Gaji Arsitek Terbaru 2022, Capai Angka Segini! -->

Kategori Berita

.

Gaji Arsitek Terbaru 2022, Capai Angka Segini!

Faisol abrori
Sabtu, 01 Oktober 2022

 

gaji arsitek
gaji arsitek 2022

Arsitek merupakan salah satu profesi yang bertugas untuk membuat rancangan gambar dari sebuah bangunan. Tidak hanya itu, seorang arsitek juga biasanya akan ditugaskan untuk mengawasi jalannya kontruksi bangunan serta mempertimbangkannya dari sisi estetika


Banyak orang yang mengatakan bahwa pendapatan seorang arsitek itu tinggi, namun apakah benar demikian? Anggapan ini yang membuat banyak anak ingin menjadi arsitek, tetapi sebelum itu ketahui dulu informasi mengenai arsitek di bawah ini. 


Baca: Ternyata Segini Gaji Pemuda Pancasila 2022

Ternyata Segini Kisaran Gaji Tukang Parkir Pesawat, Capai Ratusan Juta Per Tahun!


Sekilas Tentang Arsitek


Sebelum menjadi seorang arsitek, Anda harus menempuh kuliah jurusan Arsitektur selama 4 tahun dulu di sebuah perguruan tinggi. Kemudian setelah itu, Anda bisa melanjutkan pendidikan dengan mengambil profesi arsitek selama 1 tahun.


Tidak sampai di situ, Anda juga harus mengikuti program magang selama 2 tahun lalu mengikuti ujian lisensi menjadi arsitek. Ternyata perjalanan untuk menjadi seorang arsitek andal tidak mudah, akan tetapi profesi ini menjanjikan dalam jangka panjang. 


Cara Menjadi Arsitek


Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, bahwa seorang arsitek itu harus menempuh perjalanan yang panjang, jadi tidak bisa lulus S1 langsung jadi arsitek. Butuh beberapa jalan lagi yang harus Anda tempuh seperti berikut ini: 


1. Pendidikan S1 


Masuk ke pendidikan S1 jurusan arsitektur adalah langkah awal bagi Anda yang ingin menjadi arsitek. Merancang bangunan itu tidak boleh asal-asalan, oleh karena itu seorang arsitek harus memiliki gelar sah atau setidaknya pengalaman di bidang yang sama. 


2. Sertifikat Keahlian Arsitek (SKA)


SKA adalah dokumen penting yang menunjukkan tentang keahlian seseorang dalam merancang bangunan. Anda harus memiliki dokumen yang dikeluarkan oleh Ikatan Arsitek Indonesia ini, SKA juga bisa disebut sebagai lisensi. 


Standar Penghasilan Arsitek di Indonesia 


Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penghasilan seorang arsitek bisa berbeda-beda seperti portofolio, pengalaman, perusahaan yang dilamar dan sebagainya. Akan tetapi, untuk Anda yang baru saja lulus dan sudah memiliki lisensi biasanya mendapatkan gaji Rp4.3 juta. 


Akan tetapi gaji tersebut bisa bertambah menjadi Rp7 juta rupiah apabila Anda sudah memiliki pengalaman kerja satu sampai dua tahun. Semakin tinggi jabatannya semakin besar pula gajinya, seperti setingkat direktur atau manajer bisa mencapai Rp50 juta setiap bulannya. 


Jadi, Anda harus terus berusaha agar bisa mendapatkan lisensi dan kepercayaan dari klien sehingga membuat nama Anda terkenal. Ketika sudah terkenal dan banyak yang percaya, tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan proyek dengan harga milyaran rupiah. 


Contohnya adalah arsitek ternama dari Bandung bernama Yu Sing yang menetapkan harga setiap proyeknya Rp300 juta rupiah. Pastikan bahwa Anda terus mengasah kemampuan dan jam terbang agar penghasilannya juga tinggi.


Suka Duka Menjadi Arsitek


gaji seorang arsitektur


Mendapatkan penghasilan yang besar bukan berarti menjadi arsitek itu selalu menyenangkan. Tentu saja ada suka duka yang harus dilewati dengan sabar. Apa saja ya?


1. Gaji Awal Mengikuti UMR


Harap sabar jika Anda masih menjadi arsitek pemula, karena biasanya gaji yang diberikan mengikuti standar UMR. Anda mungkin saja tergiur dengan arsitek lain yang gajinya lebih tinggi dan memiliki banyak pengalaman.


Akan tetapi yang perlu diingat adalah, orang-orang tersebut juga pernah berada di posisi Anda. Selagi ada kesempatan untuk terus mencari pengalaman, maka lakukan. Anda harus sadar bahwa ada proses yang sulit di balik gaji yang tinggi.


2. Jam Kerja Tidak Menentu


Duka menjadi arsitek adalah jam kerjanya yang tidak menentu, sebenarnya ketika memutuskan untuk menjadi arsitek harus siap dengan konsekuensinya. Jurusan arsitek terkenal dengan deadline tugas yang ketat karena untuk mempersiapkan calon arsitek andal. 


3. Peluang Karier Menjanjikan


Tidak hanya ada duka saja, ada suka keuntungan jika Anda bekerja menjadi seorang arsitek yaitu peluang karier menjanjikan. Indonesia di beberapa masa mendatang tampaknya berfokus pada perkembangan infrastruktur, jika demikian maka ini kabar yang bagus untuk calon arsitek.


4. Bertemu Banyak Orang Baru


Bertemu banyak orang baru adalah keuntungan lain menjadi seorang arsitek. Anda bisa belajar banyak hal dari arsitek senior yang lebih berpengalaman, selain itu Anda juga harus siap bekerja secara tim dari kontraktor, desainer atau teknik sipil.


Bagi Anda yang suka bertemu dengan orang baru, sepertinya arsitek bisa menjadi pilihan profesi yang bagus. Walaupun gaji di awal sedikit, tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan kenaikan gaji dengan jam terbang yang lebih tinggi.