Menikah Hanya Bermodal 5 Juta? Ini Bocoran Tipsnya Biar Irit! -->

Kategori Berita

.

Menikah Hanya Bermodal 5 Juta? Ini Bocoran Tipsnya Biar Irit!

Faisol abrori
Selasa, 08 November 2022


Banyak orang beranggapan bahwa momen pernikahan adalah momen spesial dan sakral sehingga harus dirayakan dengan semewah mungkin. Namun ada juga pendapat orang, yang mengutamakan kehidupan setelah menikah jauh lebih penting daripada acara pernikahan itu sendiri. Apa anda salah satunya yang berpikir seperti itu? Jika iya simak tips meminimalisir pengeluaran, begini bocoran tips menikah hanya dengan budget 5 juta berikut ini:


1. Tentukan Prioritas


Pertama, buatlah skala prioritas terlebih dahulu. Budget anda tergantung dari skala prioritas yang dibuat. Beberapa hal yang harus dipikirkan disini adalah lokasi pernikahan, vendor, pakaian, dan hal-hal inti yang ingin anda adakan atau tidak adakan dalam pernikahan.


2. Batasi undangan


Selanjutnya, untuk meminimalisir pengeluaran maka batasi jumlah tamu undangan. Karena jumlah tamu yang diundang menentukan besar kecilnya pengeluaran dalam pernikahan anda.


Saringlah lagi orang-orang yang akan anda undang. Tidak ada salahnya hanya mengundang keluarga inti dan teman yang sudah sangat dekat. Jangan malu untuk menyelenggarakan pernikahan yang sederhana namun bebas dari jeratan hutang.


3. Sajian Makanan



Pengeluaran terbesar dari pesta pernikahan terdapat pada makanan yang disajikan. Bahkan hampir 50% dana pernikahan dialokasikan pada makanan tersebut.


Untuk meminimalisir pengeluaran tidak ada salahnya anda menyuguhkan makanan sederhana dengan snack ringan. Tentunya cara ini sangat menghemat pengeluaran biaya makan.


4. Lokasi Pernikahan


Ada banyak lokasi pernikahan yang bisa dipilih. Misalnya gedung serba guna, aula sebuah hotel, restoran, taman atau pun pantai. Lokasi acara juga sangat menentukan biaya yang akan dikeluarkan sesuai dengan konsep pernikahan.


Jika anda sangat ingin menghemat pengeluaran, maka pilihlah untuk menyelenggarakan pesta pernikahan dirumah saja. Tidak ada salahnya menyelenggarakan pernikahan hanya dirumah dan bukan di aula hotel. Daripada anda harus memaksakan diri menyewa aula hotel yang akan menguras budget pernikahan. Lebih baik selenggarakan di rumah saja.


5. Dekorasi Pernikahan



Pesta pernikahan memang identik dengan dekorasi pernikahan. Dengan dekorasi dapat mempercantik dan membuat Suasana pernikahan semakin hangat. Sayangnya biaya untuk mendekorasi suatu lokas pernikahan tidaklah sedikit.


Untuk membuat pernikahan yang sederhana bukan berarti anda tidak memerlukan dekor. Namun anda bisa menggunakan dekor minimalis yang tidak membutuhkan banyak aksesoris dalam dekornya. Jangan lupa untuk gunakan bunga plastik saja daripada bunga asli sehingga membantu mengurangi biaya dekorasi yang harus dibayar.


6. Pakaian Pengantin



Gaun pernikahan yang sesuai dengan konsep pernikahan membantu pengantin terlihat cantik di hari pernikahannya. Namun apa salahnya memilih desain sederhana dan elegan untuk dikenakan ketika hari pernikahan?


Anda tidak perlu membuat sendiri baju pernikahan tersebut namun pilihlah untuk menyewa baju pengantin tersebut. Sehingga tidak akan memakan ongkos yang terlalu besar. Perlu diingat bahwa pakaian pernikahan sebagus apapun hanya akan digunakan satu kali seumur hidup.


7. Souvenir dan Undangan


Gunakanlah undangan online untuk menghemat biaya pernikahan. Undangan online bisa dikirim lewat whatsapp sehingga lebih praktis dan murah. Sedangkan untuk souvenirnya anda bisa membuat souvenir sendiri atau membelinya secara online. Banyak pilihan souvenir dengan harga sangat murah saat ini.


Itulah beberapa tips meminimalisir pengeluaran, begini bocoran tips menikah hanya dengan budget 5 juta! Yang bisa dilakukan. Lebih baik mengadakan pernikahan di hari kerja dan melakukan ijab di kantor KUA sehingga bebas biaya pernikahan. Jangan termakan gengsi sehingga anda memperumit pesta pernikahan sendiri.