan bakar bensin dapat bertahan sebelum meledak. Mesin kendaraan bensin dengan rasio kompresi yang tinggi membutuhkan bahan bakar dengan angka RON yang lebih tinggi.

 

Setiap model mobil memiliki kompresi yang berbeda-beda, tak terkecuali mobil Suzuki. Karenanya, setiap mobil juga memiliki spesifikasi bahan bakar yang berbeda pula yang biasa disebut dengan nilai minimum RON. Ini merupakan standar yang dibutuhkan mesin untuk melakukan pembakaran dengan bahan bakar yang sesuai dengan rasio kompresi dari piston.


Sebagai pemilik mobil Suzuki Arena yang kerap jadi kendaraan andalan keluarga, tentunya Anda juga ingin tahu jenis bahan bakar yang cocok untuk mobil ini. Bagaimana cara memilih bahan bakar yang tepat untuk mobil Suzuki Anda? Cari tahu caranya di sini:


Cari Tahu Berapa Nilai RON BBM 


Seperti dibahas sebelumnya, nilai oktan adalah nilai besar tekanan yang diberikan sebelum BBM terbakar secara mendadak dalam proses pembakaran di dalam mesin. Semakin tinggi RON, semakin semakin besar pula tenaga yang dihasilkan. Begitu juga dengan rasio kompresi mesin, semakin besar maka hasil tenaganya juga akan semakin besar. 


Saat ini di pasaran telah tersedia berbagai pilihan jenis bahan bakar, mulai dari RON 88 yang terendah sampai tertinggi yaitu RON 98. Selain nilai RON, untuk mencari bahan bakar yang cocok juga perlu sistem pendinginnya. 


Cari Tahu Rasio Kompresi Mesin


Rasio kompresi mesin adalah istilah teknis yang menunjukkan perbandingan antara volume silinder ketika piston berada di titik terendah dengan titik piston saat berada di titik paling atas. Untuk mengetahui angka rasio kompresi mesin  mobil yang Anda miliki, Anda harus memeriksa di buku manual atau Buku Pedoman Pemilik yang biasanya diperoleh saat membeli kendaraan.


Kendaraan yang tinggi rasio kompresinya, biasanya memerlukan bahan bakar yang nilai oktannya lebih besar. Sekadar informasi, rasio kompresi mesin merupakan nilai yang menandakan perbandingan volume ruang pembakaran yang berasal dari kapasitas terbesar ke kapasitas terkecil.


Perhatikan tabel di bawah ini, dan temukan nilai oktan yang cocok dengan kompresi mesin mobil Anda

 

Nilai Oktan / RON

Rasio Kompresi

88

90

92

95

98

7-8 : 1

9-10 : 1

10-11 : 1

11-12 : 1

13:1

 

Contohnya jika mobil Suzuki Anda adalah mobil APV Arena yang memiliki kompresi sebesar 9,5 : 1. Ini artinya bensin yang digunakan harus memiliki minimal oktan 90 atau setara dengan Pertalite. Itulah cara singkat yang bisa dilakukan untuk mencari tahu bahan bakar yang cocok untuk mobil Suzuki Anda. Cari tahu tips dan trik seputar mobil Suzuki lainnya di www.suzuki.co.id/tips-trik