Kategori Berita

Blogger Jateng

5 Tips Career Switch, Kenali Potensi Diri Hingga Ikuti Kursus

Faisol abrori
Jumat, 23 Desember 2022

tips career switch

https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-tangan-kopi-cangkir-4065876/


Terkadang kita bosan dan jenuh dengan pekerjaan yang sudah dijalani terlalu lama. Keinginan untuk career switch atau berganti posisi pekerjaan mulai muncul dan berharap mendapatkan posisi yang lebih menarik, bagus dan menjanjikan. Sebelum melakukan perpindahan pekerjaan atau career switch pelajari lebih jauh tentang hal ini dan apa saja yang perlu dipersiapkan dan apa saja 5 tips career switch.


Mengenal Career Switch


Career switch merupakan sebuah istilah untuk perpindahan karir dari suatu bidang ke bidang lainnya. Hal ini muncul karena terkadang seseorang merasa bosan dan jenuh sehingga ingin mundur dari pekerjaannya.


Banyak faktor yang mempengaruhi keinginan ini seperti ketidakcocokan budaya kerja, keinginan mencari pekerjaaan yang lebih menantang dan lainnya. Penyesalan memilih sebuah karir setelah lulus dan ingin mencoba karir lain juga menjadi faktor paling banyak mengapa seseorang memilih career switch.


5 Tips Career Switch


Merencanakan perubahan karir adalah suatu hal yang berat, terlebih jika anda sudah menekuni sebuah karir untuk waktu yang lama. Jangan sampai tanpa ada persiapan yang baik anda langsung berganti karir begitu saja. 


Ada beberapa persiapan khusus yang harus dilakukan sebelum anda melakukan perubahan karir. Apa saja persiapan ini? Simak tipsnya berikut ini:


1. Survei Minat Diri


Perpindahan karir tidak bisa dilakukan begitu saja, dibutuhkan persiapan karir apa yang akan dilakukan selanjutnya. Oleh karena ulah surveilah minat diri anda. Mengapa anda merasa tidak cocok di karir yang lama dan karir apa selanjutnya yang tepat untuk anda.


Anda bisa mempertimbangkan sebuah karir yang sesuai dengan ketertarikan anda atau hobi anda. Karena sebaik-baiknya karir adalah bidang yang disukai, anda bisa bekerja sesuai hobi, sangat menarik bukan?


Jika anda belum memiliki gambaran yang tepat untuk karir selanjutnya, cobalah untuk melihat kedalam diri sendiri. Apakah hal yang paling ingin anda lakukan dan pekerjaan apa yang paling cocok untuk anda. Cari informasi ini bisa didapatkan secara online lewat internet atau bisa juga dengan melakukan tes minat bakat di seorang ahli psikolog.


2. Ikut Pelatihan Atau Kursus


Setelah mengetahui karir apa yang akan dilakukan, maka anda harus ikut pelatihan atau kursus di karir tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan skill anda lebih jauh di bidang itu. Beberapa pekerjaan membutuhkan orang yang kredibel dan berkualifikasi di suatu bidang, bisa jadi pekerjaan yang anda incar juga menggunakan kualifikasi yang sama.


Jangan khawatir, saat ini banyak sekali kursus yang bisa diikuti baik secara online maupun offline. Dengan kemudahan akses di era digital memungkinkan anda untuk melakukan kurus baru sesuai pekerjaan yang ingin diincar. Dengan kursus ini anda akan semakin banyak tahu dan mahir di bidang pekerjaan tersebut.


Jangan sampai anda mengikuti sebuah kursus hanya untuk mendapatkan sertifikatnya saja. Namun pastikan anda ikut berperan aktif untuk mengembangkan skill lewat pelatihan tersebut. Salah satunya melalui pelatihan kursus yang disediakan oleh Arkademi, yakni Kursus Quality Assurance untuk menjadi tester software, dan masih banyak kursus lain yang dibutuhkan untuk mempersiapkan switch career.


3. Memperluas Networking


Salah satu dari 5 tips career switch yang selanjutnya adalah mencoba untuk memperluas networking, banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan memperluas networking. Misalnya saja anda menjadi mengenal banyak orang dengan berbagai profesi. Dengan hal ini anda akan mendapatkan insight yang menarik di suatu bidang.


Memperluas networking tidak hanya bisa dilakukan dengan teman-teman kuliah atau yang bekerja saja. Namun anda bisa mendapatkannya dengan bergabung di suatu komunitas atau dalam kegiatan volunteer.


Ingat, jangan hanya berfokus dalam membangun networking saja namun perhatikan pula cara anda menjaga hubungan tersebut. Sehingga anda akan mendapatkan banyak peluang kedepannya.


4. Membangun Personal Branding


Media sosial tidak hanya bisa digunakan sebagai media berkomunikasi daring saja, namun anda bisa menjadikan media sosial sebagai media untuk mempresentasikan diri ke khalayak luas. Membangun personal branding bisa dilakukan lewat media sosial, dengan cara ini mempermudah anda dalam dikenal oleh orang banyak sesuai branding yang ingin ditunjukkan.


Manfaatkan fitur yang ada di media sosial untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki dan tujuannya. Misalnya saja anda ingin bekerja di bidang humas, maka buatlah personal branding anda yang friendly, mudah bergaul dan bisa berkomunikasi lancar lewat video-video dan posting di media sosial anda.


5. Pahami Teknologi dan Trend Karir Terbaru


Belajarlah lebih jauh tentang teknologi dan trend karir yang sedang hits saat ini. Hal ini membantu anda mengetahui karir apa saja yang sedang trend saat ini dan bagaimana peluangnya kedepannya. Anda juga harus mengetahui teknologi lebih jauh agar mengetahui gambaran lengkap tentang pekerjaan yang ingin dilakukan.


Itulah 5 tips career switch yang bisa dilakukan. Butuh pertimbangan khusus sebelum anda mengganti pekerjaan, karena tanoa oertimbangan jangan sampai anda salah langkah. Jangan gegabah keluar dari suatu pekerjaan ke bidang lainnya hanya karena alasan bosan, karena setiap pekerjaan memiliki titik jenuh yang berbeda. Pastikan anda memiliki alasan kuat untuk melakukan career switch.


Atau selengkapnya bisa tonton video seputar career switching dan bagaimana tipsnya di bawah ini, semoga bermanfaat

shoope
gt;