Kategori Berita

Blogger Jateng

5 Jenis Usaha Sampingan Yang Menarik

Faisol abrori
Sabtu, 17 Desember 2022


Usaha sampingan patendo.com atau dikenal juga sebagai side hustle, adalah bisnis lain yang dijalankan di samping pekerjaan resmi Anda. Bisnis sampingan bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan penghasilan tambahan, bahkan nantinya bisnis ini bisa menggantikan pekerjaan utama Anda.


Ide-Ide Usaha Sampingan Yang Menarik


Cara terbaik untuk memulai sebuah bisnis sampingan adalah mulailah dari sesuatu yang Anda pahami dan sukai. Jika memulai bisnis dari sesuatu yang sudah Anda pahami, maka tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mempelajari topik baru. Karena itu, bisnis baru bisa berjalan dengan lebih cepat. 


Sebenarnya tidak mustahil untuk memulai bisnis sampingan di bidang yang tidak Anda ketahui sama sekali, tetapi ingatlah bahwa kemungkinan besar akan ada kendala yang tidak terduga di sepanjang prosesnya. Apabila Anda tertarik ingin memulai side hustle, simak beberapa ide menarik yang sudah dikompilasikan berikut ini.


Bisnis Fotografi


Ubah hobi fotografi menjadi bisnis sampingan. Promosikan jasa fotografi Anda di area sekitar Anda dan dapatkan bayaran per pemotretan. Promosikan jasa Anda di media sosial agar orang-orang mengetahui Anda menyediakan jasa fotografi. Raih lebih banyak lagi pelanggan serta keuntungan dengan menjual foto secara online seperti di situs-situs Shutterstock dan Alamy yang membayar fotografer saat foto mereka di-download atau dijual.


Dropshipping


Jika Anda menyukai ide menjalankan toko online, tetapi tidak yakin apa yang harus dijual, pertimbangkan untuk memulai bisnis ini. Dropshipping adalah jenis e-commerce yang tidak mengharuskan pemilik bisnis untuk membeli atau menyimpan produk yang mereka jual. Sebaliknya, penjual bermitra dengan pemasok dropshipping yang mengelola inventaris dan mengirimkan produk langsung ke pelanggan atas nama penjual.


Manager Media Sosial


Melakukan marketing melalui media sosial sekarang sudah menjadi hal lumrah bagi bisnis-bisnis baik kecil maupun besar, tetapi tidak semua pemilik usaha memiliki pengetahuan tentang platform media sosial. Jadi apabila Anda mahir menggunakan media sosial dan dapat mengumpulkan followers, ada pasar yang besar untuk keahlian tersebut.


Konsultan SEO


Konsultan SEO sangatlah diperlukan sekarang ini. Memahami SEO dianggap penting untuk bisa menghasilkan marketing bisnis yang sukses, tetapi memahami SEO mungkin bahkan lebih sulit dibandingkan memiliki konten bagus di media sosial. Jadi, jika Anda memahami cara mengoptimalkan mesin penelusuran, Anda harus mempertimbangkan menyediakan jasa freelance sebagai konsultan SEO untuk pemilik usaha kecil.


Jasa Freelance di Bidang Kreatif


Menulis, mengedit, mengoreksi, mendesain grafis, mendesain web, menerjemahkan, dan mengilustrasikan hanyalah beberapa layanan kreatif yang dibutuhkan, dan semuanya cocok untuk pekerjaan per jam atau kontrak yang dapat Anda lakukan sebagai bisnis sampingan.


Ada banyak situs-situs di internet yang dapat Anda gunakan untuk memasarkan keterampilan Anda, misalnya: Upwork, Fiverr, dan Freelancer.com. Pada saat yang sama, cobalah membuat situs web bisnis kecil dan update media sosial Anda agar orang lain tahu bahwa jasa kreatif Anda terbuka untuk bisnis.


Penutup


Pada akhirnya, usaha sampingan yang dapat meraih kesuksesan bergantung pada minat dan keterampilan Anda. Bisnis sampingan harus dimulai sebagai suatu proyek yang berasal dari hal-hal yang Anda sukai, karena nantinya Anda akan meluangkan banyak waktu dan energi untuk menjalankan bisnis ini. Fokus, kegigihan, dan kerja keras kelak akan membuahkan kesuksesan pada bisnis sampingan Anda. Jadi, apabila baru memulai bisnis dan Anda tidak langsung melihat hasil yang maksimal, jangan menyerah terlebih dahulu dan tetap jalankan usaha tersebut.

shoope
gt;