Kategori Berita

Blogger Jateng

5 Penyebab Oli Motor Rembes dari Blok Mesin Motor dan Cara Mengatasinya

Faisol abrori
Rabu, 14 Desember 2022

 


The Faisol Times - Masalah pada oli memang sering terjadi pada kendaraan bermotor. Oli rembes dari blok mesin motor menjadi salah satu kondisi yang cukup mengganggu karena performa mesin tidak optimal. Penyebabnya bisa terjadi dari pemilihan oli, mesin terlalu panas sampai kerusakan pada bagian lain. Hal inilah yang membuat oli menjadi berkurang bocor.


Pengendara juga kadang kurang memperhatikan penggunaan serta tidak pernah menggantinya. Selain itu, kelalaian saat mengutak-atik motor dapat membuat kebocoran gampang terjadi. Apa saja penyebabnya? Inilah pembahasan tentang masalah oli rembes lengkap dengan cara mengatasinya yang perlu diketahui:


1. Kesalahan Memilih Oli


Pengendara seringkali kurang mengontrol kondisi oli bahkan malas menggantinya. Oli pada mesin sebenarnya dapat berkurang karena mengalami rembes maupun sudah lama tidak diganti. Selain itu, kesalahan dalam memilih oli juga bisa penyebab lain yang membuatnya berkurang.


Sebaiknya pengendara perlu mengetahui tipe oli yang cocok berdasarkan kebutuhan motor. Kontrol penggunaan dan menggantinya jika diperlukan. Masalah oli rembes ini tentunya dapat mempengaruhi kinerja mesin, sehingga tidak nyaman ketika dipakai berkendara.


2. Baut Mengalami Aus


Baut menjadi bagian yang rentan menimbulkan masalah pada bagian motor lain. Ketika mengganti oli tentu pengendara akan melepas dan memasang kembali baut. Hal tersebut yang bisa menyebabkan ring baut kurang atau rusak. Cara mengatasinya pengendara dapat menggantinya dengan ring baru yang masih bagus kondisinya.


Oli rembes dari blok mesin motor ini bisa disebabkan karena baut yang terpasang telah lepas atau longgar. Bagian yang tersambung dengan baut ini kondisinya renggang, sehingga dapat memicu kebocoran atau rembes. Sebaiknya periksa kondisi baut ketika akan mengutak-atiknya lalu kencangkan dengan kunci pas torsi jika ada yang longgar.


Perlu diingat jika setiap motor mempunyai toleransi serta pola yang berbeda. Oleh karena itu, pengguna sebaiknya mencari tahu sebelum menarik atau mengencangkan baut.


3. Kebocoran dari Sela-sela Motor


Salah satu penyebab oli berkurang yaitu terjadinya kebocoran di sela-sela mesin motor. Hal tersebut disebabkan oleh bagian packing mesin yang mengalami. Pengendara bisa mengatasinya dengan mengganti bagian tersebut. Packing sendiri dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal di pasaran.


4. Rembes di Area Perseneling


Oli merembes bisa disebabkan oleh perseneling yang rusak maupun pemasangannya tidak pas. Apabila kondisi bocor tidak parah, sealant bisa digunakan untuk mengatasi kondisi tersebut tanpa membongkar mesin. Sealant ini bertekstur cair yang dicampur bersama oli mesin untuk menutup bagian yang bocor atau rembes.


Fungsi dari sealant yaitu menutup kebocoran serta kondisioner bagi packing dan segel. Penggunaan sealant ini tidak membuat bagian pada mesin tersebut karena berupa cairan. Oleh karena itu, cara ini ampuh mengatasi masalah kebocoran pada perseneling.


5. Kondisi Mesin Terlalu Panas


Mesin motor yang mengalami overheat ternyata dapat menyebabkan oli menjadi cepat berkurang. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi oli yang mengalami penguapan berlebih. Selain itu, kualitas oli yang buruk dapat menjadi penyebabnya, sehingga mempengaruhi performa mesin menjadi tidak optimal.


Pengguna disarankan untuk mengganti oli dan pilih yang berkualitas tinggi sesuai jenis motor. Pastikan pula untuk rutin melakukan servis motor setidaknya setiap tiga bulan sekali. Cara ini dikenal cukup efektif untuk mengatasi masalah oli mesin yang sering merembes atau bocor.


Demikian pembahasan tentang penyebab oli rembes dari blok mesin motor serta cara mengatasinya. Penyebab tersebut perlu diketahui agar pengendara tahu cara mengatasinya sendiri. Pastikan untuk rutin melakukan pengecekan oli mesin dan pada bagian lain. Jangan lupa untuk membawa motor ke bengkel untuk diservis agar tetap nyaman berkendara.

shoope
gt;