Kenali Strategi Investasi Reksa Dana Berdasarkan Profil Risikonya -->

Kategori Berita

.

Kenali Strategi Investasi Reksa Dana Berdasarkan Profil Risikonya

Faisol abrori
Jumat, 07 Oktober 2022

 


Strategi investasi reksa dana dibutuhkan setiap investor untuk memperoleh imbal hasil optimal dengan risiko seminimal mungkin. Tentunya, investor akan berusaha mencari tahu informasi terkait penanaman modal agar bisa memperoleh imbal hasil yang optimal. Namun, untuk terjun ke dunia investasi Anda harus mengetahui tipe-tipe profil investasi berikut:


1. Konservatif


Orang dengan profil risiko konservatif kemungkinan memilih instrumen investasi yang aman dan  berisiko rendah mengalami kerugian. Anda yang bertipe ini bisa memilih produk Reksa dana Pasar Uang. 


Jenis instrumen ini menjadi pilihan tepat bagi Anda yang masih takut mengalami risiko investasi, dan ingin mempersiapkan tujuan finansial dalam kurun waktu di bawah satu tahun. 


Reksa dana pasar uang menjadi jenis investasi paling aman sehingga dapat membuat uang Anda aman, selama investasi berlangsung pun Anda tidak perlu khawatir mengalami kerugian.


2. Moderat


Seseorang dengan tipe profil risiko moderat akan berani untuk mengambil risiko besar. Namun, ia tetap berhati-hati dalam memilih instrumen penanaman modalnya. 


Orang dengan tipe ini juga akan menyusun strategi investasi reksa dana agar bisa menyeimbangkan antara risiko dan keuntungan optimal yang didapatkannya dalam periode tertentu. Untuk itu, reksa dana pendapatan tetap atau reksa dana campuran, cocok sekali bagi tipe investor moderat ini.


3. Agresif


Para investor yang memiliki tipe profil risiko agresif cenderung lebih berani untuk menghadapi risiko tinggi dalam berinvestasi. Umumnya, orang-orang berkarakter seperti  ini senang tantangan dan mencoba hal baru.


Maka tak heran mereka akan mendalami pengetahuan seputar dunia penanaman modal sebelum terjun ke jenis investasi yang akan dipilihnya. Jika Anda juga termasuk tipe ini, bisa memilih reksa dana saham atau indeks.


Ketika Anda berani mengambil risiko besar, maka kemungkinan bisa berpotensi mendapatkan imbal hasil yang lebih besar daripada jenis reksa dana lainnya, seperti istilah high risk, high return. Meski begitu, investor tipe agresif juga harus mempunyai strategi investasi yang tepat agar bisa meminimalisir terjadinya resiko kerugian finansial.


Itulah strategi investasi reksa dana berdasarkan profil resikonya yang bisa dicoba. Bagi Anda yang ingin mencoba investasi saham, miliki investasi saham yang mempunyai layanan pembiayaan dengan fee yang kompetitif serta mempunyai kelas investasi gratis yang bisa Anda temukan di https://www.most.co.id/saham .