Ga Nyangka! Benda Bersejarah Palsu Ini Pernah Dipajang di Museum Terkenal -->

Kategori Berita

.

Ga Nyangka! Benda Bersejarah Palsu Ini Pernah Dipajang di Museum Terkenal

Faisol abrori
Rabu, 19 Oktober 2022


Di museum sering kita temukan benda-benda bersejarah dengan nilai yang sangat fantastik. Karena nilainya yang mahal membuat orang memanfaatkannya untuk menjual benda tiruan untuk memperkaya diri sendiri. Beberapa diantara benda tiruan atau palsu ini pernah dipajang di museum ternama. Apa saja benda tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini:


1. Gulungan Laut Mati


intisari.grid.id


Gulungan laut mati merupakan sebuah manuskrip yang ditemukan di dekat laut mati. Menggunakan bahasa Yahudi dan diperkirakan memiliki usia sekitar 2.000 tahun. Gulungan ini menjadi bukti sejarah yang amat penting bagi agama Yahudi dan Kristen karena memuat informasi tentang Kitab Injil.


Lembarangan ini tadinya berada di Museum Israel, namun sebagian lainya berada di tangan kolektor di luar Israel. Pada tahun 2018 diadakan penelitian terkait lembaran ini. Kemudian ada beberapa lembaran yang ternyata palsu. Pihak museum pun langsung mengkonfirmasi dan mengatakan tidak akan memajang gulungan laut mati yang palsu.


2. Jam Saku Peter Henlein


tokopedia


Peter henlein merupakan sosok penting dibalik terciptanya jam tangan kecil. Pada awalnya semua jam memiliki ukuran besar kemudian dimodifikasi oleh Peter sehingga ukurannya menjadi kecil. Dirinya hidup sekitar tahun 485 sampai 1542 dan memang namanya kurang terkenal.


Karya tersebar dari peter merupakan jam pertama hasil ciptaannya yang dipajang di Germanisches Nationalmuseum Jerman. Meskipun sudah berada di museum tersebut cukup lama, ternyata belakangan ini diketahui bahwa jam tersebut palsu. Karena dari tandanya terlihat bawah jam tersebut baru dibuat setelah Peter meninggal.


3. Mumi Persia


blibliotika


Benda palsu berikutnya yang pernah tersimpan di museum terkenal Pakistan. Benda tersebut merupakan Mumi yang ditemukan oleh warga lokal, rencananya benda ini akan dijual senilai 35 juta poundsterling. Namun rencana tersebut gagal karena polisi Pakistan mengeledahnya dan mengambil benda yang diyakini sebagai Mumi ini.


Sempat menjadi perebutan pengakuan dari museum pakistan dan afganistan karena penemuan Mumi ini berada di perbatasan kedua Negara ini. Namun setelah diteliti lebih lanjut ternyata yang dikira Mumi dengan usia 2.600 tahun hanyalah peta mati biasa yang didalamnya terdapat jasad wanita dan diyakini sebagai korban pembunuhan.


4. Raksasa Cardiff


kaskus


Bayangkan jika tersebar kabar bahwa ada jasa manusia sepanjang 3 meter? Tentunya ini akan menjadi perhatian banyak orang. Mengingat bahwa tinggi maksimal manusia pada umumnya hanya 2 meter saja. Jasa manusia yang memiliki tinggi lebih dari rata-rata ini diberi nama Raksasa Cardiff dan ditemukan di wilayah Amerika Serikat.


Penemuan raksasa ini terjadi pada tahun 1869 ketika sekelompok orang sedang menggali sumur. Pada awalnya mereka mengira bahwa itu adalah jasad suku indian yang berukuran besar dan membantu.


Namun ternyata, jasad yang ditemukan tersebut hanyalah sebuah patung buatan William. Patung tersebut dibuat untuk menghina kaum Kristen Metodis masa lampau yang percaya bahwa ada manusia raksasa yang menghuni bumi. Patung tersebut juga digunakan untuk memungut bayangan orang-orang yang ingin melihatnya secara langsung.


Itulah beberapa benda bersejarah palsu yang pernah dipajang di Museum terkenal. Banyak sekali orang yang terkecoh dengan benda-benda diatas dan tidak bisa membedakan mana asli dan mana benda yang palsu. Mungkin jika tidak ada penelitian lebih lanjut tentang benda-benda tadi bisa jadi semua benda di atas masih diyakini sebagai benda peninggalan bersejarah.