5 Ciri Khas Soto Betawi yang Kaya Akan Cita Rasa -->
close

Kategori Berita

.

5 Ciri Khas Soto Betawi yang Kaya Akan Cita Rasa

Faisol abrori
Minggu, 27 November 2022


The Faisol times - Indonesia memiliki berbagai jenis soto salah satu yang terkenal adalah soto Betawi. Soto satu ini memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan soto yang berasal dari daerah lainnya. Apa saja ciri khas soto Betawi itu? Simak ulasannya berikut ini:


Ciri Khas Soto Betawi


Soto satu ini tidak hanya bisa didapatkan di sekitaran kota Jakarta saja. Namun juga bisa didapatkan di berbagai wilayah di Indonesia. ada beberapa hal yang membedakan soto satu ini, diantaranya adalah:


1. Kuah tidak Bening


Apakah anda berpikir bahwa soto selalu memiliki kuah yang bening?  Jika iya, berarti anda salah mengira soto Betawi. Soto ini sangat jauh dari kesan bening, karena kuahnya lebih kental dari soto pada umumnya dengan warna yang putih pekat bukan bening.


Meskipun kuahnya sedikit keruh namun menjadi ciri khas tersendiri bagi para pecinta soto khas Betawi. Kuah ini yang membuat para pecintanya selalu rindu menikmati soto Betawi. Karena memang benar-benar berbeda dengan soto lainnya maka anda jangan sampai kaget ketika pertama kali menikmatinya.


2. Kuah Susu



Ciri khas lainnya dari soto Betawi adalah kuahnya bercampur dengan susu. Bisa dibayangkan? Biasanya susu digunakan untuk minuman atau dijadikan bahan untuk pembuatan cake. Namun bagaimana ketika susu dicampurkan ke dalam makanan berkuah? Tentunya anda akan penasaran dengan cita rasanya.


Untuk membuat semangkuk Soto Betawi yang lezat, dibutuhkan susu segar sebagai bahan campurannya. Untuk cita rasa, anda tidak perlu takut kemanisan atau membuatnya tidak sedap. Sebaliknya, campuran susu ini membuat soto Betawi terasa gurih dan membuat siapa saja ingin menikmatinya.


3. Tumisan Bumbu Menggunakan Minyak Samin


Memang ada banyak makanan khas Indonesia yang menggunakan bumbu dari Luar Negri. Soto Betawi menjadi salah satunya, misalnya saja ketika menumis bumbu Soto Betawi bukan menggunakan margarin atau mentega melainkan menggunakan minyak samin. Hasil dari tumisan bumbu ini beraroma kuat dan rasanya sangat khas.


Minyak samin sangat khas dengan bumbu dari Negara Timur Tengah. Dengan akulturasi ini menghasilkan sajian yang sangat khas dan berbeda dari biasanya. Untuk bisa mendapatkan bumbu samin tidaklah sulit, karena sudah tersedia di warung-warung kecil sekalipun.


4. Berisi Daging dan Jeroan yang Khas


Biasanya soto lainnya berisi daging ayam atau daging sapi yang direbus dan dipotong menjadi kecil-kecil. Maka berbeda dengan sajian kuliner satu ini. 


Untuk proses pengolahan isi soto Betawi cukup panjang dan tidak seperti soto lainnya. Karena daging dan jeroan yang akan disajikan direbus hingga lunak terlebih dahulu, kemudian dipotong kecil agar mudah dikunyah.


Setelah itu masih harus di goreng agar lebih renyah dan memiliki cita rasa yang khas. Namun, ketika proses penggorengan tidak sampai kering sempurna. Hal ini bertujuan agar bagian luarnya renyah namun bagian dalamnya tetap lembut.


5. Kaya Akan Topping


Biasanya soto memiliki banyak isi namun tidak membuatnya penuh, sedangkan soto betawi penuh dengan berbagai isian dan masih ditambah dengan toping. Topping tersebut diantaranya seperti tomat segar, emping, bawang goreng dan irisan daun bawang.


Tidak ada waktu khusus untuk menikmati soto Betawi karena baik pagi, siang ataupun malam soto Betawi selalu cocok disajikan. Isinya yang banyak akan membuat perut terasa kenyang dan siap untuk menjalani aktivitas setiap harinya.


Itulah ciri khas soto Betawi yang berbeda dengan soto lainnya. Tertarik untuk mencobanya? Langsung saja cari soto Betawi yang ada di sekitar wilayah anda.