Tokoh Terkenal yang Makamnya Misterius Sampai Kini -->

Kategori Berita

.

Tokoh Terkenal yang Makamnya Misterius Sampai Kini

Faisol abrori
Jumat, 14 Oktober 2022



Makam adalah tempat dimana jasad dikuburkan. Dengan mengunjungi makam menjadi salah satu penghormatan bagi sosok yang makamkan tersebut. Sayangnya banyak sekali tokoh terkenal yang makamnya masih misterius sampai saat ini. Siapa sajakah mereka?


1. Leonardo da Vinci



Sosok seniman terbaik sepanjang masa Leonardo Da Vinci menjadi salah satu tokoh terkenal yang makamnya masih misterius sampai sekarang. Seniman yang terkenal dengan lukisan monalisanya dikenal oleh semua orang didunia namun tidak dengan kematiannya.


Leonardo da Vinci meninggal pada tahun 1591. Meskipun semasa hidup dirinya sangat terkenal, namun ketika meninggal sampai sekarang tidak ada yang tahu dimanakah jasadnya di semayamkan.


Pada awalnya jasad da Vinci dimakamkan di gereja Chateau d’Amboise Perancis. Namun ketika terjadi revolusi perancis membuat gereja diserang sampai hancur. Pada tahun 1863 tim evakuasi menemukan berbagai macam sisa batu nisan dan potongan tulang dislokasi. 


Namun tidak ada yang tahu apakah tulang tersebut milik da vinci atau tidak. Tim evakuasi mengalami kesulitan identifikasi tulang tersebut karena da Vinci tidak memiliki keturunan. Sehingga tim tidak tahu harus menggunakan DNA siapa untuk pembandingnya.


2. Attila



Hun merupakan bangsa pengembara yang awalnya ada di wilayah Asia dan kemudian berpindah ke wilayah Eropa. Pada masanya, bangsa Hun amat disegani karena sangat mahir dalam peperangan terutama menunggang kuda dan menggunakan panah sebagai senjata.


Ketika menyerang bangsa Eropa, bangsa Hun tidak mengalami kesulitan. Karena pada masa itu pasukan Eropa tidak terbiasa menghadapi serangan panahan. Sehingga pasukan Hun pun dengan cepat mengalahkan lawannya. Tidak sampai disitu, pasukan Hun juga berhasil menjajah wilayah Italia ketika dikuasai oleh Romawi.


Kejayana bangsa Hun ini tidak terlepas dari pempimpinnya yangs angat berpengaruh bernama Attila. Menurut sejarah, Attila meninggal pada tahun 453 ketika menikah, dirinya meninggal dengan mengeluarkan darah dan hidung dari mulutnya.


Jasad pemimpin bangsa Hun tersebut dimasukan kedalam peti 3 lapis, dimana masing-masing lapisannya terbuat dari besi, perak dan emas. Setelah itu petinya ditimbun dengan tanah dan orang-orang yang terlibat dalam penguburan tersebut dibunuh secara masal. Hal ini bertujuan untuk menjaga kerahasiaan lokasi makam Attila.


3. Gajah Mada



Gajah mada menjadi salah satu sosok yang terkenal dalam sejarah indonesia. Kiprahnya ketika mempersatukan bangsa sudah tidak diragukan lagi. Patih majapahit yang paling masyhur ini berhasil memperluas wilayah majapahit sampai seantero kepulauan indonesia.


Sayangnya, kehebatan patih gajah mada tersebut harus terkalahkan dengan peristiwa yang menodai nama besarnya. Gajah mada dipaksa hidup dalam pengasingan hingga pada tahun 1368 dirinya meninggal dunia.


Sampai saat ini, ada 5 lokasi yang berbeda dan diyakini menjadi tempat gajah mada dimakamkan. Dan tidak ada yang tahu pasti dimana sang patih dimakamkan.  Sebagian besar lokasi yang diperkirakan menjadi tempat pemakaman sang patih berada di luar pulau jawa.


Masih banyak tokoh terkenal yang makamnya misterius hingga saat ini. Seperti cleopatra dan mark Antony yang dikenal dengan kisah cintanya. Dan juga aleksander agung yang meninggal pada tahun 323 M di Babilon namun sampai saat ini makamnya tidak pernah ditemukan.


Itulah beberapa tokoh terkenal yang makamnya belum ditemukan sampai saat ini. Semoga bisa menjadi pembelajaran bahwa seseorang yang semasa hidupnya sangat terkenal bisa jadi ketika meninggal tidak pernah ada yang tahu tempat jasadnya dikuburkan.