Kategori Berita

Blogger Jateng

5 Nabi dan Mukjizat-mukjizatnya yang Patut Diketahui

Faisol abrori
Jumat, 02 Desember 2022




Nabi dan Rasul merupakan manusia pilihan yang dibekali pengetahuan serta kemampuan yang luar biasa. Kemampuan yang dimiliki oleh Nabi dan Rasul ini tidak dimiliki oleh orang lain, inilah yang disebut dengan mukjizat. Nabi dan mukjizatnya ini sudah dikenali secara luas oleh masyarakat di dunia. Karena kehebatannya inilah, Nabi dikenali sebagai orang pilihan.


Allah memang tidak salah dalam memilih Nabi sebagai makhluk ciptaan paling baik. Mukjizat yang dimiliki Nabi ini berbeda-beda dengan lainnya, ada yang berwujud pengetahuan, ilmu diwariskan dan berbentuk fisik. Berikut ini adalah daftar Nabi dan mukjizatnya: 


1.  Nabi Adam AS


Nabi Adam AS Keistimewaan Nabi Adam AS yaitu diciptakan sebagai orang pertama di Bumi. Tidak hanya itu, diciptakan sebagai manusia pilihan membuat Nabi Adam AS punya mukjizat. Sebagai khalifah pertama di bumi ialah termasuk ke dalam mukjizat yang dipunyai Nabi Adam AS.


Nabi Adam AS adalah orang pertama yang dikenalkan dengan nama-nama tanaman, binatang, serta benda. Penciptaannya dibekali dengan rahasia ma’rifat ketuhanan. Nabi Adam AS termasuk khalifah pertama di bumi dan merupakan nenek moyang seluruh bangsa di dunia.


2.  Nabi Idris AS


Mengalami kematian dua kali, logika berpikir, mengunjungi surga serta neraka adalah mukjizat yang dipunyai Nabi Idris AS. Termasuk ke dalam keturunan ke-6 dari Nabi Adam, Nabi Idris AS adalah garis keturunan Adam dan terdaftar sebagai nabi pertama yang diangkat oleh Allah.


Nabi Idris AS juga melakukan kunjungan ke neraka dan surga atas kehendak dari Allah. Keistimewaan yang diberikan oleh Allah SWT pada Nabi Idris AS yakni menjadi orang pertama yang kuasai ilmu matematika, ilmu menjahit, ilmu perbintangan, merawat kuda dan pintar menulis.


3.  Nabi Nuh AS


Nama nabi berikutnya yang punya mukjizat adalah Nabi Nuh AS. Mukjizat yang dipunyai oleh Nabi Nuh AS adalah kehebatan untuk menciptakan perahu yang sangat besar di waktu itu. Belum ada seorangpun yang tahu dan mampu menciptakan perahu sebesar buatan Nabi Nuh.


Di sisi lain, mukjizat yang dipunyai oleh Nabi Nuh AS adalah selamat dari adzab dari Allah berupa banjir bandang bagi kaum yang ingkari ajaran dari Nabi Nuh AS. Atas izin dari Allah, Nabi Nuh AS selamat dari banjir bandang yang waktu itu merupakan bencana.


4.  Nabi Hud AS


Nabi dan mukjizatnya yang dikisahkan selanjutnya adalah Nabi Hud AS. Mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Hud AS yaitu selamat dari dahsyatnya gempa bumi dan bencana alam. Utusan dari Allah bagi kaum A’ad atau kaum berfoya-foya adalah Nabi Hud AS.


Karena kesombongan dari kaum A’ad tersebut, mereka tersesat dengan hati yang keras dan menyembah berhala. Atas dasar inilah, Nabi Hud AS berdoa dan meminta kepada Allah supaya didatangkan hujan deras serta awan hitam yang disebabkan runtuhnya segala bangunan.


5.  Nabi Saleh AS


Terakhir dari kisah Nabi dan mukjizatnya adalah Nabi Saleh AS. Mukjizat yang dipunyai oleh Nabi Saleh AS yaitu mengeluarkan unta betina dari bebatuan bercelah. Nabi Saleh AS diperuntukkan bagi kaum Tsamud yang telah durhaka kepada Allah.


Karena kedurhakaannya inilah, kaum Tsamud akhirnya ditimpa azab dari Allah SWT. Sementara Nabi Saleh AS atas izin Allah diberikan keselamatan dan dilindungi dari limpahan azab tersebut. Ini merupakan tanda kenabian dari Nabi Saleh AS.


Mukjizat diberikan kepada Nabi untuk membuktikan kenabian dan mendukung prosesnya dalam menyiarkan agama. Sebagai pertanda bahwa Nabi itu pilihan Allah. Itulah daftar Nabi dan mukjizatnya yang sepatutnya diketahui oleh khalayak umum

shoope
gt;