Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Cara Mendaftarkan Merek Dagang Untuk Perusahaan

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Kamis, 13 Oktober 2022


Hak kekayaan cendekiawan atau umum disebutkan haki ialah hak terbatas yang mengambil sumber hasil dari aktivitas cendekiawan manusia. Tentu saja ini mempunyai faedah ekonomi didalamnya. Objek haki sendiri sebagai cara mendaftarkan merek dagang patendo.com dan ciptaan atau kreasi yang dari kekuatan cendekiawan manusia.


Kenapa haki termasuk dalam hak eksklusif?


Ini karena hak kekayaan cendekiawan cuma diberi secara eksklusif pada seseorang atau barisan yang membuat kreasi cipta yang cara mendaftarkan merek dagang barusan . Maka si pembuat kreasi dapat memperoleh faedah ekonomis dari kreasi itu.


Jenis-jenis hak kekayaan intelektual


Indonesia lewat djki (direktorat jenderal kekayaan cendekiawan) membandingkan haki dalam dua tipe yakni hak cipta dan hak kekayaan industri. Kita akan mengulas ke-2 nya dengan singkat dalam pembahasan berikut ini:


Hak cipta


Hak cipta ialah hak terbatas yang dipunyai oleh pemegang hak cipta untuk atur pemakaian kreasi ciptanya. Dimulai dari umumkan, perbanyak cara mendaftarkan merek dagang serta memberikan ijin faksi lain untuk memakai kreasinya.


Tipe haki yang ini dapat disebut mempunyai ruang cakup object diproteksi dengan lingkup paling luas. Ini karena program computer, ilmu dan pengetahuan, seni dan sastra masuk ke dalamnya.


Contoh riil dari produk yang ciptaannya diproteksi oleh hak cipta ialah seni batik, lagu atau musik, sinetron, tarian, arsitektur, peta, photografi, alat peraga,buku, program computer dan lain-lain.


Hak kekayaan industri


Berlainan dengan hak cipta, hak kekayaan industri terbagi dalam beberapa turunan yakni hak paten, hak atas merk, design industri dan tanda-tanda geografis.


Untuk hak paten ini dapat anda saksikan pada contoh penemuan tehnologi tertentu yang diterapkan pada produk . Maka, penemu tehnologi barusan memiliki hak memakai tehnologi barusan atau memberi ijin pada pihak lain untuk memakainya. Tentu saja, sang pemilik paten akan mendapatkan faedah ekonomis dari aktivitas ini.


Selanjutnya, hak atas merk mengarah pada pemakaian terbatas merk yang sudah didaftarkan . Maka misalnya merk adidas, karena itu cuma pemilik hak merk lah yang dibolehkan menandai produknya dengan merk itu dan memberikan jika produk itu orisinal.


Lalu, design industri di sini sebagai design ciri khas yang dipunyai oleh satu merk. Misalnya merk rolex mempunyai design arloji ciri khas yang membandingkannya dengan merk lain.


Paling akhir ialah tanda-tanda geografis. Anda pasti kerap menyaksikan pertanda "bikinan germany", "bikinan korea" dan lain-lain. Ini ialah kategorisasi tanda-tanda geografis produk yang memperlihatkan darimanakah sang produk berasal. Ini perlu tercantum karena kadang factor geografis memperlihatkan rekam jejak dan kualitas produk tersebut.


Simbol-simbol terkait hak kekayaan intelektual


Semua kreasi yang telah tercatat haki-nya mempunyai simbol-simbol khusus. Simbol-simbol ini dapat anda saksikan secara mudah di dekat nama produk yang berada di pasaran. Apa simbol-simbol itu?


Tm (trade mark)


Lambang pertama ialah tm sebagai pertanda untuk merk dagang. Bila anda menyaksikan lambang ini karena itu maknanya produk atau merk itu sedang pada proses ekstensi periode haki atau proses pengajuan pemilikan.


Sm (servis mark)


Lambang ini sebagai lambang dari pemilikan haki yang dipakai untuk mengidentifikasi beberapa suara tertentu. Misalnya ialah beberapa suara unik yang ada pada suatu film. Suara unik ini tidak dapat dipakai di film lain tanpa izin pemiliknya.


R (registrasied mark)


Bila satu produk atau merk mempunyai pertanda ini karena itu maknanya mereka telah tercatat haki-nya.


C (copyright)


Lambang paling akhir ini memperlihatkan pemilikan hak cipta atau umum disebutkan copyright . Maka, siapa saja yang ingin lakukan pempublikasian pada kreasi ini harus memberikan nama pemilik hak cipta.

>