Kategori Berita

Blogger Jateng

Alarm Mobil Tidak Berbunyi Saat Dikunci? Ternyata 4 Ini Penyebabnya

Faisol abrori
Rabu, 14 Desember 2022

 


Alarm termasuk aksesori mobil yang sangat berguna untuk menjaga keamanannya saat diparkir. Setelah turun dari mobil, biasanya pengendara akan menekan tombol alarm, dimana mobil akan terkunci ketika alarm tersebut mengeluarkan bunyi. Namun, bagaimana jika alarm mobil tidak bunyi saat dikunci? Pengendara harus segera mengetahui penyebabnya agar bisa diperbaiki, berikut penjelasannya:


1. Pintu Mobil Masih Terbuka


Pintu mobil yang masih dalam keadaan terbuka, ternyata dapat berpengaruh terhadap aktifnya bunyi alarm mobil. Apabila pintu mobil yang masih dalam keadaan terbuka sedikit saja menyebabkan alarm mobil tidak bunyi saat dikunci. Pasalnya, sensor mobil tidak dapat mendeteksi aktivitas alarm dengan baik saat pintu mobil dalam keadaan terbuka.


Terlihat sepele memang, tapi hal ini tentu membuat pengguna mobil menjadi panik karena alarm tidak berbunyi. Padahal dapat mudah diatasi dengan mengecek ulang masing – masing pintu yang ada. Untuk itu, setelah turun dari mobil yang sudah terparkir, alangkah lebih baik jika mengecek ulang masing – masing pintu yang ada.


2. Mobil Dalam Mode Valet


Mungkin, beberapa pengguna mobil belum tahu jika alarm mobil dapat disetting dalam mode valet yang mengubah alarm mobil menjadi senyap. Biasanya, fitur valet digunakan oleh pengguna mobil yang sedang menggunakan layanan valet parking. Valet parking yaitu layanan parkir mobil yang dilakukan oleh orang lain, biasanya tersedia di Hotel dan Mall.


Ketika menggunakan layanan tersebut, pengguna mobil akan menerima nomor parkir dari petugas yang akan memarkirkan mobil tersebut. Kondisi seperti ini, mengharuskan pengguna mobil menggunakan mode valet, dimana lampu indikator tetap menyala tapi alarm tidak berbunyi. Agar alarm dapat berbunyi kembali, pengguna mobil bisa membuka kemudi mobil, lalu membuka tombol Lock.


3. Sistem Alarm Mobil Rusak


Aksesori alarm mobil memiliki berbagai rangkaian sistem yang mana dapat mengalami kerusakan sewaktu – waktu. Apabila terdapat salah satu rangkaian sistem alarm mobil mengalami kerusakan, ini juga dapat menyebabkan alarm mobil tidak bunyi saat dikunci. Besar kemungkinan kerusakan yang terjadi adalah pada bagian sistem module alarm atau sirine.


Ketika pada sistem module alarm tersebut terdapat kerusakan, maka otomatis arus listrik yang mengontrol sirine pun akan terputus. Selain itu, kerusakan pada sistem bagian sensor alarm mobil juga dapat menyebabkan sensitivitas mobil menjadi meningkat ataupun menurun. Hal inilah yang berakibat pada alarm yang terus berbunyi atau bahkan tidak mengeluarkan bunyi.


4. Baterai Central Lock Habis


Ketika alarm mobil tiba – tiba tidak berbunyi ketika dikunci, pengguna mobil juga dapat melakukan pengecekan pada kondisi baterai central lock. Pasalnya, jika baterai central lock pada alarm mobil yang digunakan telah habis, maka berakibat alarm tidak akan berbunyi. Masalah seperti inilah yang seringkali dialami oleh banyak pengguna mobil tanpa disadari.


Terlalu sering memakai remote alarm mobil, dapat membuat baterai central lock semakin berkurang dan berpotensi cepat habis. Sehingga, baterai central lock dalam mobil wajib dicek dengan cara manual menggunakan kunci secara berkala. Apabila diketahui baterai tersebut telah habis, maka dapat segera mengganti baterai central lock melalui bengkel mobil terdekat.


Demikianlah ulasan tentang 4 penyebab alarm mobil tidak bunyi saat dikunci. Masalah seperti ini, bagi sebagian orang mungkin sedikit terlihat sepele, tapi bagi sebagian orang lagi sungguh menjadi hal yang merepotkan. Bagi pengguna mobil yang tidak ingin repot dalam mengatasi masalah seperti ini, dapat langsung mengunjungi bengkel terdekat yang terpercaya.

shoope
gt;