6 Tips Menghemat Biaya Pernikahan Agar Tidak Over Budget -->

Kategori Berita

.

6 Tips Menghemat Biaya Pernikahan Agar Tidak Over Budget

Faisol abrori
Rabu, 02 November 2022

biaya menikah hemat


Biaya untuk menikah memang tidak sedikit, hal ini yang membuat banyak calon pengantin pusing memikirkannya. Namun anda bisa mengakalinya agar biaya yang dikeluarkan lebih hemat dengan berbagai cara. Bagaimana caranya? Simak tips menghemat biaya pernikahan berikut ini:


1. Menggunakan Undangan Online


Saat ini sudah banyak yang menganti undangan kertas dengan undangan online. Undangan online lebih praktis karena anda tidak perlu kurir untuk mengantarkannya, namun bisa langsung mengirimkannya lewat whatsapp dan email. 


Selain itu undangan online juga bisa menghemat pengeluaran. Karena biaya untuk membuat undangan online lebih murah dibandingkan membuat undangan kertas.


Cara Menghemat Biaya Pernikahan



2. Membatasi Jumlah Undangan


Selanjutnya, pikirkan kembali berapa banyak jumlah tamu undangan yang akan anda undang. Banyak sedikitnya tamu undangan ini akan berpengaruh pada banyak hal. Seperti jumlah hidangan, jumlah undangan, luasnya gedung dan souvenir.


Untuk menghemat biaya pernikahan anda bisa menekan jumlah tamu undangan. Cukup mengundang orang-orang terdekat saja yang benar-benar anda kenal.


3. Pilih Menu Makanan yang Umum


Tips menghemat biaya pernikahan selanjutnya adalah memilih menu makanan yang umum. Beberapa pesta pernikahan menyuguhkan hidangan makanan yang mewah dan mahal. Memang sangat berkesan namun tidak semua orang bisa memakannya karena hidangan tersebut tidak umum.


Oleh karenanya, pilihlah makanan yang umum dan bisa dinikmati semua orang. Misalnya saja seperti makanan khas daerah masing-masing. Selain bisa dimakan semua orang, dengan sajian yang umum bisa menekan budget pengeluaran pernikahan anda.


4. Pilih Dekor Minimalis


Dekor pernikahan ada berbagai macam, mulai darah, modern, mewah dan minimalis. Dengan mempertimbangkan dekor yang minimalis dapat menghemat biaya dekorasi itu sendiri.


Anda bisa menghemat biaya pernikahan dengan menggunakan jasa dekorasi minimalis. Harganya tentu lebih bersaing dibandingkan dengan dekor mewah. Karena selain bahan yang digunakan tidak beraneka macam, bunga yang dipakai bisa menggunakan bunga palsu dan tidak ada biaya tambahan untuk kebutuhan dekorasi.


Namun ada cara lain yang sangat menghemat biaya, yaitu dengan mendekor sendiri acara pernikahan. Anda akan tahu apa saja yang harus dikeluarkan dan apa yang tidak. Untuk beberapa perlengkapan anda hanya perlu me-sewanya tanpa membelinya.


5. Pilih Venue Yang Terjangkau


Salah satu biaya terbesar dalam menyelenggarakan pesta pernikahan adalah sewa gedung. Karena harga untuk sewa gedung mulai dari puluhan hingga ratusan juta.


Lalu bagaimana tips untuk menghematnya? Anda bisa memilih venue yang lebih murah. Misalkan saja di kebun bunga, hutan pinus, gedung yang disediakan pemerintah daerah bukan swasta maupun di museum.


Selain murah, anda juga perlu memperhatikan lokasi tersebut aman dan mudah aksesnya atau tidak. Pikirkan pula bagaimana tempat parkir di sana apakah sesuai dengan jumlah undangan atau tidak.


6. Meminimalisir Biaya Seragam Keluarga



Selain venue, pemborosan terbesar dalam pernikahan adalah seragam keluarga. Karena calon pengantin harus mengeluarkan biaya membeli bahan dan juga menjahit seragam tersebut.


Meskipun foto pernikahan akan lebih terlihat bagus jika keluarga menggunakan seragam yang sama. Namun ini memerlukan modal yang besar. Untungnya ada trik untuk membuat foto tetap bagus namun dengan dana yang minim yaitu dengan memberikan keluarga dresscode.


Jadi anggota keluarga bisa menyesuaikan warna baju yang akan dikenakan dan terlihat selaras dengan anggota yang lain. Tanpa perlu anda membelikan seragam keluarga.


Itulah beberapa tips menghemat biaya pernikahan yang bisa dilakukan. Jangan takut biaya pengeluaran membengkak karena banyak cara untuk mengatasinya. Terapkan semua tips di atas agar biaya pernikahan anda bisa diminimalisir.