Bertahan Hampir 2 Dekade, Ini Perjalanan Panjang Mobil Toyota Avanza! -->

Kategori Berita

.

Bertahan Hampir 2 Dekade, Ini Perjalanan Panjang Mobil Toyota Avanza!

Faisol abrori
Senin, 07 November 2022

source: autofun


Kepopuleran mobil Toyota Avanza tentu tidak perlu dipertanyakan lagi karena sejak pertama kali dihadirkan tepatnya tahun 2003 mampu bertahan hampir 2 dekade untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mengenai mobil berjenis low MPV. Dengan sebutan yang terkenal sejak dulu yaitu mobil sejuta umat menunjukkan bahwa mobil ini selalu laris dibeli banyak orang setiap tahunnya.


Apalagi mobil Avanza bisa dikatakan sebuah mobil keluarga yang mengutamakan kenyamanan jadi banyak keluarga yang memutuskan untuk membeli mobil yang satu ini. Larisnya mobil ini tentu bukan tanpa alasan, setiap pembeli tentunya sudah tahu tentang kelebihan serta fitur-fitur yang ada di salah satu mobil buatan pabrikan Toyota.


Dengan bertahan hampir 2 dekade tentu bukanlah hal mudah dan sudah melewati perjalanan panjang untuk selalu berusaha menghadirkan model yang berbeda setiap tahunnya. Sejak tahun 2003 setidaknya sudah ada 3 generasi dari generasi yang pertama hingga ketiga. Jika penasaran dari perjalanan panjang masing-masing generasi, berikut ini akan dibahas dengan lengkap.


Generasi pertama Avanza dari tahun 2003 sampai 2011


Tepatnya tahun 2003, Toyota menghadirkan salah satu kendaraan low MPV yang bernama Avanza dan langsung populer di kalangan masyarakat karena memang benar-benar dibutuhkan banyak orang. Padahal dulunya mobil ini hanya terdapat 2 varian saja yaitu tipe 1,3E dan 1,3G. Bahkan tidak ada pilihan transmisi, karena semua menggunakan transmisi manual dengan 5 percepatan. Mesti fiturnya masih minim tetapi masyarakat merasa mobil ini bisa memenuhi kebutuhan setiap hari untuk semua keluarga.


Setelah beberapa tahun bertahan dengan model lama, maka di tahun 2008 dan 2009, Avanza mengalami penyegaran sehingga desainnya menjadi lebih modern saat itu. Salah satu perubahannya ada pada bagian bumper yang terlihat dinamis tanpa banyak garis. Hingga akhirnya tahun 2010 karena ada permintaan dari masyarakat maka Avanza resmi menghadirkan mobil dengan transmisi matic.


Generasi kedua dimulai tahun 2011 hingga 2014


source: tribun


Tahun 2011 adalah tahun bagi pabrikan Toyota untuk memperkenalkan Avanza generasi yang kedua dengan nama All New Avanza. Ada banyak sekali perubahan dari generasi sebelumnya mulai dari ekstrerior seperti adanya perubahan lampu dengan bentuk segitiga. Mesin yang dipakai untuk Avanza ada yang 1,3 dan 1,5L, khusus mesin 1,5L ada di Avanza Veloz. Mobil Avanza Veloz hadir dengan 2 pilihan transmisi, ada transmisi manual hingga automatic yang mengandalkan penggerak dari roda belakang. Bisa dikatakan bahwa ada banyak perubahan di generasi kedua ini dibanding generasi pertama.


Selanjutnya masih ada lagi generasi ketiga sejak tahun 2015 sampai 2019, bahkan ada Avanza model terbaru yaitu model Facelift. Bagi yang tertarik beli Toyota Avanza generasi pertama dan kedua tentu harganya sudah murah dan bisa dibeli pada platform mobbi. Sudah sejak lama bernama mo88i, sekarang berganti nama menjadi mobbi dan menyediakan banyak fitur di aplikasi serta website untuk menghadirkan sebuah kemudahan berkaitan dengan jual beli mobil bekas di masa sekarang ini.