Kategori Berita

ZMedia

7 Tips Memilih Pakar SEO Trebaik Untuk Keperluan Bisnis

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Minggu, 09 Oktober 2022

pakar seo untuk keperluan bisnis


Pernah dengar istilah SEO? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau merupakan optimasi penting dalam dunia pemasaran. Tujuan menggunakan optimasi SEO adalah agar pengunjung situs bisa terus bertambah khususnya jika digunakan untuk bisnis. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki bisnis dan ingin promosi secara online, penting untuk menggunakan optimasi SEO. Jika ingin fokus untuk menjalankan bisnis, Anda juga bisa mencari jasa pakar SEO yang terpercaya untuk membantu promosi. 


Mencari Pakar SEO Terbaik


Untuk kepentingan bisnis menggunakan optimasi SEO bukanlah hal yang mudah dilakukan. Optimasi ini tentu tidak bisa dibangun sendirian, itulah mengapa Anda harus bekerja sama dengan tim pakar yang terpercaya. Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan: 


1. Memperhatikan Biaya yang Ditawarkan 


Tips pertama adalah dengan memperhatikan berapa biaya yang ditawarkan oleh seorang pakar. Biasanya biayanya relatif murah akan tetapi tergantung pada jenis layanannya, tergantung pada paket yang Anda pilih. 


Oleh karena itu, sebelum menggunakan layanannya, penting untuk mengetahui berapa biaya yang akan dikeluarkan. Jika Anda tidak menemukan informasi mengenai biaya, bisa langsung menghubungi bagian customer service dari penyedia layanan tersebut. 


2. Memperhatikan Paketnya 


Pakar SEO biasanya akan memberikan informasi mengenai paket atau layanan yang bisa dipilih oleh klien. Apabila masih ada yang Anda bingungkan, bisa langsung bertanya kepada customer servicenya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu. 


Anda juga bisa memanfaatkan layanan ini untuk mengetahui paket-paket apa saja yang tersedia. Contohnya adalah dengan bertanya apakah layanan SEO yang ditawarkan itu lengkap atau tidak lalu pastikan layanannya sesuai dengan kebutuhan Anda. 


Layanan optimasi SEO memang tergolong banyak, jadi Anda harus memastikan bahwa Anda mendapatkan layanan yang tepat dan lengkap. Penting untuk mempelajari terlebih dahulu mengenai layanan optimasi SEO pada kegiatan bisnis. 


3. Meminta Portofolio


Ini adalah tips yang sangat penting yaitu meminta rekam jejak atau portofolio. Anda tidak bisa langsung percaya begitu saja dengan jasa layanan tanpa mengetahui bagaimana rekam jejaknya. Rekam jejak ini sangat berpengaruh terhadap kualitas dari pakar SEO yang Anda pilih.


Portofolio merupakan hasil kerjaan yang telah diselesaikan oleh pakar SEO, lewat portofolio ini Anda bisa menentukan apakah akan menggunakan jasanya atau tidak. Klien juga bisa mengetahui apakah layanannya bagus atau tidak. 


Tidak ada salahnya untuk meminta portofolio dengan menghubungi admin dari jasa pakar SEO, karena ini dilakukan juga demi kemajuan bisnis Anda. Akan tetapi jika jasa tersebut profesional, portofolionya sudah diunggah ke situs resmi mereka. 


4. Bertanya ke Orang Lain


Tidak jarang orang yang sudah menemukan sebuah jasa pakar SEO terpercaya, tetapi masih ragu dengan kualitasnya. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan bertanya kepada orang lain yang sebelumnya pernah menggunakan jasa tersebut. 


Misalnya Anda bertanya mengenai bagaimana hasil kerjanya apakah memuaskan atau tidak, layanan apa saja yang tersedia lalu apakah orangnya enak diajak kerja sama atau tidak. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu akan menjawab segala keraguan Anda. 


5. Mewawancarai Calon Pakar SEO


Tidak apa-apa jika memang Anda ingin mewawancarai pakar SEO terlebih dahulu agar lebih yakin. Hal ini bermanfaat agar Anda tahu apakah pakar tersebut memiliki visi dan misi yang sama atau tidak. 


Anda bisa bertanya seputar hasil kerja sebelumnya, telah beroperasi sejak kapan ke dalam dunia optimasi SEO dan hal yang paling penting adalah apakah mengikuti aturan dari Google Webmaster atau tidak. 


6. Meminta Agar Websitemu Diaudit


Tips berikutnya adalah Anda bisa memintanya untuk mengaudit website. Biarkan pakar mempelajari website yang telah Anda buat untuk kemudian dipikirkan bagaimana strategi yang tepat agar websitenya bisa berkembang. 


7. Bertanya Tentang Pengalamannya


Tips terakhir adalah bertanya tentang pengalamannya dalam menerapkan optimasi SEO dalam dunia bisnis. Anda bisa bertanya apakah sebelumnya pernah melakukan optimasi SEO untuk website bisnis. Dengan pertanyaan ini, Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan jasanya. 


Zaman sekarang sudah semakin canggih pemasaran bisnis dilakukan secara online dengan mudah menggunakan bantuan SEO, salah satnya melalui Optimasi.ai yang dapat membantu dalam memberikan analisis terkait berbagai dukungan website, melalui SEO tools, dan berbagai optimasi lainnya untuk keperluan bisnis Anda.

>