Ini Dia Rincian Biaya Nikah Murah Tapi Mewah -->

Kategori Berita

.

Ini Dia Rincian Biaya Nikah Murah Tapi Mewah

Faisol abrori
Rabu, 02 November 2022

 


Rincian biaya nikah murah tapi mewah perlu dipertimbangan bagi calon pengantin. Untuk mengikat janji setia dan untuk memadukan dua rasa harus ada beberapa kesiapan yang dilakukan, mulai dari kesiapan mental, fisik, kesehatan dan yang terpenting finansial.


Banyak calon pengantin yang penasaran, berapa sebenarnya biaya pernikahan tersebut? Berikut ini kami berikan gambaran dan rincian biaya nikah murah tapi mewah:


1. Biaya Seserahan



Seserahan menjadi budaya yang sudah turun menurun. Biasanya uang yang dihabiskan ketika seserahan sekitar 20 juta. Dalam budaya satu ini, seorang calon mempelai pria memberikan seserahan kepada calon wanita yang terdiri dari berbagai barang-barang kebutuhan. Mulai dari make up, tas, alat sholat, pakaian, sandal, baju, hingga buah-buahan dan lainnya.


Biaya untuk seserahan ini beraneka macam, karena tergantung pada banyaknya seserahan yang akan diberikan dan juga berapa banyak perhiasan yang akan diberikan. Namun ada tips menghemat biaya seserahan tapi tetap terlihat mewah. Yaitu dengan memilih kebutuhan inti saja seperti pakaian, alat sholat, perhiasan, selimut dan make up. Jangan lupa untuk dihias dengan cantik dan taruh di box akrilik agar terlihat mewah.


2. Biaya KUA


Selanjutnya, dalam pernikahan biaya yang perlu disiapkan adalah biaya membayar KUA. Sebenarnya biaya KUA sendiri gratis jika anda ingin menikah langsung di KUA pada hari kerja. Namun jika ingin menikah di akhir pekan atau hari libur atau tempat untuk ijab kabulnya di luar kantor KUA maka akan dikenai biaya administrasinya sekitar 600 ribu.


Biaya administrasi ini belum termasuk biaya penghubu. Untuk biaya penghulu adalah sukarela sebagai ucapan terimakasih karena sudah membantu acara pernikahan anda.


3. Sewa Venue


Biaya selanjutnya adalah biaya sewa gedung atau venue pernikahan. Harga sewa satu ini lumayan memakan banyak dana pernikahan. Semakin besar, mewah dan strategis lokasi venue maka harganya akan lebih mahal mulai dari jutaan sampai puluhan juta.


Oleh karenanya anda harus melakukan survey jauh-jauh hari sebelum hari pernikahan. Namun ada tips untuk bebas dari biaya venue namun tetap terkesan mewah. Gunakan saja aula masjid atau balai pertemuan, kemudian dekorasi nya yang dibuat lebih bagus dan mewah. Tentunya biaya untuk menyewa aula dan balai pertemuan lebih hemat karena anda hanya diminta memberi sumbangan sukarela.


Berapa Rincian Biaya Nikah yang Murah Tapi Mewah?


4. Undangan Dan Souvenir


Di era sekarang ini, biaya untuk membuat undangan cetak bisa dipangkas dengan hadirnya undangan digital. Selain lebih murah, undangan digital bisa dikirim langsung menggunakan whatsapp atau pun email. Undangan digital juga lebih ramah lingkungan karena bebas sampah kertas.


Sedangkan untuk souvenirnya, anda bisa menghemat dengan membeli di toko grosir. Tentunya harga grosir lebih murah dibandingkan dengan anda membeli di tempat khusus souvenir pernikahan, harganya mulai dari 1.000 per pcs sampai 50.000 per pcs. 


Kemudian setelah membeli barang tersebut anda bisa mengatasinya sehingga lebih menarik dan mewah. Minta tolonglah kepada teman atau keluarga untuk membantu anda mengurus souvenir ini.


5. Riasan dan Gaun Pengantin



Terakhir, salah satu yang membutuhkan dana besar disaat pernikahan adalah riasan dan pembuatan gaun pengantin. Biasanya dibutuhkan dana puluhan juta untuk sekali rias atau ketika membeli gaun pengantin.


Anda Bisa menekan biaya ini dengan menyewa gaun pengantin saja. Kemudian untuk riasan anda bisa mencari portfolio MUA dengan harga yang ramah dikantong namun memiliki hasil riasan yang bagus.


Itulah rincian biaya nikah murah tapi mewah beserta tipsnya. Jangan takut untuk menghemat biaya pernikahan karena kehidupan setelah pernikahan lebih penting dibandingkan acara pernikahan itu sendiri.