Mas Kawin Seperangkat Alat Sholat Berisi Apa Saja? Ini Jawaban Lengkapnya! -->

Kategori Berita

.

Mas Kawin Seperangkat Alat Sholat Berisi Apa Saja? Ini Jawaban Lengkapnya!

Faisol abrori
Rabu, 09 November 2022

 

source: ig @seserahan_royalwrap

Di Negara Indonesia dengan mayoritas masyarakatnya memiliki agama islam sehingga sudah biasa mendengar “mas kawin seperangkat alat sholat” pada upacara ijab Kabul. Namun tidak sedikit yang bertanya-tanya sebenarnya mas kawin seperangkat alat sholat, berisi apa saja, sih?


Mengetahui Makna dan Kedudukan Mas Kawin


Sebenarnya mas kawin memiliki beberapa sebutan lainnya, misalnya faridhah yang artinya pemberian wajib, shadaq yang artinya pemberian sebagai bukti kebenaran cinta atau ‘ala’iq yang berarti bukti adanya hubungan sah dan istilah lainnya.


Bentuk pemberian mahar dari calon suami kepada calon istrinya ini sudah berlangsung sebelum datangnya agama Islam. Jadi di zaman jahiliyah pun, dalam sebuah pernikahan sudah ada upaya pemberian mahar.


Sayangnya pada tradisi jahiliyah, mahar diberikan kepada wali dari gadis sedangkan si gadis tidak menerima apa-apa dari pemberian mas kawin tersebut. Setelah islam datang, maka tradisi ini diluruskan menjadi mas kawin sepenuhnya hak dari calon mempelai perempuan.


Memberikan mahar pada gadis sebelum pernikahan hukumnya adalah wajib. Dan bahkan menurut pendapat malikiyah, pernikahan dinilai tidak sah apabila tidak ada mahar. Begitu pentingnya mahar dalam sebuah pernikahan.


Mas Kawin Seperangkat Alat Sholat, Berisi Apa Saja?



Mahar seperangkat alat sholat sudah tidak asing lagi. Bahkan dalam setiap upacara ijab Kabul selalu disebutkan mahar bentuk ini. Apa isi dari mahar ini?


1. Mukena Wanita



Pertama, isi dari mas kawin seperangkat alat sholat adalah mukena wanita. Mukena adalah alat sholat bagi perempuan yang biasa dipakai di Indonesia. Penggunaan mukena di Indonesia menjadi hal yang lumrah dan wajib. Ada banyak warna mukena yang ada, mulai dari warna netral sampai warna-warna mencolok. Bahkan bahan yang digunakan juga beraneka ragam.


Dalam pernikahan, biasanya mukena wanita berwarna putih sebagai simbol dan makna kesucian. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, mukena untuk mahar saat ini sesuai dengan permintaan atau pilihan dari calon pengantin perempuan.


Jika anda sedang mencari mukena untuk mas kawin, pastikan membeli mukena yang bagus dan nyaman untuk digunakan sholat. Pahala setiap kali istri melakukan sholat dengan mukena tersebut akan mengalir pada suaminya.


2. Sajadah



Sajadah biasanya menjadi satu paket dengan mukena, sajadah merupakan tempat atau alas untuk bersujud ketika melakukan ibadah sholat. Benda satu ini menjadi satu paket seperangkat alat sholat dalam sebuah ijab Kabul.


3. Al-Quran



Isi yang ketiga adalah Al-Quran. Al-Quran merupakan kitab suci umat islam dan menjadi pedoman hidup manusia. Dengan hadirnya Al-Quran sebagai mas kawin diharapkan kehidupan setelah pernikahan berpedoman pada ajaran dan aturan Islam. Tidak sampai disitu saja, diharapkan suami juga bisa membimbing dan mendidik istrinya untuk membaca, belajar dan menerapkan isi Al-Quran.


Makna Mas Kawin Seperangkat Alat Sholat


Selanjutnya, anda harus mengetahui apa sebenarnya makna dari mas kawin seperangkat alat sholat. Meskipun terkesan sederhana ternyata ada makna yang besar dari mahar ini, diantaranya adalah:


  • Simbol suami siap membimbing istri dalam hal agama. Tentunya ini menjadi tanggung jawab besar, sebelum mendidik orang lain, suami harus bisa mendidik dirinya sendiri terlebih dahulu.
  • Symbol suami siap mengingatkan istri dan keluarga untuk selalu menjalankan ibadah sholat. Dengan ini tentunya keinginan suami istri tersebut agar bisa terus bersama-sama hidup didunia dan bersama-sama di akhirat.
  • Sajadah bermakna suami siap untuk menyediakan tempat ibadah yang layak bagi pasangannya.


Sekarang sudah tau jawaban dari pertanyaan mas kawin seperangkat alat sholat, berisi apa saja, kan? Semoga informasi diatas bisa membantu anda untuk mengenal syarat dan ketentuan islam terutama dalam pernikahan.